Daftar Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Penyebab Kolesterol Tinggi – Baik kolesterol jahat maupun kolesterol baik sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi optimal. Namun jika kadarnya melebihi batas normal maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Jika kadar kolesterol melewati angka 240 mg/dl maka anda harus segera melakukan berbagai cara untuk menurunkannya. Jika kadar kolesterol semakin tinggi akan menyebabkan komplikasi yang cukup serius seperti penyakit jantung dan stroke.

Jika hal tersebut dibiarkan terjadi maka bisa saja berujung kematian. Naiknya kadar kolesterol bisa saja disebabkan berbagai hal. Mulai dari gaya hidup sampai pola makan yang kurang baik. Penyebab kolesterol tinggi sebenarnya bisa saja kita hindari tergantung cara kita menjalani hidup. Namun beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi yang tidak bisa dikendalikan.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi

Naiknya kadar kolesterol bisa ditunjukkan dengan beberapa gejala, namun untuk mengetahui secara pasti sebaiknya lakukan pengecekan darah untuk medical check up. Kolesterol adalah sejenis lemak yang dibutuhkan oles tubuh agar bekerja secara maksimal.

Artikel terkait: Daftar Sayuran Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi!

Penyebab Kolesterol Tinggi

Pada umumnya setiap manusia memiliki kolesterol yang memiliki fungsi yang penting, namun beberapa hal dapat membuat kolesterol tersebut menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan. Penyebab kolesterol tinggi sangatlah beragam seperti berikut ini:

Faktor yang tidak bisa dikendalikan

  • Genetika: ketika kerabat dekat anda memiliki kadar kolesterol tinggi maka bisa jadi tingginya kadar kolesterol anda akibat adanya familial hypercholesterolaemia atau faktor keturunan. Untuk itu pengecekan darah secara teratur sangat dianjurkan agar tidak berbahaya bagi tubuh anda dan bisa dilakukan sejak anak-anak
  • Jenis kelamin: kadar kolesterol jahat sebenarnya lebih beresiko menyerang wanita setelah melewati masa menoupose, atau akan semakin meningkat dengan semakin bertambahnya usia pada para wanita. Untuk itu pola makan harus benar-benar dijaga agar kadarnya tidak terlalu tinggi dan beresiko terserang penyakit jantung
  • Usia: usia juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi pada pria dan wanita. Kadarnya akan semakin meningkat ketika pria berumur di atas 45 tahun sedangkan pada wanita usia 55 tahun akan semakin beresiko
  • Etnis: beberapa etnis atau suku bangsa juga beresiko terserang kolesterol tinggi seperti etnis yang berasal dari asia. Beberapa negara yang memiliki resiko terserang kolesterol tinggi seperti india, pakistan, serta sri langka.

Jangan lewatkan juga: Pantangan Penyakit Kolesterol yang Wajib Anda Hindari Sejak Saat ini!

