Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan Akut dan Kronis

Sakit Pinggang Sebelah Kanan – Anda mengalami nyeri pinggang sebelah kanan? Nyeri atau sakit pinggan sangat banyak dialami oleh mereka yang bekerja “berat”. Sakit pinggang ini juga cukup mengganggu, bahkan jika sakit pinggang sedang kumat, biasanya tidak banyak yang bisa kita lakukan.

Sakit pinggang sebelah kanan bisa menjadi indikasi bahwa anda mengidap penyakit tertentu, seperti ginjal atau empedu bermasalah. Untuk jenis sakit pinggang sendiri terbagi menjadi 2 kategori. 2 Kategori ini didasarkan pada lamanya rasa sakit tersebut dialami.

Jenis Sakit Pinggang

Jenis sakit pinggang tersebut yaitu sakit pinggang akut dan sakit pinggang kronis. Sakit pinggang akut biasanya berlangsung hanya beberapa hari saja, atau dalam waktu beberapa minggu. Sedangkan sakit pinggang kronis bisa berlangsung hingga beberapa bulan dan lebih dari 3 bulan.

Jika sakit pinggang sedang datang biasanya kita akan kesulitan untuk beraktivitas bahkan akan sakit sekali untuk berdiri. Rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk membuat kita hanya bisa berbaring lemah. Perlu anda ketahui, biasanya gejala sakit pinggang kronis ini terjadi di daerah otot yang terasa menusuk atau nyeri, seperti timbulnya keterbatasan gerak, hingga kesulitan berdiri. Bahkan, sakit pinggang ini bisa menjalar hingga ke daerah lainnya.

Nah, kira-kira apa saja penyebab sakit pinggang sebelah kanan tersebut? Berikut ini kemungkinan-kemungkinan yang muncul jika anda mengalami sakit pinggang yang berhasil CekSehat.com rangkum.

Sakit pinggang sebelah kanan

Sakit pinggang sebelah kanan

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan. Beberapa kondisi yang memungkinkan munculnya sakit pinggang sebelah kanan yang harus anda ketahui diantaranya adalah:

1. Penyempitan tulang belakang

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang pertama adalah karena adanya penyempitan tulang belakang. Penyempitan ini diakibatkan karena artitis yang terkait dengan kian bertambahnya usia seseorang. Sakit pinggang sebelah kanan yang dirasakan akibat kondisi ini biasanya akan kian menjadi saat beraktivitas. Rasa sakit ini akan reda saat penderitanya beristirahat.

2. Ginjal yang bermasalah

Nah ini dia salah satu penyebab pinggang sebelah kanan terasa sakit menusuk-nusuk. Letak ginjal yang berada tepat di pinggang membuat bagian ini takkan bisa bebas dari rasa sakit saat ginjal mengalami infeksi atau batu ginjal. Jika ginjal bagian kanan yang menderita sakit, maka pinggang bagian kanan juga akan merasakan sakit, demikian juga sebaliknya. Biasanya, sakit yang menyerang pinggang dikarenakan penyakit di ginjal sudah akut atau kronis.

3. Cidera

Cidera akibat semakin bertambahnya usia memang kerap menjadi pemicu terjadinya sakit pinggang. Sebagaimana kita ketahui, persendian pada tulang belakang seseorang terutama bagian piringannya rentan cedera. Jika piringan sendi ini cedera, maka ia akan menekan syaraf yang ada di sekitarnya sehingga memunculkan rasa sakit.

Cedera ini biasanya dirasakan saat seseorang mengangkat beban berat berlebihan. Sakit pinggang sebelah kanan yang diakibatkan oleh cedera ini bisa berlangsung hingga tiga hari.

4. Tegang Otot

Anda sering melakukan gerakan secara tiba-tiba? Atau mengangkat barang berat pada posisi yang salah? Ini bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya sakit pinggang. Rasa sakit pinggang dapat terjadi secara tiba-tiba dan intens atau mungkin meningkat secara bertahap.

5. Trauma pada otot

Selain karena cidera, sakit pingga juga dapat disebabkan oleh trauma pada otot. Gejala yang bisa menjadi pertanda terjadinya trauma jenis ini adalah kram otot dan kejang otot yang terjadi mendadak tanpa bisa dikendalikan.

Kesulitan lain yang akan timbul akibat kondisi ini adalah terbatasnya aktivitas yang bisa dilakukan. Pinggang akan susah diajak kompromi saat hendak berjalan, berdiri, dan membungkuk. Olahraga terlalu keras bisa juga menjadi penyebabnya.

