14 Penyebab Kista Ovarium dan Cara Mencegahnya yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini

Penyebab kista – Terlahir sebagai seorang wanita merupakan anugerah tersendiri, namun sebagai seorang wanita kita juga patut waspada karena wanita lebih rentan terserang berbagai penyakit dibanding pria. Terutama organ reproduksi wanita lebih mudah terserang berbagai penyakit berbahaya salah satunya kista ovarium.

Kista ovarium terjadi karena pertumbuhan sel yang ubnormal dan membuat tumor jinak yang berupa cairan tumbuh dan berkembang di ovarium dan sekitarnya. Meski kista bisa tumbuh di bagian tubuh lainnya, namun kista lebih sering tumbuh di sekitar rahim.

Jika terjadi pertumbuhan tumor di dalam tubuh tentu itu akan sangat berbahaya. Harus segara dilakukan penanganan agar tidak semakin membesar yang membuat ukuran perut juga ikut membesar dan berubah menjadi tumor ganas.

Loading...

Penyebab Kista umumnya karena organ kewanitaan terserang infeksi parasit, kuman serta bakteri yang tidak ditangani dengan baik sehingga menyebar sampai ke organ reproduksi lainnya dan mengakibatkan tumbuhnya tumor yang berupa cairan

Selain berupa cairan kista juga bisa berbentuk gel dan kental. Kelenjar ovarium yang memproduksi cairan kista tersebut. Cairan itu semakin menumpuk dan membesar di dalam indung telur karena tidak bisa dikeluarkan.

Penyebab kista sangat beragam, pola hidup dan pola makan yang buruk juga menjadi salah satu faktor penyebab kista. Namun sebelum kita melihat secara rinci apa saja penyebab kista sebaiknya kita lihat terlebih dahulu ciri-ciri penyakit kista.

Penyebab kista ovarium

Penyebab kista ovarium

Ciri-ciri kista

pada umumnya kista yang ukuran kecil tidak menunjukan gejala atau rasa sakit, namun jika ukuran semakin membesar bahkan sampai pecah dan terpelintir maka akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri. Selain itu kista juga dapat menekan kandung kemih yang membuat penderita buang air kecil terus menerus.

Selain rasa nyeri dan sakit pada perut kista yang berukuran besar dan meradang juga bisa menunjukkan ciri-ciri berikut ini:

  • Panggul terasa sakit
  • Paha dan punggung bagian bawah akan muncul rasa nyeri yang hebat
  • Sakit saat berhubungan seksual
  • Nyeri selama ada gerakan dan tekanan pada perut
  • Selalu mual bahkan bisa sampai muntah
  • Perut terasa berat dan penuh
  • Pembesaran kista akan membuat perut, kandung kemih dan rektum terasa tertekan yang menyebabkan gangguan saat buang air kecil dan besar
  • Perut bagian bawah terasa nyeri hebat
  • Menstruasi yang tidak teratur dan banyak, serta pendarahan yang sangat hebat pada vagina,
  • Pola menstruasi yang berubah
  • Kista bisa membesar yang membuat perut juga ikut membesar
  • Benjolan pada kista bila dialami pada usia lanjut bisa muncul di daerah perut
  • Kista yang membesar bisa menekan organ di sekitarnya dan menyebabkan berbagai gangguan dan masalah
  • Sering buang air kecil
  • Terasa nyeri pada ketiak ketika akan haid atau sedang haid, bahkan ada yang sampai pingsan

Jangan lewatkan juga 31 Gejala Penyakit Diabetes yang Harus Anda Waspadai

Penyebab kista ovarium

Penyakit kista sebenarnya bisa menyerang siapa saja termasuk pria karena kista bukan hanya menyerang ovarium dan sekitarnya namun juga bisa juga menyerang bagian tubuh lainnya yang terdapat pada tubuh pria.

Hanya saja kista lebih sering menyerang organ reproduksi kaum wanita. Penyebab kista amatlah beragam seperti berikut ini:

1. Faktor keturunan

Penyakit yang disebabkan faktor keturunan biasanya akan lebih parah dan ganas dari pada keturunan sebelumnya, resiko terjangkitnya juga lebih besar dari pada orang yang tidak memiliki keturunan.

Seperti kebanyakan penyakit lain yang dibawa oleh gen yang dapat menurun ke keturunan berikutnya, penyakit sama halnya dengan penyakit kista yang juga bisa disebabkan oleh faktor genetik yang semakin sulit juga penanganannya.

