Penyebab Penyakit Hepatitis yang Harus Diwaspadai

Penyebab Penyakit Hepatitis – Penyakit hepatitis belakangan semakin populer, karena penyakit radang hati ini semakin hari semakin tinggi angka penderitanya. Penyakit ini sendiri merupakan suatu kondisi dimana radang hati dapat mengakibatkan terjadinya gangguan fugnsi hati.

Fungsi hati yang seharusnya bekerja untuk menyaring toksin tidak lagi bekerja optimal. Sehingga tentu saja mengakibatkan kesehatan tubuh kita dapat terganggu secara menyeluruh. Toksin atau racun-racun yang masuk ke dalam tidak lagi dapat disaring dengan baik oleh hati. Maka dari itu, sebelum kita mengalami gangguan fungsi hati seperti ini, ada baiknya kalau kita mengetahui apa saja penyebab penyakit hepatits tersebut.

Jika seseorang sudah terkena hepatitis, maka bisa dipastikan tubuh akan mengalami kelemahan diberbagai sektor, sehingga akan rentan terkena tekanan darah tinggi atau bahkan pecahnya pembuluh darah, karena hati menolak aliran darah. Baik, mari kita ulas satu persatu penyebab penyakit hepatitis berikut ini:

Penyebab Penyakit Hepatitis

Secara umum, penyebab penyakit hepatitis adalah dikarenakan adanya infeksi virus. Virus hepatitis akan dengan mudah menaklukan sistem imunitas tubuh kita apabila kita tidak menerapkan gaya hidup sehat sejak dini atau juga dapat diakibatkan oleh pengkonsumsian obat-obatan terus menerus sehingga akan merusak fungsi hati karena dipaksa untuk menyaring racun atau zat kimia berkepanjangan.

Penyebab Penyakit Hepatitis

Penyebab Penyakit Hepatitis

Berikut ini penyebab penyakit hepatitis yang sudah Ceksehat kelompokkan:

  • Infeksi Virus – Nah, ini penyebab penyakit hepatitis yang paling umum terjadu. Setidaknya ada lima jenis virus yang menjadi penyebab penyakit hepatitis itu sendiri, diantaranya adalah Virus Hepatitis A, B, C, D, dan E. Oleh sebab itu,  jenis hepatitis juga dibedakan berdasarkan virus yang menjadi penyebabnya. Misalnya, Hepatitis A disebabkan oleh Virus A, dan seterusnya.
  • Infeksi virus lain – Selain oleh kelima virus tersebut, ada beberapa tipe virus lainnya yang juga menjadi penyebab penyakit hepatitis, seperti virus mononukleosis infeksiosa dan stimegalovirus, rubella, dan herpes.
  • Gaya hidup – Pola hidup tidak sehat juga menjadi salah satu pemicu penyakit hepatitis, misalnya saja mengkonsumsi makanan berpengawet, pewarna, perasa, makanan cepat saji terus menerus tanpa diimbangi dengan berolahraga dan mengkonsumsi buah dan sayuran.
  • Penggunaan obat-obatan – Mengkonsumsi obat-obatan terus dan berkepanjangan juga dapat menjadi pemicu penyakit hepatitis, bukan hanya hepatitis, ginjal anda juga bisa bermasalah nantina.
  • Keracunan – Penyebab penyakit hepatitis yang terakhir adalah karena keracunan, baik itu karena makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Jenis-Jenis penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, dibedakan berdasarkan virus yang menyerang, apakah itu Virus Hepatitis A (VHA), HVB, HVC, HVD, hingga HVE. Karena pemicu dan penularannya hampir sama, ada beberapa kesamaan di antara jenis hepatitis tersebut. Berikut ini jenis-jenis penyakit hepatitis yang digolongkan berdasarkan karakter atau sifatnya:

  • HVA dan HVE – Jenis penyakit hepatitis ini memiliki karakter yang hampir sama. Keduanya lazim terjadi di negara-negara berkembang, di mana tingkat kebersihan dan kesadaran masyarakat akan kesehatan masih relatif rendah. Virus ini menular melalui feses, air, maupun makanan
  • HVB dan HVD – Untuk tipe jenis penyakit ini juga memiliki sifat yang hampir mirip. Penularannya bisa terjadi karena transfusi darah, pemakaian jarum suntik secara bersama-sama, atau pasangan homoseksual. HVD dapat memperberat hepatitsis B. Selain pecandu obat dan pasangan sejenis, bayi dari seorang ibu penderita Hepatitis B juga beresiko tertular.
  • HVC – HVC juga memiliki karakter yang mirip HVB dan HVD. Namun perbedaannya, hepatitis C tidak menular melalui hubungan seksual. Penyakit ini justru lebih banyak dialami pecandu alkohol berat.

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Hepatitis

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, penyebab penyakit hepatitis adalah karena virus, maka cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kesehatan dan menghindari gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, vaksinasi sejak bayi merupakan suatu keharusan, agar tubuh mendapatkan antibodi melawan serangan virus.

Di negara berkembang seperti Indonesia, vaksinasi Hepatitis diwajibkan hingga anak berusia 1 tahun. Sayangnya, vaksinasi untuk HVC belum tersedia hingga saat ini. Jadi, pencegahannya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Penyakit hepatitis bisa berbahaya jika berkembang menjadi hepatitis kronis, atau bahkan sirosis dan kanker hati. Jika tidak ditangani dengan segera, kerusakan fungsi hati akan semakin parah. Jika sudah demikian, maka hanya pencangkokan hati yang dapat menjadi solusinya, meskipun jumlah pendonor hati saat ini belum mencakupi dibanding jumlah penderita yang membutuhkannya.

Bagaimana? Anda siap untuk melawan hepatitis? Mari kita jaga diri kita dan keluarga kita dari penyakit yang satu ini.

Demikianlah informasi seputar penyebab penyakit hepatitis, jenis serta cara mencegahnya sejak dini, semoga bermanfaat. Baca juga Gejala Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Leave a Reply