Perkembangan Janin dalam Kandungan

Perkembangan Janin dalam Kandungan – Percaya atau tidak, perkembangan janin dalam kandungan cenderung berjalan dengan sangat cepat. Meski pun tidak terlihat secara langsung (dari luar), di dalam kandungan janin sudah bisa mempelajari berbagai macam hal, seperti tertawa, menangis, dan lain sebagai nya.

Perkembangan janin dalam kandungan

Perkembangan janin dalam kandungan

Nah, berbicara mengenai proses tumbuh kembang janin, pada kesempatan kali ini Cek sehat akan membagikan sedikit informasi mengenai proses perkembangan bayi dalam kandungan. Langsung saja, berikut informasi lengkap nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Perkembangan Embrio di Minggu Pertama

Setelah proses pembuahan terjadi, di minggu pertama kehamilan nanti nya akan terbentuk sebuah jaringan yang memuat 100 sel. Jaringan ini nanti nya akan membelah dan memperbanyak jumlah sel serta akan menempel di rahim.

Untuk perhitungan nya sendiri, masa kehamilan dapat dihitung dari hari pertama terjadi nya menstruasi terakhir sebelum menstruasi dikatakan terlambat. Maka dari itu, dapat dikatakan di minggu pertama dan ke dua, kaum wanita pada dasarnya masih belum hamil.

Baca juga bund: 26 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin

Perkembangan Embrio di Minggu Kedua

Perkembangan janin dalam kandungan di minggu ke dua biasa nya masih belum terlalu kelihatan. Di minggu inijaringan sel embrio sudah berkembang menjadi sekitar 150 sel.Jaringan sel ini nanti nya akan membentuk tiga buah lapisan, yaitu lapisan endoderm, lapisan mesoderm, dan lapisan ektoderm.

Ke tiga lapisan ini lah yang nanti nya akan berubah menjadi organ dan tubuh bayi, baik itu jantung, tulang, sistem saraf, dan lain sebagai nya.

Perkembangan Embrio di Minggu Ketiga

Di minggu ketiga, embrio biasa nya sudah berhasil melekat dengan sempurna di rahim.Di fase ini, embrio masih belum terlihat seperti bayi.Namun begitu, di fase ini, beberapa organ penting yang ada pada tubuh akan mulai terbentuk.

Normal nya di akhir minggu ketiga, ukuran embrio sudah berada di kisaran 1,5 mm.

Perkembangan Embrio di Minggu Keempat

Perkembangan janin dalam kandungan di minggu keempat normalnya terpusat di area sekitar pembuluh darah. Selain itu, di minggu ini, tangan dan kaki juga sudah mulai terbentuk.

Biasa nya di akhir minggu keempat, ukuran embrio sudah berada di kisaran 4 – 5 mm.

Baca juga bunda: Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin Sehat

Perkembangan Embrio Minggu Kelima

Di minggu ke lima, tangan bayi sudah mulai tumbuh. Hanya saja bentuk nya masih belum terlihat layak nya tangan orang dewasa. Kepalan nya biasa nya juga masih rata tanpa jari sama sekali.

Di minggu ini, jaringan dasar otak dan sistem saraf biasa nya juga sudah mulai terbentuk. Selain itu, beberapa bagian tubuh lain nya seperti telinga, mata, dan mulut baru akan mulai terbentuk.

Normal nya, di akhir minggu kelima, embrio sudah berukuran sekitar 7 mm.

Perkembangan Embrio di Minggu Keenam

Perkembangan janin dalam kandungan di minggu keenam biasanya sudah mulai bisa terlihat dengan jelas. Di minggu ini, ukuran embrio sudah mencapai 12 mm. Kaki juga sudah mulai terbentuk, meski pun masih belum dilengkapi dengan jari.

Selain itu, meski pun masih sangat kecil kepala embrio juga sudah mulai terlihat dengan bibir atas, telinga, dan mata yang sedang berkembang.

Artikel terkait: 13 Aplikasi Ibu Hamil yang Akan Menjadi ‘Dokter’ Pribadi Anda!

Perkembangan Embrio di Minggu Ketujuh

Memasuki minggu ketujuh, embrio biasa nya sudah berukuran 19 mm. Di minggu ini, jari tangan dan jari kaki sudah mulai kelihatan. Selain itu, sistem saraf dan jaringan otot juga sudah mulai berfungsi dengan baik, sehingga embrio sudah mulai bisa melakukan gerak refleks yang dirasakan ibu nya.

Perkembangan Janin di Minggu Kedelapan

Perkembangan janin di minggu ke delapan cenderung berjalan dengan sangat cepat. Di minggu ini, ukuran janin sudah mencapai 3 mm. Selain itu, embrio juga sudah memiliki bentuk dan wajah yang mirip dengan bentuk wajah manusia, sehingga sudah bisa disebut janin.

Di minggu ke delapan ini, beberapa organ dan bagian tubuh janin, seperti kelopak mata dan hidung juga sudah mulai terbentuk.

Perkembangan Janin di Minggu Ke 9

Di minggu ini, wajah janin sudah mulai kelihatan dengan jelas. Selain itu, janin juga sudah mulai bisa membuka mulut nya sendiri.

Normal nya, di minggu ke sembilan, janin sudah berukuran sekitar 5,5 cm.

