Pola Makan Diet yang Harus Anda Perhatian!

Pola Makan Diet – Makanan yang kita konsumsi sehari-hari merupakan sumber nutrisi bagi tubuh. Tapi terkadang kita suka sembarangan makan, seperti makanan yang kita konsumsi rendah serat serta tinggi karbohidrat dan lemak. Cara makan seperti ini akan mengakibatkan berat badan kita naik, jika tidak dikendalikan akan mengakibatkan obesitas.

Pola makan diet

Pola makan diet

Untuk mengembalikan berat badan yang ideal kita dapat melakukan diet atau mengatur porsi makan. lalu bagai manakah cara mengatur  pola makan diet yang benar?? Mari kita lihat aturan pola makan diet berikut ini:

Aturan Pola Makan Diet Yang Benar

Saat berat badan kita naik karena makan yang kurang kita perhatikan, hal yang harus dilakukan adalah diet. Dengan mengatur pola makan diet yang benar. Agar kita tidak melakukan kesalahan saat kita akan menurunkan berat badan. Berikut aturan pola makan yang benar :

1. Jangan Meninggalkan waktu makan

Menunda – nunda waktu makan justru akan membuat porsi makan kita lebih besar  meski hanya satu kali. Hal ini justru akan menaikkan berat badan kita. Pola makan diet yang benar yaitu makanlah tepat waktu. Agar porsi makanan yang kita konsumsi dapat kita jaga.

Tetaplah sarapan, makan siang, dan makan malam di waktu yang biasa anda lakukan. Karena makan tepat waktu akan menunjang keberhasilan diet kita. Hal ini akan memudahkan kerja sistem pencernaan. Sistem pencernaan kita akan sulit mencerna makanan yang kita konsumsi terlalu banyak dalam satu waktu.

2. Mengganti asupan makanan dengan yang sehat

Bila menu harian anda adalah nasi putih yang menjadi sumber karbohidrat yang dapat menaikkan berat badan kita, kini ganti dengan beras merah yang memiliki karbohidrat kompleks yang membantu menjaga berat badan ideal karena beras merah membantu kita kenyang lebih lama dan menunda lapar.

3. Makan Lebih Sering

Pola makan diet yang ketiga adalah makan lebih sering. Kesalahan yang sering kita lakukan saat diet adalah makan sekali sehari tapi dalam jumlah yang besar. Sebenarnya saat diet kita justru dianjurkan untuk makan berulang kali namun dalam jumlah yang sedikit.

Hal ini bertujuan memudahkan sistem pencernaan dalam mencerna makanan yang masuk ke tubuh kita secara bertahap, agar tidak ada makanan yang menumpuk di dalam usus, karena telah dicerna dengan baik dan dikeluarkan melalui sistem pembuangan. Serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

4. Hindari Makan Spontan

Jangan paksa perut makan saat sudah kenyang. sebaiknya anda tinggalkan saja makanan di piring anda  meski makanan anda belum habis. Serta jangan makan tiba-tiba saat perut anda belum lapar.

Simak juga: Cara Diet Ala Deddy Corbuzier untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

5. Seimbangkan Dengan Air Putih

Dalam pola makan diet air putih jangan anda tinggalkan. Air putih yang cukup dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan pembakaran di dalam tubuh. Minum segelas air putih sebelum makan juga dapat membantu mengurangi porsi makan karena kenyang sebelum makan.

Mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari juga menjaga kebugaran tubuh serta membantu menambah tenaga. Artikel terkait: 13 Tips Diet Air Putih yang Mudah untuk Dilakukan

6. Memilih Sayur dan Buah

Saat diet kita harus meningkatkan jumlah serat yang kita konsumsi. Karna serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh serta kulit kita. Serat dapat melancarkan sistem pencernaan, membantu mengontrol nafsu makan serta membuat kita kenyang lebih lama. Selain serat  jumlah vitamin dan mineral harus mencukupi kebutuhan harian kita.

Artikel terkait: 9 Panduan Cara Diet Pisang yang Benar untuk Bakar Lemak Hingga 18 Kg

Semua nutrisi tersebut terdapat pada sayur dan buah yang sangat aman dikonsumsi. Ganti makanan tinggi kalori anda dengan makanan sehat yaitu buah dan sayur. Anda juga dapat mengganti camilan dengan buah seperti buah apel, pear dan kiwi.

Anda juga dapat mengganti lauk pauk dengan salad sayuran. Serta mengganti susu tinggi lemak dengan jus buah dan sayuran tanpa gula.

7. Mengkonsumsi Protein

Hindari protein yang mengandung lemak jenuh karena ini akan menggagalkan program diet anda. Memilih protein yang baik juga dapat membentuk pola diet yang sehat. Meski protein dapat membatu diet tapi tetap perhatikan jumlahnya jangan terlalu banyak. Sepotong ayam tanpa kulit juga dapat menjadi sumber protein yang baik.

Mengkonsumsi sepotong daging rendah lemak juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Hindari daging olahan seperti hamburger karena makanan ini mengandung lemak yang sangat jahat, bukan hanya menaikkan berat badan namun juga dapat menyebabkan obesitas.

8. Perhatikan Kandungan Lemak

Saat akan mengkonsumsi makanan perhatikan kadar dan jenis lemak yang terkandung di dalamnya. Makanan kemasan sebagian besar mengandung lemak jahat dan lemak trans yang dapat menaikkan berat badan anda. Hindari makan tersebut untuk mempertahankan bentuk tubuh anda.

Konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, karena lemak  juga sangat dibutuhkan tubuh sebagai salah satu sumber energi. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti ikan, kacang-kacangan, bunga matahari, minyak zaitun dan alpukat.

Kebiasaan memasak menggunakan minyak kelapa sawit, mentega atau margarin  bisa diganti menggunakan minyak zaitun dan minyak kelapa. Memilih lemak tak jenuh akan membantu pola makan diet anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

9. Buang Kebiasaan Mengemil

Pola makan diet berikutnya agar diet anda berhasil adalah menghentikan kebiasaan mengemil yang buruk. Sebenarnya mengemil tidaklah dilarang tapi harus mengemil makanan rendah kalori seperti buah apel, buah pear, kacang tanah rebus, kacang kedelai rebus, dan jagung rebus.

Kebiasaan mengemil yang buruk akan menggagalkan rencana penurunan berat badan kita . beberapa contoh camilan yang harus anda hindari keripik, kue sejenis bolu-boluan yang mengandung gula tinggi serta gorengan.

10. Pilihlah Gandum

Makanan berbahan dasar gandum utuh boleh anda konsumsi saat diet tapi tetap atur jumlahnya, jangan terlalu berlebihan. Masukkan gandum dalam menu harian anda karena gandum kaya akan serat, yang akan membantu diet anda dengan membuat kita kenyang lebih lama serta dapat melancarkan sistem pencernaan. Beberapa produk gandum yang boleh anda makan seperti sereal, roti gandum, dan pasta.

Hindari produk makanan yang menggunakan tepung utuh yang mengandung karbohidrat yang dapat menaikkan berat badan serta menyebabkan kencing manis, serta mengandung pati yang dapat mengendap pada organ dalam tubuh. Sedangkan gandum mengandung karbohidrat kompleks yang jelas lebih bergizi, serta tidak menyebabkan naiknya berat badan.

Jangan lewatkan juga: Rahasia Sukses Diet Golongan Darah A, B, AB dan O yang Wajib Anda Ketahui

Memilih Menu Diet Sehat dan Cepat

1. Sarapan Pagi

Saat sarapan sebaiknya konsumsi 1 butir telut rebus untuk memenuhi kebutuhan protein, boleh ditambah sayur seperti selada, brokoli, jamur, dan buncis. Sayur dipilih karena sayur merupakan jenis makanan yang sangat mendukung diet anda, karena kandungan serat pada sayur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan yang mendorong keluarnya lemak jahat.

Artikel terkait: Daftar Menu Diet Sehat Sarapan, Makan Siang, Malam

2. Makan Siang

Ganti menu makan siang anda dengan 6 sendok nasi merah ditambah salad sayuran dan sepotong ayam tanpa kulit. Saat makan siang anda boleh mengkonsumsi makanan yang agak berat karena aktivitas kita di siang hari biasanya lebih banyak jadi membutuhkan energi yang lebih banyak juga. Serta tambahkan pencuci mulut seperti 1 buah pisang, 1 buah apel, dan 1 buah pear. Semua makanan yang dipilih untuk makan siang ini tidak menyebabkan kegemukan.

3. Makan Malam

Di malam hari konsumsi makanan yang sangat ringan karena  kita tidak memiliki aktivitas lebih. Serta biarkan sistem pencernaan anda beristirahat, agar keesokan harinya dapat bekerja dengan baik. Konsumsi buah dan air putih saja sudah cukup. Jangan langsung tidur setelah makan karena akan menaikkan asam lambung. Tidur 2 jam setelah anda makan malam. 

Ada hal lain yang patut kita perhatikan kenapa lemak dapat menumpuk pada tubuh kita. Penyebab utamanya adalah karena racun yang menumpuk pada usus dan sistem organ lainnya. Racun tersebutlah yang menurunkan metabolisme tubuh.

Jika sistem metabolisme tubuh menurun pembakaran lemak menjadi energi juga menurun. Jika metabolisme terganggu makanan apapun akan menjadi lemak, bahkan air putih juga bisa menjadi lemak. Jadi kita harus mengeluarkan racun yang pada usus.

Sebaiknya lakukan detoxifikasi untuk merawat usus serta sistem organ lainnya. Maka fungsi tubuh akan kembali. Imbangi juga dengan olah raga dan ganti makan yang buruk dengan makanan sehat rendah kalori serta kaya serat.

Itulah beberapa aturan pola makan diet yang dapat membantu menurunkan berat badan anda. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jangan lewatkan juga Cara Diet Karbo yang Benar serta 5 Menu Diet yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply