Penyebab Tumor Otak yang Wajib Anda Ketahui Sejak Dini!

Penyebab tumor otak – Tumor otak saat ini menjadi penyakit yang banyak menjangkiti kalangan masyarakat karena pola hidup yang kurang sehat. Pertumbuhan jaringan ubnormal  yang sulit dikendalikan pada bagian otak menyebabkan tumbuhnya tumor pada bagian otak.

Tumor otak sangat berbahaya karena dapat berubah menjadi ganas atau biasa disebut kanker otak. Munculnya tumor otak bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab tumor otak yang paling banyak saat ini adalah kontaminasi makanan yang mengandung zat kimia berbahaya yang banyak beredar di pasaran.

Penyakit tumor otak bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Bahkan kalangan anak-anak saat ini juga terancam serangan penyakit berbahaya tersebut. Karena jajanan ringan yang banyak dikonsumsi anak-anak saat ini sangat tidak sehat banyak mengandung bahan kimia berbahaya seperti MSG dan masih banyak lagi yang lainnya.

Belum lagi kebiasaan merokok juga akan meningkatkan resiko terpapar tumor otak. Tumor otak meski tergolong jinak tapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh sebab dapat menimbulkan berbagai gejala yang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Penyebab Tumor Otak

Penyebab Tumor Otak

Bahkan tumor otak juga tidak sedikit yang merenggut nyawa pasiennya. Belum lagi jika stadium terus berlanjut maka tumor tersebut dapat berubah menjadi ganas atau kanker otak dan akan lebih berbahaya lagi. Kanker otak itu sendiri bisa saja terbawa oleh aliran darah yang berasal dari penyebaran kanker pada bagian tubuh lain atau disebut tumor sekunder.

Untuk itu sebaiknya kita memulai hidup sehat sejak dini untuk menurunkan resiko terserang tumor otak. Serta kita juga wajib mengetahui penyebab tumor otak agar kita bisa menghindari hal-hal yang dapat memicu serangan tumor otak.

Tumor otak juga dapat digolongkan menurut tingkat keganasannya menjadi empat tingkatan atau stadium. Penggolongan stadium dalam sebuah penyakit biasanya juga bertujuan untuk menggolongkan pengobatan yang akan dilakukan. Berikut penggolongan tumor otak menurut tingkat keganasannya:

  • Stadium 1 : dimana tumor masih dalam tahap awal yang masih bersifat jinak
  • Stadium 2 : tahap ini sudah memasuki tahap lanjutan namun masih digolongkan ke dalam tumor jinak
  • Stadium 3 : stadium ini sudah mengkhawatirkan karena sudah memasuki tahap ganas
  • Stadium 4 : stadium ini biasanya dikatakan stadium akhir dimana harapan sembuh sangat sulit didapatkan. Tumor ini sudah menjadi tumor ganas atau biasa disebut kanker otak yang dapat berujung kematian.

Penyebab Tumor Otak

tumor otak pada umumnya terjadi akibat penyebaran kanker dari daerah lain atau  biasa disebut tumor sekunder. Penyebab tumor otak sangat beragam dan dapat menyerang siapa saja bahkan di indonesia sendiri penderita tumor otak menurut WHO  hingga tahun 2012 mencapai 4900 kasus. Pertumbuhan tumor yang berasal dari otak itu sendiri belum diketahui secara pasti penyebabnya bahkan hingga kini atau biasa disebut tumor primer.

Penyebab tumor otak juga bisa berasal dari beberapa penyakit genetik yang dialami seseorang seperti berikut ini:

  • Neurofibromatosis : penyakit genetik ini menjadi penyebab tumor otak yang tumbuh pada bagian syaraf
  • Skelerosis tuberose
  • Sindrom kanker li-fraumeni
  • Sindrom gorlin
  • Sindrom turcot
  • Sindrom von hippel-lindau

Selain beberapa penyakit genetik atau penyakit keturunan tersebut yang dapat meningkatkan resiko serangan tumor otak primer ada juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko serangan tumor otak seperti berikut ini:

  • Faktor genetik atau keturunan

Tumor otak yang anda alami bisa saja terjadi ketika kerabat terdekat seperti ayah, ibu, serta paman anda menderita penyakit yang sama. Sebab faktor genetik akan membawa 70% kesamaan terhadap keturunannya. Untuk itu menjalani hidup sehat dengan rajin olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, perbanyak air putih serta istirahat yang cukup bisa menjadi salah satu alternatif mengurangi resiko terserang tumor otak.

