Rumus Berat Badan Ideal Pria & Wanita

Rumus Berat Badan Ideal – Tak dapat dipungkiri setiap orang baik pria maupun wanita pasti mendambakan mempunyai berat badan yang ideal. Terlebih ketika seseorang memiliki bentuk dan berat badan yang ideal maka rasa percaya diri akan semakin meningkat dengan sendirinya.

Namun tak jarang banyak orang yang rela melakukan berbagai hal untuk mendapatkan berat badan ideal. Perlu anda ketahui bahwa untuk mengetahui berat badan ideal tak hanya ditentukan oleh timbangan melainkan juga rumus berat badan ideal sebagai standar berat badan yang seharusnya dipenuhi oleh seseorang.

Untuk itulah kini telah hadir rumus BMI dan rumus Brocha untuk memudahkan anda untuk mengetahui berat badan ideal.

Cek juga yuk: 5 Cara Diet Tanpa Nasi

Tak dapat dipungkiri untuk mengetahui berapa berat badan yang ideal pada seseorang memang bukanlah hal yang mudah. Sebab menurut anda ideal maka belum tentu berat badan anda tersebut sudah memenui standar yang sudah ditetapkan.

Maka untuk itulah anda perlu memperhatikan rumus berat badan ideal baik dengan menggunakan rumus BMI yang akhir-akhir sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Perhitungan berat badan ideal menggunakan rumus tersebut tidaklah sulit bahkan bisa anda lakukan sendiri.

Rumus Berat Badan Ideal

Rumus Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Rumus Berat Badan Ideal BMI

Rumus berat badan ideal menggunakan BMI atau Body Mass Index atau sering disebut dengan Indek Massa Badan (IMT) saat ini sering menjadi acuan untuk menentukan berat badan seseorang. Untuk rumus BMI ini biasanya menggunakan acuan dari berat serta tinggi badan.

Dengan demikian bila sudah diketahui berat dan tinggi badan seseorang maka berat badan ideal bisa diketahui secara lebih mudah. Untuk lebih jelasnya berikut ini rumus BMI yang bisa memudahkan anda dalam menentukan berat badan ideal.

BMI = Berat badan : (tinggi badan x tinggi badan)

Rumus Berat Badan Ideal

Rumus Berat Badan Ideal via USC.edu

Misalnya saja seseorang memiliki berat badan 50kg dan tinggi badan 168 cm maka nilai BMI orang tersebut yaitu : BMI = 50kg : (1,68×1,68) = 17,0.

Standar BMI pada wanita

BMI Wanita

BMI Wanita via USC.edu

BMI < 18 = kurus atau kurang berat badan sehingga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan olahraga supaya menambah berat badan.

BMI 18 – 25 = Berat badan normal sesuai dengan standar BMI.

BMI 25 – 27 = Kelebihan berat badan atau gemuk sehingga disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak serta imbangi dengan olahraga minimal 2kali dalam seminggu.

BMI 27 = Obesitas atau sangat gemuk sehingga anda harus melakukan program penurunan berat badan mulai dari sekarang agar tidak membahayakan kesehatan.

Standar BMI Pada Pria

BMI < 17 = kurang berat badan atau kurus sehingga dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang berkalori.

BMI 17-23 = Normal sesuai dengan standar BMI namun sebaiknya tetap menjaga pola makan dan berolahraga.

BMI 23-27 = Kelebihan berat badan atau gemuk sehingga sebaiknya perlu waspada dengan mengatur pola makan serta rutin berolahraga.

BMI 27 = Obesitas sehingga perlu untuk lebih berhati-hati dan segera mungkin menerapkan program penurunan berat badan secara sehat agar tubuh menjadi ideal.

Artikel terkait: Cara Diet Ala Deddy Corbuzier

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak

Anda mau menghitung berat badan ideal anak anda? Berikut ini panduannya yang kami sadur dari Liputan6:

Usia 1 – 10 tahun

Berat badan ideal = 2.n + 8

Keterangan: n adalah umur anak dalam tahun.

Contoh: Umur anak 3 tahun 4 bulan maka (2 x 3.4) + 8 = 14.8

Maka berat badan ideal anak berumur 3 tahun 4 bulan adalah 14.8 kg

Cara menghitung berat badan ideal anak di atas memang mudah, namun bisa saja menjadi rumit.

Contoh:

  • Umur anak 3 tahun 10 bulan.
  • Maka jika dikonversikan menjadi 3,10.
  • Lalu dikalikan dua menjadi 6.20.
  • Hal itu berarti 6 tahun 20 bulan.
  • Maka dihitung lagi, 20 bulan sama dengan 1 tahun 6 bulan.
  • Maka angka 6.20 ditambah dengan 1.6 menjadi 7.8 baru kemudian ditambah dengan 8 maka berat badan idealnya adalah 15.8 kg.

Usia 0-12 bulan

Berat badan ideal = {umur (bulan) :2} + 4

Contoh: Umur 5 bulan, maka = (5:2) + 4 = 2.5 + 4 = 6.5 kg

****

Itulah tadi penjelasan mengenai rumus berat badan ideal untuk pria dan wanita yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin meperoleh berat badan yang ideal maka tidak hanya asal menentukan sendiri berapa berat badan yang anda inginkan.

Namun anda harus berdasarkan rumus BMI dan standar BMI bagi pria atau wanita. Dengan demikian tubuh anda tidak hanya ideal namun juga sehat sehingga bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit akibat kelebihan berat badan.

Artikel terkait: 15 Minuman Penurun Berat Badan Alami

Leave a Reply