Daftar Penyebab Penyakit Kanker yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Kanker – Penyakit kanker merupakan penyakit berbahaya no 1 di dunia. Penyakit ini menjadi penyebab kematian tertinggi. hingga saat ini penderita kanker meningkat setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena kualitas hidup masyarakat yang kian menurun.

Hingga saat ini penyebab pastinya belum diketahui, namun banyak faktor yang dapat meningkatkan resiko terserang kanker. kanker itu sendiri merupakan sel-sel yang ada di dalam tubuh yang berkembang secara ubnormal atau sulit dikendalikan.

Setiap kita memiliki bibit sel kanker yang sewaktu-waktu bisa aktif karena pola hidup yang kurang baik. Selain itu faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab kanker. banyak sekali macam dari penyakit kanker seperti kanker otak, payudara, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Namun satu hal yang pasti yaitu penyakit kanker sangat berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa.  untuk mencegah aktifnya sel kanker yang ada di dalam tubuh kita sebaiknya kita menghindari beberapa penyebab kanker.

Penyebab Kanker

Ilustrasi: Penyebab Kanker

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui secara pasti penyebab kanker, untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kanker.

Faktor-faktor Penyebab Kanker

meski penyebab kanker belum diketahui secara pasti namun beberapa faktor gaya hidup, gen serta lingkungan dapat meningkatkan resiko terserang kanker. jika kanker sudah terlanjur menyerang tubuh maka resiko penyebaran kanker yang menyerang organ tubuh lain atau kanker sekunder akan semakin meningkat.

Mari kita lihat beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko serangan kanker seperti berikut ini:

  • Faktor genetik

Jika riwayat kesehatan anggota keluarga menderita penyakit kanker maka anda akan lebih beresiko terserang kanker. sebab faktor genetik membawa 70% kesamaan. Tapi bukan berarti semua yang memiliki keturunan akan terserang kanker.

Hanya saja bagi anda yang memiliki faktor keturunan penyakit kanker dianjurkan untuk lebih berhati-hati dengan cara memperhatikan pola hidup dan pola makan. Kanker yang banyak diturunkan seperti kanker indung telur, kanker kulit, kanker payudara, serta kanker usus besar.

  • Sinar ultraviolet

Ketika bepergian keluar rumah saat matahari terik di atas jam 9 sebaiknya gunakan pelindung kepala atau pelindung tubuh, sebab sinar ultraviolet tersebut jika mengenai kulit secara langsung dapat menyebabkan kanker. Kanker yang biasa menyerang tubuh akibat sinar ultraviolet adalah kanker kulit.

  • Merokok

Merokok sebenarnya merupakan kegiatan yang sia-sia tanpa manfaat. Hanya berbagi kerugian yang akan kita dapatkan. Tembakau tersebut dicampur dengan berbagai zat adiktif yang dapat memicu munculnya banyak penyakit.

Salah satu penyakit yang disebabkan rokok adalah penyakit kanker mulut, kanker paru-paru, kanker laring, serta kanker kandung kemih. Berbagai zat adiktif tersebut dapat memicu pertumbuhan sel ubnormal kemudian tumbuh menjadi tumor yang terus berkembang menjadi kanker.

Selain perokok aktif, perokok pasif juga beresiko terserang kanker. untuk itu sebaiknya hindari lingkungan yang tercemar asap rokok atau hindari berada pada satu ruangan tertutup dengan perokok.

  • Terpapar radiasi

Efek dari sinar radiasi juga dapat meningkatkan resiko terserang kanker. beberapa contoh radiasi tingkat tinggi yang merupakan karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker sel darah putih seperti leukimia adalah efek dari ledakan bom atom pada perang dunia II di Nagasaki mengancam penduduk yang selama.

  • Makanan

Beberapa jenis makanan juga wajib kita kita hindari untuk mencegah pertumbuhan sel kanker seperti makanan yang mengandung pengawet serta pewarna makanan. Selain itu makanan yang diasap serta diasamkan juga termasuk makanan penyebab kanker lambung jika dikonsumsi secara berlebihan.

