17 Penyebab Kepala Pusing yang Wajib Anda Ketahui dan Cara Mencegahnya

Penyebab kepala pusing – Kepala merupakan anggota tubuh yang sangat penting karena di dalamnya terdapat otak yang merupakan pusat pengontrol tubuh. Saat kepala sering mengalami pusing tentunya hal tersebut akan mengganggu kenyamanan.

Berbagai hal bisa menjadi penyebab kepala pusing, mulai dari flu dan mabuk kendaraan. Kepala pusing yang sering muncul juga bisa bisa akibat ketegangan dan kekakuan otot di sekeliling leher dan bahu serta batok kepala sehingga akan menghambat aliran darah yang membawa oksigen menuju otak.

Kepala pusing terkadang juga dapat menyebabkan kesemutan di kepala dan anggota tubuh lainnya seperti lengan, bahu. Punggung, kaki juga tungkai. Kepala pusing umumnya seperti dunia berputar, adanya rasanya nyeri yang menekan dan menjepit dibagian kepala.

Kepala pusing bisa berlangsung beberapa menit namun juga bisa berlangsung beberapa hari tergantung dari penyebabnya. Mengetahui penyebab kepala pusing akan memudahkan kita untuk mendapatkan obat yang tepat.

Kepala pusing bisa dibagi menjadi dua yaitu kepala pusing berat dan kepala pusing ringan. Kepala pusing berat bisa menyebabkan gangguan tubuh yang cukup serius seperti kejang dan koma.

Penyebab Kepala Pusing

Penyebab Kepala Pusing

Untuk kepala pusing ringan akan menunjukkan gejala seperti melayang, lemas, merasa goyang atau oyong. Gejala tersebut akan semakin terasa saat anda melakukan gerakan fisik seperti berjalan, berdiri, dan menggerakkan kepala.

Penyebab kepala pusing

Kepala pusing bisa terjadi akibat emosional yang kurang stabil seperti stress yang berlebihan akan membuat urat yang di otak menjadi tegang sehingga kepala akan menjadi sering pusing. Selain stress penyebab pusing ringan seperti depresi, dan kecemasan.

Selain faktor emosional yang bisa membuat kepala pusing adanya gangguan pada kepala, gigi, rahang, sakit flu, infeksi sinus, dan influenza. Serta terjadi ketegangan pada leher dan bahu juga bisa membuat kepala pusing.

Selain beberapa penyebab kepala sakit di atas masih banyak lagi faktor penyebab kepala pusing sesaat dan kepala pusing yang berlangsung lama. mari kita lihat beberapa penyebab kepala pusing seperti berikut ini:

1. Gangguan telinga

Karena telinga masih terletak dibagian kepala yang masih memiliki urat yang berhubungan maka saat telinga mengalami gangguan bisa menyebabkan anda terserang sakit kepala.selain itu telinga juga masih satu kesatuan sebagai sistem sensorik yang meliputi mata dan telinga.

kedua saraf sensorik tersebut berperan memberikan sinyal keotak yang akan diterjemahkan dan dikirim kembali ke bagian tubuh lainnya. Sebab itulah saat telinga mengalami gangguan maka otak juga akan bereaksi dan membuat kepala menjadi pusing.

2. Vertigo

Vertigo menjadi salah satu penyebab kepala pusing. Hal ini terjadi karena otak mengalami kebingungan sehingga membuat gerakan palsu yang seolah-olah semua benda berputar padahal tidak.

Terganggunya sistem sensorik akan membuat mata salah menagkap sinyal sehingga seolah-olah dunia berputar dan menyebabkan kepala pusing. Vertigo bisanya akan terpicu saat adanya perubahan posisi gerak kepala yang cepat seperti saat bangun tidur, saat berdiri serta terkena benturan benda keras.

3. Infeksi virus pada syaraf vestibular

Syaraf vestibular yang terdapat di kepala terinfeksi virus dapat berakibat vertigo yang intens dan konstan atau bisa disebut vertigo akut. Selain vertigo konstan, infeksi virus pada syaraf juga bisa menyebabkan kurangnya pendengaran mendadak yang disebut labyriiinthis. Semua gangguan yang disebabkan gangguan virus pada syaraf tersebut akan berakita kepala pusing yang cukup serius dan membutuhkan penanganan serius.

4. Penyakit meniere

Gangguan pada telinga bagian dalam ini juga bisa menyebabkan kepala pusing atau vertigo. saat cairan menumpuk dibagian dalam telinga akan membuat kepala terasa berdenyut dan berputar seperti vertigo yang terjadi tiba-tiba yang bisa terjadi selama beberapa jam.

Gangguan ini juga akan membuat pendengaran berkurang, serta telingan tersa berdengung atau berdenging.

5. Migrain

Migrain merupakan gangguan yang terjadi di kepala seperti pusing yang berlebihan namun hanya terjadi di satu bagian kepala saja atau sering disebut sakit kepala sebelah. Tapi ada juga beberapa kasus migrain membuat penderitanya mengalami vertigo dan jenis pusing lainnya.

 Migran atau sakit kepala sebelah ini bisa hilang dalam beberapa menit namun ada juga yang berlangsung sangat lama tergantung dari sensitivitas atau kepekaan terhadap kebisingan dan cahaya.

6. Gangguan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang kurang lancar juga bisa menjadi salah satu penyebab kepala pusing. Selain menyebabkan kepala pusing, gangguan sirkulasi darah yang tidak dapat memompa cukup darah dari jantung ke otak juga bisa menyebabkan pingsan atau hilang kesadaran.

