19 Penyebab Sakit Gigi yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Sakit Gigi – Gigi memiliki peran yang sangat penting untuk membatnu proses pencernaan. Gigi berfungsi untuk mencabik, memperkecil ukuran dan membuat makanan bisa ditelan dan dicerna dengan baik oleh lambung.

Namun, banyak juga diantara kita yang tidak terlalu memperhatikan kesehatan gigi. Salah satu masalah gigi yang sering timbul adalah sakit gigi. Ada banyak penyebab sakit gigi yang mesti kita waspadai. Bisa karena memang gigi sudah berlubang, dari makanan yang kita konsumsi dan lainnya.

Penyebab Sakit Gigi yang Mesti Kita Ketahui

Penyebab sakit gigi

Penyebab sakit gigi

Kali ini Ceksehat akan berbagai beberapa penyebab sakit gigi yang mesti kita waspadai, kalau memungkinkan untuk kita hindari. Berikut ini diantaranya:

1. Gigi rusak

Penyebab sakit gigi yang pertama dikarenakan gigi sudah mengalami kerusakan apalagi kalau kerusakan yang terjadi sudah masuk dalam kategori parah. Penyebab yang satu ini memang umum terjadi, oran-orang banyak mengeluhkan sakit gigi karena memang gigi meruka sudah rusak.

Adanya lubang yang menembus emai gigi sampai pada lapisan dalam gigi. Adanya rongga tersebut membuat sensitifitas pada gigi meningkat. Akhirnya menjadi sangat mudah sakit. Adanya gigi berlubang mampu memicu infeksi. Bahkan sampaimematikan jaringan pulpa. Beberapa sampat sampai bernanah.

2. Gusi radang

Penyebab sakit gigi yang kedua adalah karena terjadinya peradangan di gusi kita. Radang pada gusi sendiri dapat terjadi akibat infeksi. Biasnaya gusi yang infeksi akan memerah, lalu membengkak. Bahkan parahnya sampai berdarah. Biasanya yang menjadi masalah adalah radang bukan hanya pada gusi, namun juga tulang gigi yang menyebabkan bengkak pada jaringan penyongkomg gigi. Pembengkakan gusi biasa disebut gingivitis.

3. Trauma gigi

Trauma atau benturan pada gigi dapat menyebabkan gigi patah atau sempal, ini akan mengakibatkan gigi sakit. Anda akan merasa sangat kesakitan jika sampai mengenai syaraf gigi (pulpa) tertentu.

4. Gigi yang Erosi

Penyebab sakit gigi berikutnya adalah karena gigi surut (erosi / abrasi gigi) gusi terjadi biasanya karena menyikat gigi dengan cara yang salah. Hal ini dapat menyebabkan akar bawah gigi terbuka. Karena tak ada pelindung di bagian akar gigi bawah, hal ini menjadikan ia lebih sensitive. Apalagi jika berkontakan langsung dengan makanan panas, dingin, dan asam. Menurut penelitian bahwa asam pada makanan atau minuman mampu mengikis akar gigi. Sehingga memperburuk kondisi sensitifitas gigi.

5. Tumbuh Molar 3

Penyebab sakit gigi selanjutnya adalah kanrea terjadinya pertumbuhan gigi terakhir. Gigi molar 3 yang mau keluar memang membuat nyeri. Sebab tempat untuk ia keluar sudah tidak ada, namun ia dipaksa harus keluar. Sehingga ia terpaksa tumbuh dengan menekan gigi disampingnya. Hal inilah yang membuat nyeri pada gigi.

Karena pertumbuhanya juga lumayan lama, letak gigi geraham bungsu juga paling ujung. Sulit dijangkau untuk dibersihkan. Hal ini memicu bakteri untuk tumbuh berkembang biak yang meningkatkan adanya resiko pada gusi dan gigi.

6. Kondisi bruxism

Penyebab sakit gigi selanjutnya adalah karena kondisi bruxism. Kondisi ni dapat terjadi saat anda menggertakan gigi anda, atau menggeser gigi secara bolak balik satu sama lain, namun hal tersebut dilakukan secara tidak sadar.

Ini mampu menjadi pemicu sakit gigi sebab gigi mendapat tekanan berlebih. Bukan hanya pada gigi saja pengarruhnya, tapi juga sendi dan otot.

7. Susunan gigi yang tidak teratur

Apakah susunan gigi anda tidak teratur? Memang tidak semua orang yang susunan giginya tidak teratatur akan mengalami sakit gigi. Namun kebanyak, mereka yang memiliki susunan gigi tidak terataru mengakibatkan sisa makanan lebih mudah tertinggal.

