Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami

Sariawan di Lidah –  Mulut, gigi dan lidah merupakan organ pencernaan yang harus kita jaga kesehatannya, karena makanan yang masuk ke mulut bisa saja membawa bakteri atau benda asing yang dapat merusak fungsi organ tersebut.

Salah satu gangguan kesehatan mulut, lidah dan bibir adalah sariawan. Sariawan di lidah sendiri adalah infeksi pada bagian lidah yang disebabkan oleh jamur. Sariawan dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti luka berselaput  keputih-putihan. Tak hanya di lidah, sariawan juga dapat timbul di pipi bagian dalam, gusi, amandel, hingga bagian belakang tenggorokan.

Meskipun tidak membahayakan, namun sariawan di lidah sangat menggangu, terutama saat makan dan berbicara. Bagi kita yang memiliki daya tahan tubuh rendah, biasanya untuk sembut butuh waktu yang cukup lama. Semakin lama kita terkena sariawan, maka akan semakin tersiksa saat makan, apalagi saat makan pedas, rasanya seperti di sayat-sayat.

Sariawan di Lidah

Sariawan di Lidah

Sariawan di Lidah

Kali ini CekSehat.com akan berbagi tips cara mengobati sariawan di lidah secara alami. Namun sebelum kita lihat bagaimana cara mengatasi sariawan di lidah, alangkah lebih baik kalau kita tahu apa saja pemicu timbulnya sariawan itu.

Penyebab Sariawan di Lidah

Berikut ini beberapa penyebab sariawan yang mesti kita waspadai:

Sariawan atau dalam bahasa kedokteran dimaksud dengan Stomatitis, yakni satu pembengkakan atau peradangan yang berlangsung di daerah seputar mulut serta lidah. Langkah menyembuhkan sariawan yang efisien dimulai dengan mengetahui pemicu terjadinya sariawan itu, sebagai berikut :

  • Penyebab sariawan di lidah yang pertama adalah karena tidak senagaj menggigit lidah baik itu saat berbicara, atau saat sedang makan.
  • Penyebab sariawadi lidah yang kedua adalah karena kekurangan zat besi, Vitamin B 12 serta Vitamin C melindungi kesehatan mulut
  • Selain kekurangan nutrisi, sariawan di lidah juga dapat disebabkan oleh produk pembersih mulut yang tidak pas seperti pasta gigi, mouthwash atau bulu sikat gigi
  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu asam dan pedas juga dapat memicu terjadinya sariawan.
  • Efek virus. Sariawan ini diakibatkan oleh berapa wujud virus yang ada didalam badan, terhitung kasus-kasus privat seperti yang sebabkan demam pada kelenjar, herpes serta penyakit mulut yang lain.
  • Efek bakteri. Sariawan model ini kebanyakan gemar berjalan andaikan seorang menanggung derita sakit tenggorokan atau penyakit lain yg diakibatkan oleh bakteri.
  • Efek jamur. Sariawan ini timbul kala seorang miliki sistim kekebalan badan yang amat rendah atau problem kesehatan yang lain yang kemungkinan butuh pemanfaatan antibiotik dosis tinggi.
  • Non-infeksi. Yang menimbulkan paling kebanyakan merupakan terjadinya luka di mulut yang berulang, walaupun tidak didapati dikarenakan tetapi kebanyakan dapat hilang dalam tempo 2 minggu.
  • Penyebab sariawan di lidah yang terakhir adalah karena ada masalah dalam sistim pencernaan, kekurangan vitamin, riboflavin, miacin serta B12.

Nah, itu dia beerapa penyebab sariawan di lidah yang mesti anda ketahui, selanjutnya mari kita simak bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Berikut ini adalah cara-cara alami untuk mengobati sariawan yang anda derita:

1. Air Kelapa

Cara mengatasi sariawan di lidah yang pertama adalah dengan menggunakan ari kelapa hijau. Pakai untuk kumur serta dapat pula ditelan. Ini merupakan cara mengobati sariawan yang paling mudah sekaligus enak tapi juga ampuh.

