Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Saat Hamil

Sakit Pinggang saat Hamil – Masa hamil menjadi masa yang paling memabahagiakan bagi pasangan suami-istri. Namun, masa hamil juga menjadi masa-masa yang cukup sulit untuk dilewati, karena akan ada banyak problem yang bisa saja muncul.

Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil

Selain mual dan muntah, masalah yang sering muncul adalah sakit pinggang. Sakit pinggang saat hamil sangat sering muncul karena adanya peningkatan hormon. Berikut ini beberapa penyebab sakit perut pada saat hamil yang harus anda ketahui yang berhasil CekSehat.com rangkum untuk anda:

1. Peningkatan hormon

Penyebab sakit pinggang saat hamil yang pertama adalah karena terjadinya perubahan hormon. Saat hamil, tubuh akan melepaskan hormon yang akan mengakibatkan ligamen di daerah panggul melunak dan sendi menjadi longgar untuk persiapan proses persalinan; pergeseran pada sendi dan mengendurnya ligamen ini dapat mempengaruhi beban kerja dari tulang belakang, apabila hal ini tidak ditoleransi dengan baik, maka terjadilah sakit pinggang saat hamil.

2. Pusat gravitasi

Yang dimaksud pusat gravitasi disini bukanlah pusat gravitasi bumi, melainkan titik tengah kehamilan yang akan maju seiring dengan bertambah besarnya rahim dan pertubuhan janin, yang menyebabkan postur tubuh menjadi berubah.

3. Berat badan bertambah

Berat badan bertambah juga menjadi salah satu penyebab sakit pinggan saat hamil. Hal ini memang wajar dan lumrah karenabeban badan akan bertambah sehingga beban pada otot-otot pinggang dan tulang belakang sehingga pada batas-batas tertentu ini dapat menyebabkan sakit pinggang selama hamil.

4. Postur atau posisi tubuh

Postur tubuh serta posisi tubuh saat beraktivitas juga dapat mengakibatkan sakit pinggang. Postur yang buruk, berdiri berlebihan, dan membungkuk dapat memicu atau meningkatkan rasa sakit yang Anda alami pada punggung.

5. Stres

Penyebab sakit pinggang saat hamil yang terakhir adalah karena stress. Stres biasanya terakumulasi di daerah yang lemah dalam tubuh, dan karena sedang terjadi perubahan di daerah panggul, maka stres dapat memicu peningkatan rasa nyeri pada punggung.
Sakit pinggang saat hamil

Sakit pinggang saat hamil

Nah, itu dia beberapa penyebab sakit pinggang saat hamil yang harus anda ketahui, sekarang simak bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab sakit pinggang saat hamil, ikuti beberapap tips mengatasinya berikut ini:

1. Kenakan Sepatu yang Tepat

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil yang pertama adalah dengan menggunakan sepatu yang tepat. Sepatu hak tinggi (high heels) dapat menciptakan tekanan pada tulang belakang dan sendi panggul Anda. Sedangkan, flat shoes juga bukanlah jawaban. Penggunaan sepatu yang tepat dapat mencegah Anda mengalami sakit pinggang saat hamil, karena posisi kaki yang buruk selain dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh Anda juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada pinggang Anda.

2. Perhatikan Postur Tubuh Anda

Ibu hamil juga sebaiknya memperhatikan postur tubuh selama masa kehamilan. Bersamaan dengan tumbuh dan berkembangnya janin yang ada di dalam perut Anda, panggul Anda akan semakin tertekan. Saat Anda sedang hamil, tubuh Anda sedang tidak dalam kondisi yang seimbang dikarenakan oleh berat bayi yang ada di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, perhatikan postur tubuh Anda. Saat berdiri, berdirilah dengan tegak dan dada tegap dan sedapat mungkin hindari berdiri terlalu lama.

3. Penuhi Kebutuhan Kalsium

Saat hamil, anda sebaiknya juga mengatur pola makan teratur serta yang bernutrisi tinggi. Tulang dan tubuh membutuhkan kalsium lebih banyak, konsumsi makanan yang mengandung kaya akan kalsium untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang Anda. Selain itu, penuhi asupan cairan yang banyak dibutuhkan oleh tubuh Anda selama hamil. Minumlah air putih setidaknya delapan gelas sehari.

4. Lakukan Olahraga Ringan Secara Rutin

Masa hamil bukanlah saat bermalas-malasan, karena anda tetap harus melakukan olahraga, namun olahraga ringan saja. Tahukah anda, dengan melakukan aktivitas fisik ringan yang teratur juga dapat meredakan sakit pinggang yang Anda derita selama kehamilan. Berjalanlah ringan keliling kompleks di setiap pagi. 

5. Tidur Menyamping

Posisi tidur bumil sebaiknya menyamping ke kanan, hindari tidur telentang, hal ini dikarenakan posisi tidur seperti ini selain tidak nyaman juga sangatlah tidak baik bagi Anda maupun bayi Anda. Tidurlah dengan posisi menyamping dan letakkan bantal di antara lutut Anda untuk mengurangi ketegangan yang ada pada panggul dan punggung bawah Anda.

Akan lebih baik lagi kalau anda menggunakan bantal khusus bumil. Jika tidur menyamping membuat pinggang Anda semakin terasa sakit, dekatkan bantal hamil pada punggung Anda untuk mengurangi tekanan pada pinggang Anda selama tidur. Bantal hamil terbaik untuk posisi ini adalah bantal hamil U karena bisa mengcover punggung anda dengan baik.

6. Akupunktur

Akupuntur bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit pinggang saat hamil. Akupuntur ini bisa mengurangi rasa sakit di sekitar pinggang bumil. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa akupunktur tepat bagi Anda, dan kemudian carilah seorang terapis akupunktur yang bersertifikat dan memiliki pengalaman dengan wanita hamil.

7. Pijatan

Pijatan ringan bisa menjadi solusi mengatasi sakit pinggang yang anda derita. Pijatan ini harus dilakukan secara perlahan dan lembut agar tidak semakin membuat pinggang Anda terasa sakit. Selain itu, Anda juga dapat berendam di dalam air hangat atau letakkan botol yang telah diisi oleh air hangat pada pinggang Anda, untuk meredakan sakit pinggang yang Anda derita.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Lainnya

  • Ketika ingin mengambil sesuatu yang berada di bawah jangan membungkukkan badan, tetapi lakukanlah gerakan jongkok pada sendi lutut dan pinggul.
  • Istirahat cukup. Bagi ibu hamil hindarilah aktifitas fisik yang berat, hanya lakukan rutinitas yang penting-penting saja untuk meminimalisir kelelahan dan rasa sakit pada pinggang.
  • Hindari terlalu cepat berdiri dari posisi duduk atau berbaring.
  • Jalan kaki adalah olahraga termudah untuk mengurangi sakit pinggang ibu hamil. Jadikan aktivitas ini sebagai bagian dari rutinitas harian.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit pinggang saat hamil yang mesti anda waspadai semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih banyak lagi bumil yang terbatu.

Baca juga 24 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Leave a Reply