Sebaiknya jika anda memiliki garis keturunan yang memiliki penyakit kista sebaiknya jaga pola hidup dan pola makan agar terhindar dari penyakit kista ini. Karena jika anda sudah terpapar penyakit ini maka akan sangat membahayakan bahkan bisa berakibat kemandulan

2. Sirkulasi haid tidak lancar

Masa menstruasi sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mengeluarkan calon penyakit dan darah yang kotor. Jika darah kotor tersebut tidak dikeluarkan maka bisa menumpuk di dalam dan menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh.

Haid yang normal pada umumnya terjadi antara 7 sampai 10 hari dalam satu bula. Jika masa haid terganggu atau tidak lancar akan berakibat buruk bagi tubuh salah satunya menyebabkan kista pada indung telur.

Sebaiknya hubungi dokter jika masa menstruasi anda mengalami gangguan atau tidak lancar untuk mengetahui secara pasti kondisi rahim anda.

3. Gangguan hormon

Hormon yang terganggu juga bisa menyebabkan kista menyerang tubuh. Meski semua orang memiliki hormon namun bukan berarti bisa menyebabkan masalah hanya saja hormon yang terganggu tersebutlah yang membuat tubuh bisa terserang berbagai penyakit seperti kista.

Sebaiknya mulailah hidup sehat sejak dini agar tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Seperti penyakit kista yang bisa menyebabkan seorang wanita sulit memiliki keturunan.

4. Belum memiliki keturunan

Mengandung dan melahirkan akan membuat rahim seorang wanita lebih sehat dan akan menurunkan resiko terserang berbagai penyakit. Saat rahim yang anda miliki belum juga ada tanda-tanda kehamilan maka itu juga bisa menjadi penyebab kista.

Seseorang yang belum juga mendapatkan keturunan atau mandul berarti lebih beresiko terserang penyakit kista. Untuk itu lakukan berbagai pencegahan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan untuk melindungi tubuh anda terserang virus, parasit, bakteri dan berbagai radikal bebas.

5. Haid dini

Haid yang terjadi pada kaum wanita ini sangat baik untuk mengeluarkan darah kotor yang bisa menyebabkan berbagai penyakit jika mengendap di tubuh, namun jika haid terjadi saat anak masih terlalu kecil atau di bawah 12 tahun justru akan meningkatkan resiko terserang kista.

Jadi bagi para orang tua yang memiliki akan perempuan yang beranjak remaja patut waspada saat anak mendapatkan masa menstruasi terlalu cepat. perhatikan yang anak anda konsumsi untuk mencegah kista menyerang tubuh anak yang bisa berakibat kematian.

Kista tersebut bisa tumbuh dan berkembang di dinding rahim dan dalam beberapa kasus kista juga dapat membesar dan membuat perut juga ikut membesar.

6. Penyakit kolesterol

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Jika kolesterol tidak segera ditangani akan menyebabkan komplikasi serius bagi tubuh.

Komplikasi yang disebabkan kolesterol bukanlah penyakit ringan yang bisa dianggap sepele, namun komplikasinya bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis yang bisa berujung kematian seperti gangguan jantung dan stroke.

Selain kedua penyakit tersebut, kolesterol juga bisa menyerang bagian reproduksi wanita seperti rahim  yang akan menyebabkan kista tumbuh di indung telur atau bisa disebut kista ovarium. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh agar tubuh anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis yang bisa berujung kematian.

7. Stress

Sudah bukan rahasia lagi jika stress merupakan kunci pembuka berbagai penyakit menyerang tubuh, salah satunya menjadi penyebab kista yang berupa cairan tersebut menyerang ovarium dan sekitarnya.

Strees yang berlebihan akan menghasilkan hormon tertentu yang dapat memicu pertumbuhan berbagai penyakit. Sebaiknya jika anda tidak bisa menghindari stress maka kelola dengan baik stress yang anda alami dengan melakukan berbagai kegiatan yang bisa menenangkan fikiran seperti yoga, jalan-jalan, menghirup aroma terapi dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Obat subur

Setelah menikah sekian lama namun belum juga dikaruniai keturunan, maka berbagai cara tentu akan dilakukan untuk mendapatkan keturunan salah satunya mengkonsumsi obat penyubur kandungan.