7. Tekanan darah rendah

Sudah sangat dipastikan saat anda mengalami tekanan darah rendah akan membuat anda menjadi keliyengan atau pusing kepala. Pusing kepala akan bertambah terasa saat anda mengubah posisi seperti dari duduk mengubah posisi menjadi berdiri dalam waktu yang cepat.

Tekanan darah rendah akan membuat rasa pusing yang berlebihan jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan kerusakan jantung, stroke ringan, serta kardiomiopati.

8. Kurangnya volume darah

Kurang volume darah biasa disebut anemia atau kekurangan darah akan membuat darah menuju otak tidak memadai sehingga anda akan menjadi lemah, lesu, dan pusing. Sebaiknya lakukan donor darah agar jumlah darah anda tercukupi atau anda juga bisa mengkonsumsi makanan atau minuman penambah darah seperti sate kambing.

9. Efek samping obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia juga bisa menyebabkan kepala pusing. Meski obat tersebut diperoleh dari dokter sekalipun. Seperti saat anda mengkonsumsi obat darah tinggi yang akan membuat darah anda terus menurun yang membuat tekanan darah anda menjadi rendah. Obat anti kejang, anti depresi dan obat penenang juga akan berefek kepala pusing

10. Gangguan kecemasan

Kecemasan yang sering dirasakan secara berlebihan seperti fobia atau serangan panik juga bisa menjadi penyebab kepala pusing seperti melayang dan lemah jantung. Sebaiknya segarkan pikiran anda agar terhindar dari fobia yang berlebihan serta melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan agar kecemasan yang anda rasakan bisa menghilang.

11. Gula darah rendah

Naiknya kadar gula dalam darah bisa berakibat buruk bagi tubuh namun kekurangan kadar gula juga akan menyebabkan gangguan ada tubuh alah satunya kepala menjadi pusing karena kekurangan tenaga.

Selain kepala pusing gula darah rendah juga bisa berakibat kecemasan dan banyak mengeluarkan keringat. Sebaiknya konsumsi makan yang mengandung gula kompleks dan menjaga keseimbangan gula darah agar selalu di batas normal.

12. Dehidrasi

Kekurangan cairan akan menghambat oksigen masuk ke otak sehingga kepala akan terasa pusing. Sebaiknya hindari berada di bawah terik matahari saat anda tidak memiliki caran yang cukup karena hal tersebut akan memperparah dehidrasi dan kepala pusing.

Selalu penuhi kebutuhan cairan harian anda dengan mengkonsumsi air 8 sampai 10 gelas perhari agar terhindar dari kepala pusing dan gangguan tubuh lainnya.

13. Penyakit pada kepala

Beberapa penyakit yang menyerang kepala seperti tumor, kanker dan demensia akan membuat anda sering mengalami kepala pusing. Untuk kasus seperti di atas anda membutuhkan penanganan yang cukup serius bahkan kemoterapi.

14. Aroma yang menyengat

Untuk anda yang cukup sensitif terhadap bau, mencium aroma yang cukup menyengat  juga bisa membuat anda menjadi pusing seperti aroma hand body yang menyengat, aroma cat, parfum serta aroma bunga.

15. Ikat rambut yang terlalu kencang

Mengikat rambut bertujuan untuk mencegah rambut menjadi berantakan namun saat anda mengikat rambut terlalu kencang hal tersebut bisa menyebabkan kepala menjadi pusing. Bukan hanya hal serius yang membuat kepala pusing bahkan hal sepele bisa menjadi penyebab kepala pusing, namun kepala pusing tidak akan berlangsung lama.

16. Minuman beralkoh*l

Minuman beralkoh*l mengandung tiramin yang sangat tinggi sehingga akan meningkatkan aliran darah ke otak yang akan membuat anda terasa pusing. Minuman beralkoh*l bahkan bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya hindari minuman tersebut agar anda tubuh anda lebih sehat.

17. Asap rokok

Sudah sangat jelas diumumkan pada masyarakat luas bahwa rokok sangat berbahaya. Kandungan nikotin di dalamnya sangat buruk bagi tubuh salah satunya bisa menjadi penyebab kepala pusing. Asap rokok sebaiknya dihindari guna mencegah pengaruh buruknya bagi tubuh.

Cara Mencegah Kepala Pusing

Kepala pusing yang tergolong ringan atau tidak disebabkan adanya penyakit di kepala sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Kelola stress dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan, berenang, meditasi, aromaterapi serta melakukan spa.
  2. Olah raga akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan bekerja dengan baik hal ini merupakan kunci hidup sehat yang mampu menyingkirkan berbagai penyakit salah satunya kepala pusing
  3. Makanan sehat seperti perbanyak buah dan sayur akan menjaga kesehatan tubuh anda serta menghindari berbagai masalah seperti pusing. Makanan yang mengandung antioksidan juga perlu anda konsumsi guna mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh dan kepala. Serta makanan yang dapat menjaga kadar gula dan tekanan darah perlu anda konsumsi

Itulah beberapa penyebab kepala pusing yang wajib anda ketahui agar penanganan dapat dilakukan dengan tepat. Untuk sakit kepala yang intensitas sakitnya semakin bertambah dan berlangsung terus menerus sebaiknya konsultasi ke dokter guna mengobati penyakit yang mungkin terjadi. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Penyakit Telinga: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati serta Tips Mencegahnya

Leave a Reply