  • Radioterapi

Dalam rekam medis tidak jarang kita dianjurkan melakukan radioterapi namun jika dilakukan terlalu sering justru dapat menyebabkan efek samping berbahaya bagi tubuh salah satunya dapat menjadi penyebab tumor otak. Sebab radiasi yang ditimbulkan sangat tidak baik bagi otak dan tubuh.

  • Terpapar zat kimia

Paparan zat kimia yang mengkontaminasi tubuh akan sangat berbahaya. Zat kimia tersebut akan mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkendali sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya dapat menjadi penyebab tumor otak.

Paparan zat kimia bisa saja berasal dari pestisida yang melekat pada sayuran dan buah-buahan. Selain itu kontaminasi formaldehida juga bisa menimbulkan tumor otak dan jenis kanker lainnya.

  • Infeksi virus HIV

Saat tubuh terserang penyakit HIV atau masalah pada sistem imun akan mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh akan kesulitan melawan berbagai penyakit. Dengan begitu tubuh juga akan mudah terserang tumor otak.

  • Rokok

Rokok menjadi salah satu sumber penyakit bagi tubuh. Kandungan zat adiktif pada rokok dapat menimbulkan berbagai penyakit. Salah satunya tumor otak. Belum lagi kandungan nikotinnya akan membuat perokoknya sulit melepaskan diri.

Untuk itu sebaiknya kita hindari saja kebiasaan merokok agar tubuh menjadi lebih sehat. Namun sayangnya tinggat pengguna rokok di indonesia meningkat setiap tahunnya, bahkan kalangan anak-anak juga banyak yang menjadi pecandu rokok tersebut. Selain rokok, asapnya juga wajib kita hindari karena keduanya memiliki dampak yang sama.

  • Terpapar racun dari lingkungan sekitar

Keadaan lingkungan tempat kita tinggal yang kurang sehat seperti terlalu banyak polusi jika setiap hari kita hirup dan mengendap di tubuh maka akan berakibat munculnya berbagai penyakit seperti contohnya tumor otak.

Polusi udara yang sering mencemari lingkungan adalah asap kendaraan dan limbah pabrik. Belum lagi sanitasi air yang buruk jika kita gunakan setiap hari juga sangat tidak sehat. Daerah ini biasanya banyak terdapat di daerah perkotaan, kurang saringan oksigen seperti pepohonan dengan polusi yang menyebar dimana.

Dengan begitu racun akan masuk ke tubuh dan akan memicu pertumbuhan sel yang ubnormal dan sulit dikendalikan.

Gejala Tumor Otak

Meski sebagian besar tumor otak dapat berubah menjadi ganas atau disebut kanker otak, namun tidak semua tumor dapat seaktif itu. Ada juga beberapa jenis tumor yang tidak dapat berkembang dan hanya bersifat jinak. tumor otak jinak merupakan sekumpulan sel-sel otak yang  tidak menyebar kebagian lain dan hanya tumbuh perlahan.

Jangan lewatkan juga: 22 Gejala Kolesterol yang Harus Anda Waspadai

Gejala tumor otak sebenarnya tergantung dari letak, seberapa aktif sel tersebut serta ukurannya. Namun ada gejala umum yang kerap terjadi akibat tumor menghalangi bagian otak sehingga tidak dapat berfungsi seperti biasanya serta keberadaan tumor yang menekan otak.