Tapi sebenarnya cara tersebut kurang tepat karena efek samping yang ditimbulkan bisa menjadi penyebab kista bersarang di rahim anda. sebaiknya konsumsi penyubur kandungan dari bahan alami seperti kacang hijau dan tauge untuk menghindari efek berbahaya yang ditimbulkan.

9. Rokok

Zat adiktif yang terkandung pada rokok dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh salah satunya dapat mengganggu rahim yang akan memicu tumbuhnya kista pada indung telur. Sebaiknya berhenti merokok jika anda perokok aktif.

Hindari juga asap rokok disekitar anda karena efek samping yang di hasilkan sama dengan perokok aktif.

10. Menoupause

Menoupause bisa terjadi saat wanita berusia di atas 50 tahun. saat seorang wanita menoupause hormon yang ada di dalam tubuh akan mengalami gangguan dan akan memicu kista. Maka dari itu jaga makanan yang anda konsumsi seperti perbanyak buah dan sayur agar tidak terserang kista dan penyakit lainnya.

11. Kanker payudara

Sel kanker payudara ternyata juga bisa memicu pertumbuhan sel ubnormal pada organ reproduksi dan memicu pertumbuhan kista ovarium. Saat anda sudah dapat melewati kanker payudara sel kanker tersebut juga masih bisa tertinggal di tubuh dan akan memicu tumbuhnya sel kanker lainnya salah satunya dapat memicu kista ovarium.

12. Minuman beralkoh*l

Menjadi alkoh*lik akan membuat tubuh tidak sehat dan mudah terserang penyakit. Organ di dalam tubuh juga bisa mengalami kerusakan seperti gangguan liver, hati dan juga bisa menyebabkan kista ovarium menyerang dinding rahim yang bisa berakibat kemandulan.

Selain minuman beralkoh*l, minuman bersoda juga wajib anda hindari untuk mencegah tubuh terserang berbagai penyakit dan mengalami kerusakan. Selain itu minuman beralkoh*l juga bisa berakibat peminumnya mengalami halusinasi yang akan meningkatkan angka kriminalitas.

Ganti minuman beralkohol dan bersoda dengan air putih, suss, atau jus buah dan sayur agar tubuh lebih sehat dan kuat.

13. Daging

Mengkonsumsi daging terlalu banyak akan menyulitkan proses pencernaan makanan, hal itu akan membuat pengendapan makanan di dalam tubuh yang akan menjadi racun yang bisa menyebabkan kista menyerang tubuh anda. sebaiknya konsumsi daging sewajarnya saja untuk mencegah kista ovarium dan penyakit lainnya.

14. Terinfeksi parasit, kuman dan bakteri

Penyebab utama kista adalah terjadinya infeksi parasit, kuman dan bakteri pada organ intim. Sebaiknya jaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan anda agar terhindar dari penyakit kista.

Cara mencegah kista

Kista merupakan penyakit yang cukup berbahaya terutama jika tumbuh dan berkembang di indung telur yang berakibat munculnya kista ovarium yang bisa berakibat kemandulan bahkan kematian jika tidak segera ditangani.

Sebaiknya lakukan beberapa cara mencegah kista menyerang tubuh anda. mari kita lihat beberapa mencegah kista seperti berikut ini:

  • Konsumsi buah dan sayur

Sebaiknya konsumsi sayur dan buah setiap hari untuk mencegah kista menyerang tubuh anda. Mengkonsumsi buah dan sayur akan meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit serta dapat melawan penyakit secara alami tanpa pengobatan. Kandungan berbagai nutrisinya juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

  • Memperbanyak asupan antioksidan

Antioksidan sangat baik bagi tubuh untuk melindungi tubuh daru radikal bebas, kuman, virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu antioksidan juga dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Antioksidan bisa anda dapatkan dari berbagai jenis buah dan sayur seperti buah naga, ubi ungu, kentang, bawang putih, teh hijau.

  • Olah raga

Olahraga secara teratur akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh, mengeluarkan racun, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Semua hal tersebut dapat membantu mencegah pertumbuhan kista.

  • Kurangi makanan berlemak jenuh

Mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh juga bisa menjadi salah satu mencecah kista dan penyakit lainnya.

Loading...

Itulah 14 penyebab kista tumbuh dan berkembang di dalam tubuh anda. hal utama yang dapat anda lakukan adalah menjaga kesehatan tubuh serta kebersihan diri dan lingkungan. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga 12 Penyebab Miom yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Terlambat

loading...

Leave a Reply