Faktor yang bisa dikendalikan

  • Pola makan: pola makan yang buruk akan menyebabkan naiknya kadar kolesterol seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Sebaiknya konsumsi makan sehat seperti perbanyak buah, sayur, kacang-kacangan, sereal utuh, serta ikan akan membuat kadar kolesterol anda selalu normal.
  • Makanan yang tidak sehat: mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat atau lemak trans menjadi penyebab utama naiknya kadar kolesterol jahat. Lemak trans tersebut akan menyebabkan penumpukan plak yang membuat aliran darah terhambat. Jika aliran darah terhambat maka seluruh fungsi organ tubuh juga akan mengalami gangguan. Serta akan meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Untuk itu hindari konsumsi beberapa makanan berikut ini seperti: susu tinggi lemak, kuning telur, otak, jeroan, sea food, mentega, minyak goreng kelapa sawit, daging tinggi lemak, kulit unggas, junk food, sosis, santan, makanan yang digoreng serta masih banyak lagi yang lainnya.
  • Obesitas: berat badan juga bisa mempengaruhi tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah. Terutama bagi anda yang memiliki berat badan berlebih. Namun bukan berarti pemilik tubuh kurus tidak dapat terserang kolesterol hanya saja penderita obesitas akan memiliki resiko yang lebih tinggi. Kelebihan lemak akan diikuti dengan naiknya kadar trigliserida. Dengan begitu kadar kolesterol secara otomatis akan semakin meningkat juga. Untuk itu penumpukan lemak dalam tubuh harus dihindari agar kadar kolesterol tidak semakin tinggi
  • Kurang olahraga: kurangnya aktivitas fisik memang menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh. Salah satu penyakit yang beresiko menyerang tubuh adalah kolesterol tinggi. Kurang olahraga akan menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kurang olahraga juga akan beresiko terserang obesitas dengan begitu resiko terserang kolesterol tinggi juga akan semakin meningkat.
  • Merokok: kebiasaan merokok memang merupakan kegiatan yang tidak memiliki manfaat positif. Merokok hanya akan memberikan pengaruh negatif bagi tubuh dan kulit. Zat adiktif pada rokok akan menekan kadar kolesterol baik dengan begitu kadar kolesterol jahat akan semakin tinggi.
  • Alkohol: mengkonsumsi alkohol akan membuat seseorang semakin ketergantungan. Hal tersebut sangatlah tidak baik karena minuman beralkohol dapat merusak organ-organ dalam tubuh terutama hati dan liver. Selain itu alkohol juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Obat-obatan: mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang dan berlebihan ternyata juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menekan kadar kolesterol baik. beberapa jenis obat-obatan yang dapat meningkatkan pembentukan plak diantaranya esterogen, beta-blocker, serta thiazide. Sebaiknya batasi penggunaan obat-obatan tersebut agar kadar kolesterol selalu normal
  • Penyakit: selain karena pola hidup dan pola makan yang kurang baik, penyebab kolesterol tinggi juga bisa berasal dari beberapa jenis penyakit seperti hipertensi serta penyakit diabetes melitus. Selain kedua penyakit tersebut beberapa jenis penyakit lain juga dapat meningkatkan resiko naiknya kadar kolesterol seperti penyakit liver, penyakit ginjal kronis serta penyakit kelenjar tiroid yang kurang aktif.
  • Stres: sudah bukan rahasia lagi jika stres dapat menyebabkan berbagai penyakit menyerang tubuh serta dapat merusak kulit. Salah satu penyakit yang disebabkan karena stres berlebihan adalah kolesterol tinggi. Memang sebagai makhluk sosial kita akan sulit menghindari stres namun pengelolaan yang baik akan meringankan tingkat stres seperti melakukan kegiatan yang menyenangkan, jalan-jalan, belanja dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Diet yang salah: diet memang dianjurkan bagi anda yang memiliki berat badan berlebih namun jika anda melakukan diet yang kurang tepat justru akan meningkatkan resiko terserang kolesterol tinggi
  • Minum kopi berlebihan: minum secangkir kopi di pagi hari seperti sudah menjadi kebiasaan warga indonesia. Hal tersebut sebenarnya tidaklah dilarang jika dilakukan dengan cara dan jumlah yang tepat, sebab mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga dapat meningkatkan resiko terserang kolesterol tinggi atau pembentukan plak yang akan meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Simak juga: Daftar Buah Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi

Resiko komplikasi kolesterol tinggi

Kadar kolesterol tinggi yang tidak segera dikendalikan tapi justru dibiarkan semakin meningkat akan menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan. Beberapa penyakit yang muncul akibat tinggi kadar kolesterol jahat seperti:

  • Penyakit jantung
  • Hipertensi
  • Stroke

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Sebenarnya menjaga kadar kolesterol tetap normal bukanlah hal yang sulit dan tidak membutuhkan perawatan yang mahal. Menurunkan kadar kolesterol bisa dilakukan dengan mengubah pola makan dan pola hidup seperti berikut ini:

  • Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah, sayur, gandum utuh atau oatmeal, ikan yang mengandung omega-3, konsumsi bahan alami yang tinggi kadar kolesterol baik seperti alpukat dan minyak zaitun, konsumsi bahan alami yang tinggi antioksidan seperti buah naga dan anggur serta jeruk serta masih banyak lagi jenis makanan yang kaya nutrisi yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Olahraga secara teratur
  • Hindari rokok dan minuman keras
  • Hindari stres

Artikel terkait: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Demikianlah beberapa penyebab kolesterol tinggi yang wajib anda hindari agar tubuh anda terhindar dari serangan kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga20 Tanda-tanda Penyakit Kolesterol yang Jarang Diketahui

Leave a Reply