2. Minum yogurt

Yogurt menolong keseimbangan bakteri di mulut serta badan. Hal tersebut dapat mempercepat pengobatan serta menolong menghindar sariawan. Buat rasakan akhirnya, yakinkan yogurt memiliki kandungan acidophilus hidup.

3. Kopi Bubuk

Anda hobi ngopi? Ternyata kopi bubuk bisa kita manfaatkan untuk mengatasi sariawan di lidah dengan cepat. Caranya ambillah sedikit bubuk kopi lalu berikan di bagian yang sariawan, biarlah berapa menit, lalu kumurlah dengan air bersih. Sampai pulih. Insaalah dapat pulih lebih kurang 2 – 3 hari.

4. Berkumur dengan air garam

Tips mengatasi sariawan di lidah selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan air hangat yang di gabung garam tiga kali sehari sanggup mengobati luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam sanggup menarik cairan pada luka sariawan jadi sanggup mempercepat pengobatan.

5. Jambu Air

Jambu air juga bisa kita gunkan untuk mengatasi sariawan di lidah secara alami. Caranya ambillah kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang tetap muda), bersihkan serta tumbuk halus makin 1/2 gelas air masak, saring. Pakai air saringan itu untuk kumur.

6. Basuh mulut dengan obat tradisional

Basuh mulut dengan satu diantara dari berapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, juice plum, tea tree oil serta air hangat dengan garam.

7. Daun Kemangi serta Kunyit

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan daun kemangi. Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi serta air minum. Cara barusan efisien untuk meredakan nyeri sariawan serta selekasnya mengobati. Dapat juga mengulaskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit di gabung dengan satu sendok teh gliserin. Berikan pasta ini di bagian luka.

8. Tomat

Cara mengatasi Sariawan yang selanjutnya yaitu memanfaatkan tomat. Makan tomat mentah sebagai obat untuk menanggulangi sariawan. Atau dapat pula, kumur memakai juice tomat.

9. Bawang serta pepaya

Menggunakan segera obat ke luka sariawan bisa juga mempercepat sistem pengobatan. Pakai bawang mentah, pepaya atau kantong teh segera pada luka sariawan.

10. Baking soda

Obat sariawan alami yang berikutnya dengan menggunakan baking soda. Campur baking soda dengan air yang jadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda dapat menolong melenyapkan bakteri didalam mulut serta kurangi rasa sakit.

11. Temulawak

Temulawak banyak digunakan pada ramuan jamu tradisional, terutama untuk jamu penambah nafsu makan. Tapi ternyata rimpang ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Bahannya adalah satu buah rimpang temulawak, iris tipis, satu buah asam jawa dan sedikit gula aren. Rebus dengan 2 gelas sampai airnya menyusut setengahnya. Saring dan minum 2 kali sehari.

12. Kaki kuda, pegagan, antanan

Ketiga nama tersebut merujuk pada jenis tanaman yang sama dan dapat digunakan untuk obat sariawan. Sediakan satu genggam daun taman kering, kemudian direbus selama 15 menit dan airnya diminum. Selain ampuh mengatasi sariawan ramuan ini juga berkhasiat untuk obat disentri, sakit perut, radang usus, batuk dan peluruh air seni.

13. Temu kunci

Rimpang temu kunci secukupnya, cuci bersih kemudian dikunyah-kunyah dan telan. Bentuk rimpang temu kunci agak berbeda dari rimpang lainnya seperti temulawak, jahe, lengkuas, dsb. Kalau dilihat-lihat lebih mirip wortel yang tumbuhnya vertikal ke bawah.

14. Delima putih

Buah delima secara garis besar dibedakan menjaid ua berdasarkan warnanya, yaitu delima putih dan delima merah. Delima putih bisa digunakan sebagai obat untuk sariawan. Caranya 2 buah delima putih diambil bijinya tumbuk hingga halus. Rendam dalam segelas air selama 2 hari, gunakan untuk berkumur.

