15 Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab Penyakit Jantung – Penyakit jantung koroner terdengar sangat mengerikan. Bagaimana tidak, penyakit ini merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Tidak hanya di Indonesia saja, bahkan di negara-negara maju sekalipun, penyakit jantung tetap menjadi momok yang menakutkan.

Bahkan penyakit jantung ini kedepannya akan semakin meningkat angka penderitanya. Hal ini tentu saja dikarenakan gaya hidup masyarakat kita yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Tidak bisa dipungkiri, kita sangat suka sekali dengan yang instant, kita menginginkan yang serba instant.

Gaya hidup menjadi salah satu penyebab penyakit jantung yang harus diwaspadai, pola makan tidak sehat, jarang berolahraga, mengkonsumsi makanan berlemak tinggi menjadi pemicu seseorang terkena penyakit jantung koroner. Kalau penyebab utamanya, penyakit jantung disebabkan oleh penimbunan lemak dalam arteri atau aterosklerosis. Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat memicu terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Pengumpalan darah ini memblokir suplai darah ke jantung. Jadi, orang yang menderita angina, lebih rentan terkena serangan jantung.

penyebab penyakit jantung

Penyebab penyakit jantung

Penyebab Penyakit Jantung

Berikut ini kebiasaan penyebab penyakit jantung yang berhasil CekSehat.com rangkum untuk anda yang harus kita waspadai:

1. Kelebihan berat badan

Penyebab penyakit jantung yang pertama adalah karena kelebihan berat bada atau obesitas. Kelebihan berat badan menjadi salah satu pemicu utama seseorang terkena jantung koroner. Hal ini dikarenakan terjadinya penumpukan sel-sel lemak yang dapat mengakibatkan kerja jantung lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Selain menyebabkan penyakit jantung koroner, obesitas juga memicu berbagai gangguan kesehatan lain, seperti ginjal. Masalah obesitas menjangkit masyarakat dengan gaya hidup yang kurang sehat. Sangat disarankan bagi anda untuk mencegah obesitas dengan memenuhi asupan makanan yang tidak berlebihan dan imbangi dengan olahraga atau aktivitas gerak. Obesitas juga merupakan masalah yang terjadi karena efek mengkonsumsi obat-obatan. Dengan timbunan lemak yang menutupi otot, maka otot pun akan lemah dalam bergerak. 

2. Diabetes (Kencing manis)

Penyebab penyait jantung selanjutnya adalah karena diabetes atau penyakit gula. Diabetes memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap penyakit jantung koroner. Penyakit diabetes sendiri merupakan penyakit yang dapat menurun atau degeneratif yang sangat berbahaya karena memicu sakit jantung dan stroke, penyakit ini juga akan beresiko meningkatkan penyempitan pembuluh darah serta arteriosklerosis.
Agar penyakit diabetes tidak semakin parah, atau untuk mencegah diabetes, sebaiknya anda menjaga berat badan ideal, olahraga, atur pola makan, kurangi konsumsi gula, kurangi konsumsi kalori sekitar 250 sampai 300 karena tubuh hanya membutuhkan 1.900 kalori setiap harinya. Ganti kebiasaan anda yang suka meminum teh dengan memperbanyak minum air putih. Bila perlu, minum teh tanpa gula atau batasi penggunaan gula sebanyak dua sendok teh setiap hari. 

3. Hipertensi (Tekanan darah tinggi)

Penyebab penyakit jantung selanjutnya adalah karena mengidap penyakit tekanan darah tinggi. Pengidap hipertensi berpeluang terkena penyakit jantung koroner. Saat seseorang terkena hipertensi, maka akan terjadi kerusakan dinding serta bagian pembuluh arteri sehingga darah pun membeku. Dengan demikian, kerja jantung menjadi terhambat untuk memompa darah. Seiring berjalannya waktu, jika dibiarkan akan meningkatkan resiko serangan jantung. 

4. Kolesterol (Lemak darah tinggi)

Kolesterol menjadi penyebab penyakit jantung selanjutnya yang mesti anda waspadai. Peningkatan kadar kolesterol dalam darah menjadi pemicu serangan jantung, kadar kolesterol meningkatkan resiko arteriosklerosis dan juga serangan jantung. Seseorang dengan kolesterol yang tinggi yang melebihi kebutuhan LDL cenderung memiliki resiko penyakit jantung karena kolesterol akan beredar dalam darah dan kemudian terkumpul di sekitar dinding arteri serta membentuk plak yang membuat dinding arteri lebih kaku.
Bukan tidak mungkin jika kemudian akan terjadi penyempitan rongga pembuluh darah yang berujung pada sakit jantung. Untuk mencegah kadar kolesterol tinggi, sudah sepatutnya anda mengkonsumsi makanan berkolesterol rendah seperti seafood, saturan, buah-buahan, ikan dan juga kedelai. 

