Daftar Makanan untuk Menambah HB Darah dengan Cepat

Di kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang bahan makanan untuk meningkatkan HB. HB atau pun hemoglobin memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh manusia. Rangkaian sel darah yang satu ini bertugas menyebarkan oksigen dan berbagai macam nutrisi penting lain nya ke seluruh penjuru tubuh.

Jika ketersediaan hemoglobin dalam tubuh kurang, maka proses penyaluran oksigen dan nutrisi penting dalam tubuh akan terganggu. Dampak nya, tubuh akan terasa lemas, letih, lesu, dan lunglai. Kondisi seperti ini normalnya dikenal dengan gejala kurang darah atau pun anemia.

Ragam Makanan untuk Meningkatkan HB Darah

Ragam Makanan untuk Meningkatkan HB Darah

Gejala anemia dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti kurang tidur, gaya hidup yang tidak sehat, pendarahan, kekurangan nutrisi, penyakit dan lain – lain. Ketika seseorang tengah mengalami gejala anemia, maka diwajibkan untuk banyak mengkonsumsi bahan makanan untuk meningkatkan HB.

Loading...

Jangan lewatkan juga: 11 Cara Ampuh Mengatasi Anemia 

Bahan Makanan untuk Meningkatkan HB Darah

Berikut ini Ceksehat rangkum untuk anda beberapa contoh bahan makanan untuk meningkatkan HB darah yang baik anda konsumsi:

1. Daging

Daging sangat kaya akan zat besi dan vitamin B12. Ke dua bahan nutrisi tersebut telah terbukti dapat mempercepat proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi yang ada pada daging juga dapat membantu memperkokoh sistem pertahanan tubuh manusia.

Satu hal yang penting untuk diingat, jenis daging yang paling pas untuk dijadikan sebagai makanan untuk meningkatkan HB adalah jenis daging dari hewan berkaki empat seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Disamping itu, Anda sebaiknya juga lebih memprioritaskan daging merah. Hal ini dikarenakan daging merah cenderung memiliki kadar lemak yang tidak terlalu banyak, sehingga jauh lebih sehat dibandingkan dengan jenis daging lain nya.

2. Bayam

Makanan untuk meningkatkan HB yang ke dua adalah Bayam. Sama seperti hal nya daging, bayam juga sangat kaya akan kandungan zat besi yang sangat baik untuk proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Dibandingkan dengan daging, bayam sangat pas untuk dijadikan sebagai makanan penambah hb ibu hamil. Hal ini dikarenakan bayam cenderung tidak memiliki kandungan lemak sama sekali, sehingga jauh lebih sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Bahkan menurut beberapa studi, selain dapat membantu mengatasi kondisi anemia di masa kehamilan, bayam kabarnya juga dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi sindrom morning sickness.

3. Kacang – kacangan

Dibandingkan dengan dua bahan makanan untuk meningkatkan HB yang sebelumnya, kacang – kacangan cenderung memiliki kadar zat besi yang lebih rendah. Namun begitu, bahan makanan yang satu ini tetap bisa dijadikan sebagai pendongkrak sel darah merah dalam tubuh.

Beberapa jenis kacang – kacangan dengan kadar zat besi cukup tinggi yang bisa Anda konsumsi adalah: buncis, kacang pinto, kacang kedelai dan kacang panjang.

4. Susu dan Produk Turunan nya

Pada dasar nya, semua jenis susu beserta dengan produk – produk turunan nya (seperti dadih, keju, dan yoghurt) bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan untuk meningkatkan HB. Namun begitu, belakangan ini sudah ada produk susu yang bisa meningkatkan hbdengan lebih cepat. Jika Anda ingin terlepas dari kondisi anemia dengan cepat, Anda dapat mengonsumsi produk susu khusus untuk penderita anemia secara rutin setiap hari.

5. Telur

Hampir sama seperti daging, telur juga merupakan sumber vitamin B12 dan zat besi yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan untuk meningkatkan HB. Jika Anda sedang mengalami anemia atau pun ingin terhindar dari gejala anemia, Anda dapat menjadikan telur sebagai menu makanan harian Anda.