Untuk mendeteksi dini tumor otak ini kita bisa melihat dari beberapa gejala yang ditimbulkan, namun pemeriksaan medis lebih lanjut sangat perlu dilakukan. Agar kita tidak salah diagnosis dan penanganan yang tepat dapat segera dilakukan. Berikut beberapa gejala tumor otak seperti:

  • Sakit kepala
  • Kelelahan yang berlebihan
  • Mudah mengantuk
  • Mulai mengalami gangguan penglihatan apa lagi jika sudah berubah menjadi kanker penglihatan akan sangat terganggu
  • Gangguan berjalan
  • Gangguan bicara
  • Mual dan muntah-muntah
  • Kejang-kejang atau epilepsi
  • Gangguan pendengaran
  • Mudah lupa, mudah marah serta acuh
  • Berubah kepribadian tidak seperti biasanya

Pengobatan Tumor Otak

Setiap penyakit tentuya membutuhkan penanganan yang tepat. Begitu juga tumor otak membutuhkan pengobatan sedini mungkin. Pengobatan tumor otak memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi hasil pengobatan seperti berikut ini:

  • Letak tumor di dalam otak
  • Jenis atau tipe sel otak yang berkembang menjadi tumor
  • Kondisi kesehatan serta umur penderita ketika dinyatakan positif tumor otak

Jika letak tumor otak memungkinkan dilakukan pembedahan atau operasi maka tindakan ini harus segera dilakukan untuk mengangkat sel-sel tumor atau kanker sebanyak mungkin. Setelah itu pengobatan lanjutan harus tetap dilakukan dengan melakukan dengan  melakukan radioterapi, kemoterapi, serta kombinasi keduanya.

Namun jika letak tumor otak tidak bisa di operasi maka kemoterapi serta radioterapi harus dilakukan hingga sel-sel tumor benar-benar mati. Jika dibiarkan tanpa melakukan tindakan apapun maka sel tersebut dapat berubah menjadi ganas kemudian menyebar dan merusak saraf tulang belakang dan bagian otak serta saraf, hingga bagian tubuh lainnya.

Untuk tumor atau kanker yang sudah menyebar ke anggota tubuh lainnya pengobatan tuntas tidak dapat dilakukan lagi. Penanganan hanya dilakukan untuk menghambat penyebaran lebih luas serta untuk meringankan gejala.

Dampak Tumor pada Fungsi Otak

.otak merupakan pusat kendali dari seluruh anggota tubuh. Jika pusat kendali tersebut mengalami masalah sudah dapat dipastikan banyak fungsi tubuh yang akan berubah. Lokasi tumor otak juga akan berpengaruh pada beberapa fungsi seperti berikut ini:

  • Gangguan pada otak bagian samping akan mempengaruhi beberapa hal seperti mudah pingsan, kejang-kejang,gangguan bicara, gangguan mengingat, serta mendengar suara di dalam kepala
  • Munculnya tumor pada otak depan akan membuat kepribadian berubah, kelelahan yang berlebihan, kehilangan keteraturan, apatis, gangguan penciuman dan penglihatan.
  • Munculnya tumor dibagian otak belakang akan berakibat pada indera penglihatan
  • Gangguan di otak bagian tengah akan berakibat pada gangguan bicara, kesulitan dalam memahami kata, gangguan menulis, gangguan membaca, mati rasa disalah satu sisi tubuh, serta kesulitan memahami kata
  • Tumor pada batang otak akan berpengaruh pada ketidak seimbangan tubuh, kesulitan berjalan, gangguan penglihatan, kesulitan berbicara dan menelan, serta melemahnya otot-otot muka.
  • Tumor pada selaput otak akan mengakibatkan sakit kepala, gangguan penglihatan, serta gangguan gerak tubuh
  • Tumor pada otak kecil dapat berdampak pada kehilangan koordinasi tubuh, kesulitan berjalan, kesulitan berbicara, muntah-muntah, mata berkedut, serta leher terasa kaku.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab tumor otak dan segala hal yang berkaitan dengannya. Sayangi fungsi otak anda sejak dini dengan cara menghindari penyebab-penyebab tumor otak yang sudah kami sebutkan di atas. Karena walau bagaimana canggih pengobatan yang ada saat ini akan lebih baik lagi kalau kita mencegahnya sejak dini.

Semoga bermanfaat, jangan lewatkan juga 39 Makanan Pencegah Kanker yang Baik Dikonsumsi

Leave a Reply