6. Linu panggul

Tekanan atau iritasi pada syaraf siatik juga menjadi salah satu pemicu timbulnya sakit pinggang. Syaraf siatik merupakan syaraf dengan ukuran paling panjang dalam tubuh yang menjalar melalui punggung, panggul, bokong, hingga ujung kaki.

7. Empedu bermasalah

Selain ginjal bermasalah, empedu yang kurang sehat juga dapat memicu timbulnya nyeri pinggang, empedu sendiri merupakan bagian dari hati yang salah satu fungsinya untuk mencerna lemak dalam tubuh. Letak empedu ada di perut atas bagian kanan. Jika bermasalah maka dapat mengakibatkan rasa sakit sekitar pinggang kanan.

8. Herpes Zoster

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang terakhir adalah karena penyakit herpes zoster. Penyakit ini sendiri biasanya menyerang saraf, bisa jadi syaraf pinggang sebelah kanan yang sedang terganggun. Gajala yang muncul biasanya seperti nyeri, panas, terkadang disertai rasa kesemutan yang biasanya menjalar sampai perut sesuai jalur saraf dan tak lama kemudian timbul kelainan pada kulit berupa gelembung cairan yang bergerombol. Ciri khas dari herpes zoster ini hanya menyerang sebelah tubuh yakni kanan saja atau kiri saja.

Cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan (Akut)

Berikut ini beberapa cara menghilangkan sakit pinggang sebelah kanan jangka pendek yang bisa anda lakukan:

1. Terapi panas dan dingin

Pengobatan sakit pinggang akut yang bisa anda lakukan adalah melakukan terapi panas dingin. Anda bisa mandi air panas, atau menempelkan botol berisi air panas di pinggang. Cara ini terbutki dapat meredakan sakit pinggang anda. Selain dengna air panas, anda juga bisa mengkompres pinggang yang nyeri dengan menggunakan air dingin, atau es batu. Namun, jangan menaruh es langsung ke kulit karena dapat menyebabkan luka bakar dingin. Jadi bungkuslah es batu dengan kain sebelum menggunakannya.

2. Atur Posisi tidur

Posisi tidur juga dapat meredakan sakit pinggang sebelah kanan, ikuti tips berikut:
  • Jika Anda tidur miring, maka tariklah kaki (menekuk) sedikit ke arah dada dan menempatkan bantal di antara kaki.
  • Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut. Hal ini akan membantu mempertahankan kurva normal punggung bawah.

3. Relaksasi

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, salah satu penyebab nyeri pinggang adalah karenan otot tegang, maka dari itu cobalah untuk melakukan rileksasi, rilekskan pikiran dan jiwa anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu berprasangka atau berfikir positif meskipun sakit cenderung akan pulih lebih cepat dan menghindari sakit pinggang jangka panjang.

4. Tetap Aktif

Tetap aktif ternyata dapat mengatasi sakit pinggang, misalnya dengan jalan-jalan, jogging atau terus bergerak. Jangan duduk terus menerus dalam wakti yang lama. Orang-orang yang tetap aktif cenderung pulih lebih cepat. Ini mungkin sulit pada awalnya jika sakit parah, tetapi cobalah untuk bergerak secepat yang Anda bisa, namun lakukan sedikit-sedikit secara bertahap.

5. Latihan dan gaya hidup

Tips mengatasi sakit pinggang jangka pendek selanjutnya adalah dengan terus menjaga pola makan sehat dan teratur. Olahraga teratur dan aktif setiap hari akan membantu menjaga punggung tetap kuat dan sehat. Kegiatan seperti berjalan kaki, berenang dan yoga adalah pilihan populer. Pilihlah yang menyenangkan buat Anda

6. Obat Sakit Pinggang

Cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Asetaminofen atau Parasetamol merupakan obat bebas yang dapat membantu meredakan nyeri pinggang ringan, obat lainnya yang termasuk golongan non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID), seperti ibuprofen akan lebih efektif meredakan sakit pinggang.
Anda harus mengkonsumsi obat tersebut dengan bijak, perhatikan aturan pakainya. Obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat, seperti kodein (Harus dengan resep), juga merupakan obat pilihan dan terkadang dikombinasikan dengan parasetamol. Jika sakit pinggang disebabkan oleh spasme atau kejang otot, dokter akan meresepkan diazepam dalam penggunaan yang singkat.

Cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan (Kronis)

Jika anda mengalami sakit pinggang kronis berbulan-bulan seperti yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini beberapa cara mengobatinya dengan herbal serta medis yang bisa anda lakukan:

1. Daun dewa

Jika anda sudah menderita sakit pinggang sebelah kanan berbulan-bulan, cobalah herbal daun dewa. Ramuan herbal daun dewa berkhasiat untuk mengobati sakit pinggang sebelah kanan yang anda derita. Hal ini dikarenakan daun dewa mengandung minyak atsiri, saponin dan juga senyawa flavonoid.

Berikut ini cara meracik herbal tersebut:

  • Sediakan 30 gram daun dewa, 25 gram daun baru china, 30 gram temulawak, dan 500 ml air.
  • Rebus campuran ramuan tadi setelah dibersihkan ke dalam 500 ml air, hingga tersisa setengahnya.
  • Kemudian saring, dan minum ramuan selagi hangat.

2. Jahe merah

Selain daun dewa, jahe merah juga bisa kita gunakan untuk mengobati sakit pinggang sebelah kanan secara alami, Hal ini dikarenakan jahe merah mengandung zingeron, gingerol dan shogaol yang dapat mengobati sakit pinggang sebelah kanan dengan cepat.

Cara membuat ramuan herbalnya yaitu:

  • Sediakan 25 gram temulawak hitam, 25 gram jahe merah segar, 30 gram daun dewa, 30 gram akar sawi langit, dan 600 ml air.
  • Bersihkan semua bahan kemudian rebus ke dalam 600 ml air.
  • Didihkan hingga tersisa setengahnya, lalu saring airnya dan minum secara teratur.

3. Buah takokak

Buah takolak juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan yang sudah kronis. Berikut ini cara membuat herbal tersebut:

  • Sediakan 100 gr buah takokak segar, 20 gram jahe merah, 30 gram rambut jagung, 10 gram adas, dan 600 ml air.
  • Rebus campuran diatas dalam 600 ml air.
  • Lalu, didihkan hingga tersisa setengahnya dan saring. Minum air ramuan tadi selagi hangat.

4. Akar ilalang

Akar ilalang selain bermanfaat untuk meningkatna sistem kekebalan tubuh juga dapat kita gunakan sebagao obat sakit pinggang sebelah kanan secara alami. Caranya yaitu dengan mengambil akar ilalang secukupnya, lalu rebus hingga mendidih. Kemudian, minum air rebusan akar ilalang setelah dingin. Lakukan secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

5. Akupunktur

Teknik pengobatan akupuntur ini juga sudah sejak lama digunakan untuk mengobati skait pinggang sebelah kanan dengan cepat. Teknik pengobatan cina kuno ini menggunakana jarum-jarum halus yang kemudian ditusukkan pada titik-titik yang berbeda dalam tubuh. Akupunktur telah terbukti membantu mengurangi sakit pinggan, namun terapi ini memakan waktu yang cukup lama, hingga 10 sesi selama periode sampai dengan 12 minggu.

6. Terapi Manual

Anda juga bisa melakukan terapi manual untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan, diantaranya seperti manipulasi, mobilisasi dan pijat, biasanya dilakukan oleh ahli tulang, ahli osteopati atau fisioterapis. Terapi manual itu harus mencakup sampai sembilan sesi selama periode sampai dengan 12 minggu.

7. Antidepresan

Cara mengatasi sakit pinggang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat yang direkomendasikan dokter. Jika obat penghilang rasa sakit tidak mempan, Anda mungkin akan diresepkan antidepresan trisiklik (TCA), seperti amitriptyline . TCA awalnya ditujukan untuk mengobati depresi, tetapi juga efektif untuk mengobati beberapa kasus sakit yang persisten, termasuk sakit pinggang yang membandel.
 
Bagaimana? Kini sudah jelas bukan apa saja penyebab sakit pinggan sebelah kanan? Jika sudah jelas, kini kita bisa mencegahnya sejak dini atau minimal meminimalisir tingkat keparahannya. Jika kita sudah mengidap sakit pinggang sebelah kanan ini, kita juga bisa mengobatinya dengan benar seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Sebaiknya komunikasikan dengan dokter jika sakit terus berlanjut. Baca juga 11 Ramuan Herbal Sakit Pinggang yang Terbukti Ampuh

Leave a Reply