Perkembangan Janin di Minggu ke 10

Di minggu ke sepuluh, janin sudah berukuran 7.5 cm. Di minggu ini, janin biasa nya akan memiliki ukuran kepala yang lebih besar dari badan. Selain itu, organ jantung juga sudah bekerja dengan sempurna.

Di minggu ini, sel tulang biasa nya juga sudah mulai terbentuk untuk menggantikan posisi tulang rawan.

Perkembangan Janin Minggu Ke 11

Di minggu ini, tulang wajah sudah mulai kelihatan dengan kelopak mata yang masih tertutup rapat. Selain itu, kuku juga sudah mulai terbentuk dan janin juga sudah mulai belajar menelan serta belajar mengeluarkan urin.

Perkembangan Janin Minggu Ke 12

Perkembangan janin dalam kandungan di minggu ke 12 biasa nya akan terlihat dengan jelas. Di minggu ini janin sudah memiliki semua organ penting dan beberapa bagian tubuh, seperti tulang, otot, dan kelenjar.

Selain itu, di minggu ke 12 ini, bagian tulang belakang janin yang sebelum nya masih berupa tulang rawan akan segera berubah menjadi tulang keras.

Perkembangan Janin Minggu Ke 13 – 17

Di minggu ini bobot janin biasa nya sudah berada di kisaran 57 – 113 gr dengan panjang sekitar 10 – 13 cm. Di fase ini, janin juga sudah mulai mengalami mimpi dan dapat bangun dan tidur secara bergantian.

Di minggu ke 16, jenis kelamin janin biasa nya sudah bisa ditentukan. Selain itu, janin juga sudah bisa menggerakkan mulut nya sendiri.

Perkembangan Janin Minggu Ke 18 – 22

Perkembangan janin dalam kandungan di fase ini biasa nya terfokus pada proses pergantian tulang rawan menjadi tulang tetap. Biasa nya, di usia kehamilan ini, ibu akan mulai merasakan berbagai macam gerakan janin, seperti tendangan dan pukulan.

Ukuran janin di fase ini biasa nya sekitar 25 – 28 cm dengan bobot sekitar 227 – 450 gr.

Perkembangan Janin Minggu Ke 23 – 26

Di fase ini, organ pankreas janin sudah mulai bekerja dengan normal. Selain itu, paru – paru juga sudah bekerja dengan aktif. Normal nya, di fase kehamilan ini janin sudah memiliki kemampuan survival yang lebih baik dibandingkan dengan di minggu – minggu yang sebelumnya.

Perkembangan Janin Minggu 27 – 31

Di minggu ke 27 – 31, seluruh organ dalam tubuh janin sudah bisa beroperasi dengan sempurna.Jika janin terpaksa lahir di kurun waktu ini, kemungkinan besar bayi sudah bisa bertahan hidup meski pun sangat rentan mengalami komplikasi.

Perkembangan Janin Minggu 32 – 36

Di fase ini, gerakan janin akan terasa semakin jelas. Biasa nya bobot janin di fase ini berada di kisaran 1,8 – 2.3 kg dengan panjang sekitar 41 – 43 cm.

Perkembangan Janin Minggu 37 – 40

Perkembangan janin dalam kandungan di minggu ke 37 – 40 biasa nya tidak terlalu signifikan. Di fase ini, janin laki – laki biasa nya sudah memiliki testikel yang lengkap dengan lapisan skrotum.

Normal nya di fase ini, panjang janin akan berada di kisaran 46 cm dengan bobot sekitar 2,7 – 3,6 gr.

Di akhir fase ini, janin siap dilahirkan dengan kondisi organ yang sempurna dan sudah dapat bekerja dengan baik.

Baca juga: 15 Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil dan Janin

Gambar Perkembangan Janin dalam Kandungan

Untuk lebih tergambarkan bagaimana bentuk perkembangan janin dalam kandungan, berikut ini kami sajikan dalam bentuk gambar agar lebih mudah untuk ibunda dan ayahnda lebih mudah untuk membayangkannya:

Proses perkembangan janin 1 bulan

Proses perkembangan janin 1 bulan

Proses perkembangan janin 1 bulan

Proses perkembangan janin 2 bulan

Proses perkembangan janin 2 bulan

Proses perkembangan janin 2 bulan

Proses perkembangan janin 3 bulan

Proses perkembangan janin 3 bulan

Proses perkembangan janin 3 bulan

Proses perkembangan janin 4 bulan

Proses perkembangan janin 4 bulan

Proses perkembangan janin 4 bulan

Proses perkembangan janin 5 bulan

Proses perkembangan janin 5 bulan

Proses perkembangan janin 5 bulan

Proses perkembangan janin 6 bulan

Proses perkembangan janin 6 bulan

Proses perkembangan janin 6 bulan

Proses perkembangan janin 7 bulan

Proses perkembangan janin 7 bulan

Proses perkembangan janin 7 bulan

Proses perkembangan janin 8 bulan

Proses perkembangan janin 8 bulan

Proses perkembangan janin 8 bulan

Janin 9 bulan

Masa Kelahiran

Masa Kelahiran

*Gambar via: theasianparent

Demikianlah ulasan mengenia perkembangan janin dalam kandungan dari minggu 1 sampai 40 yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat ya bund. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya. Baca juga: 24 Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil dan Janin!

Leave a Reply