Selain itu, dengan susunan gigi yang tidak pas seperti miring mampu membuat gigi anda merasa sakit juga. Hal ini disebabkan karena ketika anda menggunakan gigi untuk mengunyah, terjadi tekanan yang tidak seimbang. Sehingga mudah terjadi radang pada gigi.

8. Penyakit : neuralgia trigeminal

Penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit yang luar yang bersumber dari otak yang menghubungkan syaraf di tiga tempat. Yakni di rahang atas, rahang bawah, dan mata. Bahkan mereka yang memiliki kondisi gigi sehat ingin mencabut gigi yang menurutnya menjadi sumber sakit gigu.

9. Perawatan dengan Kawat

Tahukah anda, dengan menggunakan kawat gigi dapat menjadi pmicu pertumbuhan dan penumpukan bakteri? Keadaan bawah kawat gigi atau bagian logamnya sangat sulit dijangkau untuk dibersihkan. Akibatnya tumbuhlah karang yang mampu merusak gigi anda.

10. Jarang membersihkan gigi

Jarang membersihkan gigi juga menjadi salah satu pemicu utama sakit gigi. Apalgi setelah makan malam langsung tidur, tanpa menyikat gigi atau minimal kumur-kumur. Bakteri yang menumpuk pada sisa makanan tidak dibersihkan. Sehingga menjadikan kerusakan gigi yang parah dan akhirnya menjadi rapuh. Untuk itu biasakan minimal menggosok gigi dua kali sehari.

11. Makanan manis

Sisi makanan manis yang kita konsumsi apabila tidak segera dibersihkan dapat menjadi pemicu pertumbuhan bakteri yang dapat merusak gigi dan akan mengakibatkan gigi berlubang serta sakit/ngilu.

12. Terjadi karena penyakit Sinusitis

Seseorang yang terkena penyakit sinusitis juga bisa mengalami sakit gigi yang tidak tertahankan. Sakit gigi sendiri merupakan peradangan pada rongga hidung. Salah satu gejalanya adalah dengan sakit gigi. Namun perlu diketahui, tidak setiap sakit gigi memiliki resiko sinusitis. Hanya saja ketika anda menderita sinusitis, ada kemungkinan untuk terjadi sakit gigi.

13. Gigi Berlubang

Gigi berlubang menjadi penyebab sakit gigi yang paling umum terjadi. Tumpukan bakteri dan kuman yang ada di dalam gigi berlubang tersebut akan terus memperluas lubang dan bila bagian dasarnya tersentuh biasanya akan mengakibatkan ngilu yang luar biasa.

14. Cidera rahang

Cidera pada rahang juga dapat memicu sakit gigi. Rahang letaknya dekat dengan gigi, oleh sebab itu jika rahang cedera gigi juga akan merasakan sakit. Oleh sebab itulah orang yang rahangnya cedera bisa menyebabkan dirinya terkena sakit gigi.

15. Tambalan Rusak

Jika gigi berlubang anda sudah ditambal, bisa jadi sakit gigi yang anda alami dikarenakan tambalan tersebut sudah rusak sehingga perlu kembali mendatangi dokter gigi atau puskesmas untuk mendapatkan perawatan kembali.

16. Gigi Terjepit

Gigi terjepit juga dapat menjadi pemicu sakit gigi. Gigi ini akan tumbuh, ketika tumbuh dia akan berdekatan dan bertabrakan dengan gigi yang lainnya. Oleh sebab itulah, saat gigi-gigi itu berdekatan dan bertabrakan akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri.

17. Cara Sikat Gigi yang Salah

Salah saat sikat gigi juga dapat menjadikan seseorang rentan terkena sakit gigi. Hal itu disebabkan oleh menyikat gigi yang salah bisa merusak lapisan gigi. Lapisan gigi akan terkikis oleh cara sikat gigi yang dilakukan.

18. Tanda Serangan Jantung

Beberapa kondisi lain juga dapat menjadi pemicu sakit gigi seperti sakit gigi atau nyeri rahang yang merupakan tanda serangan jantung (jarang terjadi).

19. Neuralgia trigeminal

Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh neuralgia trigeminal yang ditandai dengan episode sakit yang intermiten serta nyeri pada sisi wajah.
Nah itu dia beberapa penyebab sakit gigi yang mesti anda ketahui, semoga bermanfaat. Baca juga 17 Penyebab Gigi Berlubang yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply