Penyebab Tenggorokan Terasa Mengganjal dan Cara Mengatasinya

Tenggorokan terasa mengganjal dapat disebabkan oleh banyak hal. Dari mulai hal yang ringan seperti radang tenggorokan sampai dengan hal yang serius seperti kanker tenggorokan semuanya dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan mengganjal.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, tenggorokan merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peran vital. Ketika kinerja tenggorokan terganggu, ada banyak aktivitas vital yang juga akan mengalami gangguan, seperti menelan, bernafas, dan berbicara.

Itu lah mengapa permasalahan tenggorokan mengganjal harus segera diatasi. Pasal nya, meski pun terkadang hanya merupakan perkara yang sepele, namun permasalahan ini akan membuat orang yang mengalami nya merasa tidak nyaman.

Di lain sisi, dalam beberapa kasus permasalahan tenggorokan terasa mengganjal terkadang juga bisa menjadi gejala awal keberadaan penyakit mematikan seperti kanker, tumor, dan kelenjar tiroid.

Tenggorokan Terasa Mengganjal

Ilustrasi: Tenggorokan Terasa Mengganjal

Penyebab Tenggorokan Terasa Mengganjal

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, permasalahan tenggorokan mengganjal dapat timbul karena banyak hal.

Berikut merupakan beberapa penyebab utama terjadinya tenggorokan terasa mengganjal yang telah kami rangkum dari beberapa sumber referensi:

1. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan pada dasarnya merupakan permasalahan yang sepele. Namun begitu jika dibiarkan begitu saja, penyakit ini dapat menyebabkan permasalahan yang lebih serius.

Ketika area sekitar tenggorokan mengalami radang, secara otomatis area tenggorokan akan terasa sakit saat digunakan untuk menelan, terutama untuk menelan makanan keras.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengkonsumsi obat anti radang, baik itu yang berasal dari obat medis siap konsumsi mau pun obat radang dari bahan alami seperti madu, jeruk nipis, dan lain sebagainya.

2. Sumbatan Benda Asing

Sumbatan benda asing seperti duri ikan mau pun benda asing lain nya terkadang juga dapat menimbulkan permasalahan tenggorokan terasa mengganjal.

Cara mengatasi permasalahan tenggorokan mengganjal karena sumbatan benda asing sangat bergantung pada jenis benda asing yang menyebabkan terjadinya sumbatan.

Jika benda asing yang menyebabkan sumbatan adalah bahan makanan, maka cara mengatasinya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan kaya serat seperti pepaya, nasi, pisang, alpukat, dll.

Sedangkan jika benda asing yang menyebabkan tenggorokan terasa mengganjal adalah benda berbahaya seperti duri ikan yang keras, serpihan tulang, dll, maka terkadang dibutuhkan tindakan operasi medis untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari area sekitar tenggorokan.

3. Penyempitan Saluran Tenggorokan

Selain membuat nafas menjadi terasa sesak, penyempitan saluran tenggorokan juga akan membuat tenggorokan terasa mengganjal.

Untuk mengatasi nya, dibutuhkan tindakan medis dari tim dokter yang berpengalaman.

4. Iritasi yang Timbul Akibat Menelan Makanan Bersuhu Tinggi

Di waktu – waktu tertentu, mengonsumsi makanan bersuhu tinggi memang terasa sangat nikmat. Namun begitu, aktivitas ini terkadang dapat menyebabkan berbagai macam permasalahan, seperti salah satu nya adalah iritasi di area sekitar tenggorokan.

Ketika tenggorokan mengalami iritasi, secara otomatis tenggorokan akan menjadi terasa sakit dan mengganjal saat digunakan untuk menelan.

Normal nya, permasalahan ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu diberi tindakan khusus.

Namun begitu, agar hal ini tidak terulang, Anda kami sarankan untuk menghindari kebiasaan mengonsumsi bahan makanan yang bersuhu tinggi.

5. Tumor di Area Tenggorokan

Tumor yang muncul di area sekitar tenggorokan terkadang menimbulkan gejala awal berupatenggorokan terasa mengganjal.

Ketika hal ini terjadi, biasa nya ukuran tumor di sekitar tenggorokan masih belum begitu besar.

Maka dari itu, jika Anda mengalami permasalahan tenggorokan terasa mengganjal dalam kurun waktu lebih dari 2 minggu, Anda kami sarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

6. Kanker Tenggorokan

Tidak hanya tumor, kanker tenggorokan biasa nya juga menimbulkan gejala berupa tenggorokan yang terasa sakit dan mengganjal.

Biasa nya, jika rasa mengganjal di area sekitar tenggorokan disebabkan oleh serangan kanker, maka kemungkinan besar ukuran sel kanker yang ada di tenggorokan sudah cukup besar.

7. Tonsil atau Amandel yang Membesar

Penyebab di tenggorokan terasa mengganjal selanjutnya adalah amandel atau tonsil membesar. Kondisi ini terjadi akibat peradangan pada amandel. Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Radang amandel adalah peradangan yang terjadi pada amandel atau tonsil.

Kira-kira apa penyebab tonsil ini membesar? Biasanya peradangan pada tonsil diakibatkan oleh virus dan selebihnya disebabkan oleh bakteri. Selain mengalami sensasi ada yang mengganjal di tenggorokan, anda biasanya juga akan mengalami gejala lainnya berupa sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan saat menelan, sakit telinga, dan batuk.