15. Kembang sepatu

Daun bunga sepatu direbus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring lalua airnya diminum. Baca juga manfaat kembang sepatu yang lainnya.

16. Daun sirih hijau

Dua lembar daun sirih hijau dibersihkan lalu dikunyah hingga lumat di mulut. Biarkan sebentar lalu buang. Jangan dimakan yah. Baca juga manfaat daun sirih untuk kesehatan.

17. Daun jambu biji

Salah satu manfaat daun jambu biji adalah mengobati sariawan. Caranya mudah, sediakan segenggam daun jambu biji serta sepotong kulit batangnya, cuci bersih. Rebus dengan satu liter air bersih hingga tersisa kurang lebih satu gelas. Setelah dingin airnya disaring lalu diminum sekaligus.

18. Mentimun

Mungkin tak banyak yang tahu bagaimana cara mengobati sariawan dengan mentimun . Kebanyakan orang mengetahui kegunaan mentimun sebagai masker wajah atau penurun tekanan darah tinggi. Ambil mentimun yang sudah tua tapi masih segar. Cuci bersih, iris-iris lalu dimakan. Habiskan 2 buah mentimun setiap harinya.

19. Tanaman adas

Siapa yang menyangka kalau tanamn adas juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan tradisional ayng super ampuh. Cara membuat ramuannya adalah 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, semua dihaluskan. Beri sedikit garam lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin airnya diminum, tapi jangan langsugn ditelah ke kerongkongan. air harus membasahi bagian mulut yang terkena sariawan. Ramuan herbal ini juga dapat mengetasi baumulut.

20. Asam jawa

Obat sariawan yang terakhir adalah daun asam jawa dan kunyit. Keduanya direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan gula enau. Airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore setelah makan. Lakukan secara rutin biar cepat sembuh.

Perawatan di Rumah

Beberapa cara berikut dapat dilakukan sendiri di rumah untuk membantu meringankan rasa sakit akibat sariawan di lidah.

  • Menyikat gigi dua kali sehari. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut. Jika perlu, gunakan benang gigi atau dental floss satu kali setiap hari. Sering-seringlah mengganti sikat gigi saat terkena infeksi jamur. Hindari penggunaan sikat gigi bersama dengan orang lain, meskipun kerabat atau pasangan sendiri.
  • Jangan gunakan obat kumur atau spray. Hal ini untuk menghindari perubahan suasana untuk pertumbuhan flora normal mulut, kecuali sesuai rekomendasi dokter untuk obat kumur tertentu.
  • Berkumur dengan air garam. Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Kemudian berkumur beberapa saat dan buang. Anda dapat berkumur dengan air garam ini beberapa kali dalam satu hari.
  • Konsumsi minuman dingin atau jus. Jika sariawan terasa sakit saat Anda minum, maka gunakan sedotan.
  • Pilih makanan yang tidak perlu banyak dikunyah. Misalnya, makanan lembut, agar-agar dan es krim.
  • Yogurt tanpa pemanis. Untuk mengembalikan tingkat bakteri baik dalam tubuh, konsumsi yogurt tanpa pemanis yang mengandung lactobacillus acidophilus. Ataupun, dapat diminum dalam bentuk kapsul.
  • Batasi asupan gula dan produk yang mengandung ragi. Seperti roti, bir, serta wine yang dapat mendorong perkembangan jamur.

Memang, sariawan bisa sembuh dengna sendiri, namun tentu saja membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang kita lakukan tindakan pengobatan, apalagi kalau daya tahan tubuh kita terbilang lemah, maka membutuhkan waktu yang sangat lama sekali. Biasanya sariawan bisa smebuh sendiri dalam waktu 10 – 14 hari.

Demikianlah informasi seputar penyebab dan cara mengobati sariawan di lidah secara alami dari kami, semoga bermanfaat untuk anda semua, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya agar lebih banyak orang yang terbantu. Baca juga 34 Manfaat Jamu Kunyit Asam yang Sangat Luar Biasa

One Response to “Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami”
  1. rukman August 25, 2017

Leave a Reply