Pusing Setelah Makan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pusing Setelah Makan – Makan merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh manusia untuk bertahan hidup. Normal nya setelah makan manusia akan merasa energik mengingat makanan merupakan sumber energi untuk tubuh manusia.

Namun begitu, alih – alih merasa energik, dalam kondisi tertentu beberapa orang terkadang malah merasa pusing sehabis mengkonsumsi makanan.

Apakah yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Dan bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut?

Berikut penjelasan lengkap nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Penyebab Rasa Pusing Setelah Makan

Rasa pusing setelah makan dapat timbul akibat permasalahan dari dalam tubuh dan permasalahan dari bahan makanan yang dikonsumsi. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan beberapa hal yang berpotensi menimbulkan rasa pusing sehabis makan:

1. Tekanan Darah Tinggi

Rasa pusing sehabis makan yang timbul selepas mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan rempah – rempah atau pun bahan makanan yang kaya akan garam bisa menjadi pertanda awal bahwa Anda tengah mengalami tekanan darah tinggi.

Untuk mengatasi nya, anda disarankan untuk tidak mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan yang berpotensi meningkatkan tekanan darah, seperti garam, rempah – rempah, daging merah, seafood, dan lain sebagainya.

Disamping itu, jika diperlukan, Anda sebaiknya juga turut mengkonsumsi produk obat khusus untuk tekanan darah tinggi.

2. Reaksi Alergi

Alergi terhadap bahan makanan tertentu dapat dilihat dari timbulnya berbagai macam gejala, seperti gatal – gatal, ruam, bengkak di sekitararea wajah, mata berair, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Semua gejala tersebut timbul akibat upaya tubuh untuk menetralisir zat makanan yang dianggap sebagai zat asing yang mengancam tubuh.

Dalam kebanyakan kasus rasa pusing setelah makan yang timbul akibat reaksi alergi akan sembuh dengan sendiri nya setelah beberapa saat.

Namun begitu, dalam beberapa kasus terkadang dibutuhkan pula prosedur medis seperti mengkonsumsi obat anti alergi dengan mengikuti saran dari dokter.

3. Sakit Migrain

Migrain dapat dipicu oleh berbagai macam bahan makanan yang mengandung produk susu dan produk – produk turunan nya.

Jika Anda mengalami pusing setelah makan produk makanan yang mengandung susu dan produk turunan nya, maka kemungkinan besar Anda tengah mengalami migrain.

Pusing Setelah Makan

Ilustrasi: Pusing Setelah Makan

Ciri lain sakit kepala setelah makan yang disebabkan oleh migrain adalah rasa nyeri di area sekitar kepala yang berjalan dengan sangat intens.

Tidak hanya itu, migrain biasa nya juga turut menimbulkan berbagai macam gejala lain nya, seperti beberapa di antaranya adalah:

  • Mual
  • Muntah
  • Peka terhadap cahaya, dll

4. Otak Beku

Otak beku yang juga dikenal dengan istilah brainfreeze merupakan suatu kondisi dimana kepala terasa sangat sakit setelah mengkonsumsi bahan makanan yang dingin seperti es krim dan es batu.

Penyakit ini biasa nya berlangsung dalam kurun waktu yang sangat singkat dan dapat hilang dengan sendiri nya.

Menurut penjelasan medis, timbulnya rasa sakit kepala setelah makan makanan dingin disebabkan oleh terhambatnya peredaran darah yang mengalir ke otak. Dampak nya pasokan darah ke otak menjadi kurang, dan kepala pun menjadi terasa sangat sakit.

5. Perubahan Kadar Gula Dalam Darah

Beberapa bahan makanan dapat menyebabkan perubahan kadar gula dalam darah secara tiba – tiba.

Normal nya, selain menyebabkan lemas, perubahan kadar gula darah yang terjadi secara tiba – tiba ini juga akan menimbulkan rasa pusing.

Untuk mencegah timbulnya rasa pusing setelah makan karena perubahan kadar gula dalam darah, Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi bahan makanan yang berpotensi menyebabkan perubahan kadar gula dalam darah secara tiba – tiba.

6. Kandungan Zat Aditif yang Terdapat dalam Makanan

Untuk meningkatkan cita rasa, terkadang beberapa produsen makanan ada yang turut menambahkan zat aditif pada produk makanan mereka.

Untuk kebanyakan orang, keberadaan zat aditif ini mungkin tidak akan menimbulkan masalah yang berarti.

Namun begitu, untuk sebagian orang, keberadaan zat aditif pada makanan terkadang dapat menimbulkan rasa pusing dan sakit kepala.

Salah satu zat aditif yang paling sering menyebabkan rasa pusing setelah makan adalah zat tyramine.