Penting untuk diketahui, jika Anda ingin mempercepat proses pembentukan sel darah merah, bagian terpenting yang harus Anda konsumsi dari telur adalah kuning telur nya. Hal ini dikarenakan bagian ini lah yang memiliki kandungan zat besi dan omega 3 yang berperan penting dalam proses pembentukan hemoglobin.

6. Makanan Laut

Agar tidak bosan, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai jenis makanan laut sebagai pengganti daging dan telur. Beberapa menu makanan laut seperti ikan tuna, ikan salmon, kerang, dan juga tiram juga memiliki kandungan zat besi dan omega 3 yang tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan untuk meningkatkan HB.

7. Cokelat

Selain dapat dijadikan sebagai mood booster, cokelat kabarnya juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan untuk meningkatkan HB loh. Ya, kakao yang merupakan bahan dasar pembuatan cokelat kabarnya sangat kaya akan kandungan zat besi, sehingga sangat pas untuk dijadikan makanan peningkat sel darah merah dalam tubuh.

8. Hati dan Dada Ayam

Jika Anda ingin mengonsumsi daging sebagai makanan untuk meningkatkan HB namun ingin terhindar dari lemak, Anda dapat mengonsumsi hati dan bagian dada ayam. Hal ini dikarenakan, ke dua bagian daging ayam tersebut memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan kandungan lemak yang rendah.

9. Tahu dan Tempe

Selain dapat dikonsumsi secara utuh dalam bentuk kacang – kacangan, kedelai juga bisa Anda manfaatkan sebagai makanan untuk meningkatkan HB dalam bentuk tahu dan tempe.

Dua bahan makanan yang dibuat dari kedelai ini dipercaya memiliki kandungan 5mg zat besi di setiap 100 gr bobotnya.

10. Buah – buahan

Sudah bukan rahasia lagi jika buah merupakan bahan makanan yang sangat kaya akan kandungan zat besi dan vitamin. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi vitamin yang ada pada buah juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa jenis buah – buahan yang telah terbukti ampuh untuk dijadikan sebagai makanan untuk meningkatkan HB adalah alpukat, semangka, jeruk, apel, dan pisang.

11. Rempah – rempah

Untuk Anda yang memiliki hobi memasak, Anda juga bisa memanfaatkan bumbu rempah – rempah sebagai bahan makanan untuk meningkatkan HB. Hal ini dikarenakan beberapa bahan bumbu rempah – rempah seperti ketumbar, kemangi, jahe, jinten dan kayu manis juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Namun begitu perlu diingat, agar kandungan vitamin B12 dan zat besi dalam bahan rempah – rempah di atas tidak berkurang, Anda tidak boleh menggunakan bahan rempah – rempah di atas dalam masakan yang dimasak sampai mendidih.

12. Asparagus dan Brokoli

Sama seperti hal nya bayam, dua sayur berwarna hijau ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk meningkatkan HB pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan, selain dapat membantu mempercepat proses pembentukan sel darah merah, dua bahan makanan ini juga dipercaya dapat membantu mengurangi sindrom morning sickness yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Pada dasarnya, untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, Anda hanya perlu mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi. Jika Anda menemukan bahan makanan lain yang mengandung banyak zat besi selain makanan di atas, Anda juga dapat memanfaatkan nya sebagai makanan pendongkrak hb.

Disamping itu, selain mengonsumsi bahan makanan untuk meningkatkan HB di atas, saat ini Anda juga dapat mengonsumsi produk – produk multivitamin dan obat penambah hb rendah yang memang dibuat secara khusus sebagai produk untuk mengatasi gejala anemia.

Terakhir, agar gejala anemia yang Anda alami tidak berulang, Anda sebaiknya juga selalu menjaga pola makan dan pola hidup sehat seperti tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, tidak begadang, dll.

Loading...

Demikianlah ulasan singkat dari kami seputar daftar makan untuk meningkatkan HB darah yang bisa anda konsumsi secara rutin. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Daftar Gejala Darah Rendah yang Wajib Anda Ketahui!

loading...

Leave a Reply