Makanan laut yang sudah terkontaminasi merkuri seperti kerang, ikan serta masih banyak lagi yang lainnya juga akan meningkatkan resiko serangan kanker.

Simak juga: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

  • Minuman beralkohol

Minuman beralkohol menjadi salah satu jenis minuman yang dapat merusak kesehatan tubuh. Minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh selalu kekurangan cairan. Selain itu mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan aktifnya sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Minuman ini dapat meningkatkan serangan kanker kerongkongan, liver atau hati.

  • Virus

Ada juga sebagian jenis kanker yang disebabkan oleh serangan virus. Ketika virus menyerang tubuh bukan berarti kita langsung terserang kanker karena virus tersebut dapat hidup berdiam diri selama beberapa tahun di dalam tubuh.

Pola hidup dan pola makan yang buruk serta menurunnya dinyatakan tubuh  bisa membuat virus tersebut menjadi aktif dan menyebabkan pertumbuhan sel yang ubnormal kemudian terus berkembang dan menjadi kanker. beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan kanker seperti :

  1. Virus papillongma menyebabkan kanker serviks serta kutil kelamin
  2. Virus sitomegalo menyebabkan kanker sarkoma kaposi atau kanker sistem pembuluh darah
  3. Virus hepatitis B menyebabkan kanker hati
  4. Virus epstein menyebabkan kanker limfoma burkit
  5. Virus retro contohnya virus HIV menyebabkan kanker limfoma dan kanker darah lainnya
  • Infeksi

Penyebab kanker selanjutnya adalah infeksi. Infeksi virus dan bakteri dan jamur ini akan meningkatkan resiko terserang beberapa jenis kanker seperti :

  • Parasit schistosoma menyebabkan kanker kandung kemih dimana terjadi iritasi dalam jangka waktu yang panjang pada kandung kemih
  • Infeksi clonorchis menyebabkan kanker empedu dan kanker pankreas
  • Helicobacter plylori menyebabkan kanker lambung dengan cara melukai lambung sehingga lambung menjadi cidera dan meradang.
  • Lingkungan yang buruk

Hidup di daerah yang kurang sehat seperti berada dilingkungan sekitar pabrik bahan kimia membuat udara di sekitarnya menjadi tidak sehat atau tercemar. jika terhirup udara yang terkontaminasi bahan kimia selama bertahun-tahun dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang sulit dikendalikan.

Pertumbuhan sel yang ubnormal ini menyebabkan tumbuhnya tumor pada salah satu anggota tubuh kemudian dapat berubahn menjadi kanker.

  • Faktor perilaku

Perilaku hidup yang kurang terjaga seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, pengawet, mengkonsumsi minuman beralkohol, kebiasaan merokok serta narkoba serta se*s bebas dengan pasangan yang berganti-ganti.

Semua perilaku tersebut akan meningkatkan resiko terserang kanker. untuk itu sebaiknya hindari beberapa perilaku buruk tersebut agar tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit kanker

  • Gangguan hormon

Hormon di dalam tubuh manusia memang memiliki fase-fase perubahan. Hormon tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi tubuh. Seperti pada usia remaja serta  wanita hamil hormon akan meningkat.

Jika tubuh menghasilkan hormon eksternal yang berlebihan dan kekurangan hormon progesterom maka resiko terserang kanker payudara, kanker leher rahim, serta kanker prostat pada pria akan semakin tinggi

Untuk mensiasati perubahan hormon yang kerap terjadi  sebaiknya kita menjaga kondisi tubuh kita dengan melakukan beberapa hal berikut,  perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, konsumsi makanan antioksidan tinggi serta olahraga secara teratur agar sistem kekebalan tubuh terjaga dengan baik.

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membantu melindungi tubuh dengan cara melawan berbagai bibit penyakit dari dalam.

  • Faktor kejiwaan atau emosional

Pikiran yang tidak pernah tenang akan membuat darah menjadi panas, jantung memompa darah dengan cepat, serta dapat menyebabkan sel menjadi hiper aktif. Sel tersebut lama-kelamaan akan menjadi ganas dan berubah menjadi kanker. sebaiknya kontrol kondisi kejiwaan anda untuk menghindari berbagai penyakit salah satunya kanker.

  • Radikal bebas

Siapa yang tidak mengetahui pengaruh buruk radikal bebas? Berbagai penyakit dapat timbul akibat radikal bebas yang menyerang tubuh salah satunya dapat menjadi penyebab kanker. Radikal bebas itu sendiri berupa, gugus atom, suatu atom, atau molekul yang memiliki elektron bebas.

Mari kita lihat beberapa sumber radikal bebas seperti berikut ini:

  1. Sinar matahari atau sinar ultraviolet merupakan sumber radikal bebas yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker kulit.
  2. Udara yang berpolusi atau tercemar racun-racun kimia
  3. Makanan dan minuman yang tercampur dengan bahan kimia
  4. Makanan yang diproses secara berlebihan akan menyebabkan gangguan metabolisme
  • Stres

Stres menjadi pemicu no 1 munculnya berbagai penyakit. Stres akan menyebabkan sel-sel jaringan tumbuh secara ubnormal kemuadian akan berubah menajdi kanker. salah satu penyakit yang dipicu karena stres adalah penyakit kanker.

Sebaiknya kelola stres dengan baik seperti melakukan hal-hal yang menyenangkan misalnya jalan-jalan, belanja, bersepeda serta masih banyak lagi yang lainnya.

  • Paparan karsinogen

Karsinogen yang berupa zat-zat yang bersumber dari bahan kimia, radiasi, virus, serta hormon ini dapat menjadi penyebab kanker. Zat karsinogen yang tanpa kita sadari masuk ke dalam tubuh dan mengendap selama beberapa waktu yang terus berupaya merusak kesehatan tubuh.

Beberapa contoh zat karsinogen seperti nikotin, asbeston, virus hepatitis, radiasi sinar ultraviolet, x-ray, gamma, virus papilongma, aflatoxin B, formalin, akrilamida, hormon estrogen, serta hormon tersteron.

Jika salah satu zat karsinogen tersebut masuk ke dalam tubuh maka resiko terserang kanker akan semakin tinggi.

  • Indeks massa tubuh tinggi

Kelebihan berat badan atau obesitas memang menjadi sumber berbagai penyakit seperti stroke, darah tinggi, kolesterol, serta kanker. hal ini disebabkan keseimbangan energi yang berlebih yang akan tersimpan menjadi lemak

Lemak tersebut akan memicu heperinsulinemia atau kelebihan insulin yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker. selain itu obesitas dapat mengganggu keseimbangan jaringan sehingga memicu peradangan jaringan sehingga resiko terserang kanker akan lebih tinggi lagi.

Beberapa jenis kanker yang erat kaitannya dengan penderita obesitas seperti  kanker esofagus, kanker usus serta kanker rahim pada wanita, dan kanker payudara. Protein yang bertugas menjaga pertumbuhan sel juga dapat terganggu akibat obesitas sehingga pertumbuhannya akan lebih sulit dikendalikan.

  • Kurang konsumsi buah dan sayur

Salah satu kunci hidup sehat adalah dengan menjaga pola makan. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari akan menghindari serangan kanker usus.

Serat tinggi pada buah dan sayur akan membantu mengeluarkan kotoran, racun atau toksin yang mengendap di dalam tubuh. Jika kotoran, racun atau toksin tersebut tersimpan di dalam tubuh akan menyebabkan kelainan sel yang kemudian akan berubah menjadi kanker.

Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menghindari penyakit kanker dan beberapa penyakit lainnya, selain itu mengkonsumsi buah dan sayur akan membuat kulit menjadi lebih cantik, sehat dan halus.

  • Kurang aktivitas fisik

Distribusi cairan limpa ke berbagai jaringan tubuh sangat tergantung pada gerakan otot. Jika gerakan otot kurang maka distribusi cairan limpa akan terhambat. Terhambatnya distribusi akan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit salah satunya penyakit kanker.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kanker. Sebaiknya kita memulai hidup sehat mulai dari sekarang agar serangan kanker bisa kita hindari. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga Kanker Darah: Jenis, Penyebab, Gejala, Cara Mengobati dan Mencegahnya

Leave a Reply