Simak juga: 23 Daftar Gejala Amandel yang Sering Muncul

8. Kelenjar Tiroid Membesar

Kelenjar tiroid membesar juga menjadi salah satu penyebab tenggorokan terasa mengganjal. Apabila salah satu atau kedua dari kelenjar tiroid yang berbentuk kupu-kupu di leher membengkak maka dapat mengakibatkan tenggorokan Anda terasa ada yang mengganjal dan membuatnya sulit bernafas atau menelan. Gejala lain dari tiroid yang membesar yaitu bengkak ditenggorokan, suara sesak atau perubahan pada suara, dan batuk.

9. Penyakit Asam Lambung (GERD)

Penyebab tenggorokan terasa mengganjal yang terakhir adalah karena GER atau penyakit asam lambung. GERD (Gastroesophageal reflux) sendiri merupakan kondisi yang terjadi saat band otot antara kerongkongan dan perut Anda tidak mengencangkannya dengan benar.

Nah, karena terjadi pembukaan inilah yang akan mengakibatkan asam dari perut Anda kembali ke kerongkongan Anda. Bila asam lambung mengiritasi kerongkongan, itu menciptakan sensasi terbakar yang disebut mulas.

Selain itu, GERD ini juga membuat tenggorokan anda seperti memiliki benjolan atau makanan yang menempel. Anda mungkin mengalami Sensasi ada yang mengganjal di tenggorokan atau kesulitan menelan.

Artikel terkait: 8 Gejala Gerd (Asam Lambung Naik) Serta Cara Mengobatinya

Alternatif Cara Mengatasi Tenggorokan Terasa Mengganjal

Secara keseluruhan, ada dua jenis penyebab timbulnya tenggorokan terasa mengganjal. Penyebab yang pertama adalah penyebab yang remeh temeh dan penyebab yang ke dua adalah penyebab yang serius.

Untuk mengatasi permasalahan tenggorokan terasa mengganjal karena hal – hal serius seperti tumor, kanker, mau pun penyempitan saluran tenggorokan, maka satu – satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan prosedur medis.

Namun, jika permasalahan tenggorokan mengganjal yang dialami adalah karena permasalahan biasa seperti radang, iritasi, dan sangkutan benda asing yang tidak berbahaya, Anda dapat mengatasi nya dengan beberapa alternatif cara berikut ini:

1. Banyak Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat

Selain dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, makanan yang kaya akan serat seperti nasi, pepaya, pisang, dan buah alpukat juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan tenggorokan terasa mengganjal karena sangkutan benda asing.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, benda – benda asing seperti duri ikan, permen, mau pun keripik ubi terkadang dapat nyangkut di area sekitar tenggorokan.

Nah, agar semua bahan makanan tersebut bisa terbebas dari area sekitar tenggorokan, Anda dapat mengonsumsi bahan makanan kaya serat.

Harapan nya, bahan makanan kaya serat yang dikonsumsi akan turut membawa benda – benda asing tersebut ke saluran pencernaan yang selanjutnya sehingga tenggorokan pun akan terbebas dari benda asing dan terasa lebih plong.

2. Banyak Minum Air Hangat

Air hangat dapat membantu meredakan permasalahan radang yang terjadi di tenggorokan.

Namun begitu, air yang terlalu panas atau pun terlalu dingin malah dapat membuat radang di tenggorokan menjadi semakin parah.

Artikel terkait: 26 Manfaat Air Putih Hangat

3. Mengkonsumsi Air Lemon / Jeruk Nipis

Air lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam dua buah ini dapat berguna sebagai zat anti inflamasi / anti radang sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai obat tenggorokan terasa mengganjal yang disebabkan oleh permasalahan radang.

4. Mengkonsumsi Madu

Sama seperti hal nya jeruk lemon dan jeruk nipis, madu juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi permasalahan radang. Dengan kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalam nya, madu diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan tenggorokan terasa sakit dan mengganjal yang disebabkan oleh permasalahan radang.

5. Menghindari Makanan Berminyak

Makanan berminyak seperti gorengan, rendang, dan makanan bersantan dapat menyebabkan permasalahan panas dalam dan radang tenggorokan.

Maka dari itu, jika Anda ingin terbebas dari permasalahan tenggorokan terasa mengganjal, Anda kami sarankan untuk menghindari semua jenis makanan yang mengandung minyak.

6. Istirahat dengan Cukup

Terakhir, agar proses penyembuhan radang di tubuh Anda bisa berlangsung dengan lebih cepat, Anda juga harus selalu memenuhi kebutuhan istirahat harian Anda, yaitu sekitar 7 – 8 jam per hari.

7. Mengkonsumsi Anti Biotik

Anda juga bisa mengkonsumsi anti biotik yang di jual di apotek. Pengobatan dengan anti biotik ini dilakukan jika gangguan diakibatkan oleh bakteri. Antibiotik yang digunakan contohnya amoxicillin, tetapi jika anda alergi terhadap amoxicillin, dapat digunakan antibiotik lain.

Biasanya dokter meresepkan antibiotik untuk 5 hari. Habiskan antibiotik, walaupun setelah 4 hari anda merasa baikan, hal ini untuk mencegah terjadinya resistensi dari bakteri.

8. Obat dari Dokter

Jika gangguan pada tenggorokan anda disebabkan oleh virus, biasanya dokter akan memberikan obat yang bersifat menghilangkan gejala, seperti menurunkan demam dan menghilangkan rasa sakit dengan menggunakan antipiretik (penurun demam) atau analgesic (penghilang rasa nyeri).

Itu lah sedikit informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi tenggorokan terasa mengganjal yang bisa kami bagikan ke pada Anda. Semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: 14 Gejala ISPA yang Patut Diwaspadai Sejak Dini!

One Response to “Penyebab Tenggorokan Terasa Mengganjal dan Cara Mengatasinya”
  1. almaguna cargo April 5, 2018

Leave a Reply