Cara Mengatasi Rasa Pusing Setelah Makan

Berikut merupakan beberapa alternatif tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa pusing yang timbul sehabis makan:

1. Memberikan Pijatan Lembut

Pijatan lembut di area sekitar kepala dan leher diyakini dapat membantu meredakan nyeri dan rasa pusing yang timbul setelah mengonsumsi berbagai macam bahan makanan tertentu.

Namun begitu, beberapa ahli medis menyarankan untuk tidak memijit dengan keras, karena berpotensi memperparah rasa sakit kepala yang dialami.

2. Mengompres Dingin Bagian Kepala yang Terasa Pusing

Cara mengatasi rasa pusing setelah makan yang ke dua adalah dengan mengompres dingin bagian kepala yang terasa pusing dan sakit.

Ketika dikompres menggunakan air dingin, peredaran darah di sekitar area yang dikompres akan menjadi lebih lancar. Dampak nya, rasa sakit dan pusing yang timbul di area tersebut pun akan berkurang dan hilang secara berangsur – angsur.

Simak juga: 28 Manfaat Air Putih

3. Menenangkan Diri

Menenangkan diri ternyata juga bisa menjadi salah satu alternatif cara mengatasi rasa pusing setelah makan.

Untuk menenangkan diri, Anda dapat duduk santai di tempat yang nyaman sembari menarik nafas dalam – dalam dari hidung dan membuang nya dari mulut.

Harapan nya, dengan menenangkan diri, otot dan urat yang ada pada tubuh akan bisa menjadi lebih rileks, sehingga tekanan darah bisa menjadi lebih lancar dan rasa pusing yang dialami pun bisa hilang secara berangsur – angsur.

4. Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika ketiga alternatif cara mengatasi rasa pusing setelah makan di atas ternyata tidak membuahkan hasil sama sekali, Anda dapat mengonsumsi berbagai macam produk obat pereda nyeri.

Salah satu jenis obat pereda nyeri yang relatif aman untuk dikonsumsi saat mengalami pusing setelah makan adalah obat jenis aspirin.

5. Menggunakan Minyak Lavender

Minyak lavender memiliki aroma yang nyaman. Dalam beberapa kasus, penggunaan minyak lavender telah terbukti dapat meredakan rasa nyeri dan pusing yang timbul selepas mengonsumsi berbagai macam bahan makanan.

Dalam praktek nya, untuk menggunakan minyak lavender, ada dua alternatif cara yang bisa Anda gunakan. Yang pertama, Anda dapat mengolesi bagian pelipis wajah Anda menggunakan minyak lavender secara langsung, dan yang ke dua, Anda dapat mencampurnya terlebih dahulu dengan air hangat untuk kemudian digunakan untuk menguapi bagian wajah dan kepala Anda.

Selain cara di atas, berikut ini beberapa solusi pusing setelah makan yang sebaiknya juga anda lakukan jika cara di atas masih belum berhasil

  • Ada baiknya sebelum makan anda minum sekitar 350-500 mL
  • Usahakan untuk mengkonsumsi makanan berserat lebih banyak.
  • Cobalah untuk duduk atau berbaring 30-60 menit setelah makan

Kapan Harus pergi ke Dokter?

Jika teknik di atas belum juga berhasil, maka langkah selanjutnya adalah periksa ke dokter. Ada beberapa catatan yang sebaiknya anda perhatikan sebelum periksa ke dokter. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Pertama jika anda mengalami sakit kepala terus menerus dan ternyata tidak dapat dihilangkan dengan pengobatan rumah dan bahkan sudah minum obat sakit kepala, namun tidak dapat membantu.
  • Ternyata sakit kepala yang anda alami justru semakin parah. Rasa sakit sampai menghalangi kegiatan sehari-hari.
  • Sebaiknya anda periksakan ke dokter jika ternyata anda juga mendapatkan gejala lain misal mati rasa, perubahan penglihatan dan bicara, kelemahan otot, dll
  • Anda pusing setelah makan akibat cedera kepala, seperti misalnya akibat kecelakaan mobil, motor, atau olahraga. Maka ini perlu anda segera perisakan ke dokter

Itu lah sedikit informasi mengenai berbagai penyebab dan cara mengatasi rasa pusing setelah makan yang bisa kami bagikan kepada Anda.

Penting untuk diingat, dalam kasus tertentu, rasa pusing yang timbul sehabis makan terkadang dapat menjadi tanda awal serangan berbagai macam penyakit.

Maka dari itu, jika rasa pusing sehabis makan yang Anda alami tak kunjung sembuh meski pun Anda sudah melakukan berbagai macam prosedur pengobatan, Anda kami sarankan untuk memeriksakan diri Anda ke dokter.

Akhir kata, semoga bermanfaat, dan semoga permasalahan pusing setelah makan yang Anda alami bisa segera hilang ya! jangan lewatkan juga: 17 Penyebab Kepala Pusing dan Cara Mencegahnya

Leave a Reply