5. ‘Malas’ Bergerak

Satu lagi penyebab penyakit jantung koroner adalah jantang berolahraga atau minimal malas bergerak. Pergi keluar rumah pakai motor, kerja pakai mobil, dan lain sebagainya. Orang yang malas bergerak beresiko terkena obesitas yang kemudian berujung pada otot jantung yang tidak bekerja dengan baik. Lari, jogging, berenang dan sebagainya adalah cara yang tepat untuk membakar lemak dan menghindari sakit jantung. 

6. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup tidak sehat penyebab penyakit jantung yang harus segera anda rubah. Pola hidup seperti mengkonsumsi makanan dan minuman serba instant juga dapat memicu penyakit jantung. Konsumsilah makanan yang bernutrisi tinggi yang diolah dengan benar.

7. Stress 

Stress ternyata juga merupakan penyebab penyakit jantung yang mesti anda hindari. Tahukah anda, jika tubuh stress, apalagi dalam waktu yang lama, maka kerja jantung untuk membentuk adrenalin akan berat dan tentu akan merusak kesehatan pembuluh jantung. Stress juga bahkan memicu semburan adrenalin yang tinggi, termasuk juga zat katekolamin. Penyempitan pembuluh darah jantung serta denyut jantung yang meningkat akan mengganggu pasokan darah. Buatlah hati anda senang, mulai dari jalan-jalan, yoga, meditasi atau lainnya. 

8. Keturunan 

Penyakit jantung juga bisa diwariskan, periksa apakah keluarga anda memiliki riwayat penyakit jantung atau tidak.

9. Usia dan jenis kelamin

Tahukah anda, peluang terkena penyakit jantung akan semakin besar seiring bertambahnya usia. Perlu diketahui, umumnya penyakit jantung datang saat seseorang di usia lebih dari 65 tahun dan kebanyakan menyerang pria. 

10. Lingkungan

Lingkungan yang kurang sehat juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung, sebagai contoh anda bukanlah perokok, namun karena berada di lingkungan perokok maka anda berpeluang terkena penyakit jantung.

11. Kebiasaan Merok*k

Nah, bagi perok*k, anda beresiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung. Karbon monoksida dalam asap rokok dan kandungan nikotin pada rokok dapat meningkatkan risiko munculnya gumpalan darah serta memacu jantung untuk bekerja lebih cepat sehingga akan makin membebani jantung. Senyawa kimia lain dari asap rokok juga dapat merusak dinding arteri jantung yang akan memicu terjadinya penyempitan. Perokok mempunyai risiko 20-25 persen lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak merokok sama sekali.

12. Mengkonsumsi alkoh*l

Selain merokok, mengkonsumsi alkoh*l juga dapat menimbulkan resiko terkena penyakit jantung, bahkan anda bisa terkena serangan jantung mendadak yang berujung pada kematian.

13. Gliko liko toksisit

Penyebab penyakit jantung yang terakhir adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis atau yang disebut dengan Gliko Liko Toksisit. Hal ini merupakan pola hidup yang sangat tidak baik untuk tubuh. Memakan makanan yang mengandung gula terlalu banyak bisa menyebabkan gula darah anda naik dan bisa membuat anda terkena penyakit lain seperti diabetes dan gula darah. Selain itu, penyakit jantung koroner juga bisa muncul ketika anda tidak bisa mengatur pola makan manis anda.

14. Garam Berlebihan

Selain makanan yang manis, makanan yang terlalu asin juga dapat memicu penyakit jantung.

15. Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh bila kita konsumsi terus menerus dan berlebihan. Berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh antara lain daging merah, aneka produk susu, kelapa dan minyak sawit. Aneka makanan tersebut dapat menyebakan arteri pada organ jantung dapat mengeras dan menyempit.

Nah itulah beberapa penyebab penyakit jantung koroner yang mesti kita waspadai, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian dan semakin meningkatkan kesadaran betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung. Baca juga Waspadai Gejala Penyakit Jantung Koroner Berikut!

Leave a Reply