Syarat Donor Darah yang Wajib Anda Ketahui

Syarat Donor Darah – Kegiatan donor darah yang sering dilakukan untuk menolong seseorang yang kekurangan darah merupakan suatu sikap yang wajib dicontoh. Dengan memberikan sumbangan darah maka akan membantu penyembuhan seseorang.

Tapi sebenarnya donor darah bukan hanya bermanfaat bagi orang lain tapi juga bermanfaat bagi tubuh kita. saat melakukan donor darah maka sel darah akan diganti dengan sel darah yang baru hal tersebut juga akan menyehatkan tubuh kita atau tubuh si pendonor.

Donor darah bukan hanya bisa dilakukan ketika ada seseorang yang membutuhkan uluran tangan kita tapi ketikan tidak ada yang membutuhkan darah maka kita juga bisa melakukan donor darah di PMI yang berguna sebagai cadangan darah ketika ada yang membutuhkan dan saat keadaan darurat karena kebutuhan darah memang meningkat setiap tahunnya.

Simak juga: Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia 0-65 Tahun

Tapi sayangnya tidak semua orang bisa melakukan donor darah ada beberapa syarat donor darah yang wajib dipenuhi sebelum melakukan donor. syarat donor darah menjadi hal wajib yang harus dipenuhi ketika anda berniat menyumbangkan darah anda.

syarat donor darah

Syarat donor darah

Ada sebagian orang yang dilarang melakukan donor darah sementara ada juga yang dilarang melakukan donor darah selama-lamanya seperti penderita penyakit yang tidak bisa sembuh seperti penderita HIV/AIDS serta gangguan jantung.

Beberapa Syarat Donor Darah

Meski donor darah merupakan kegiatan mulia namun tidak sembarang orang bisa melakukan donor darah. Darah yang disumbangkan harus dipastikan tidak akan menyebabkan masalah pada si penerima darah serta tidak membahayakan orang yang memberikan darah atau pendonor.

Karena cara ini merupakan cara sosial yang harusnya menguntungkan kedua belah pihak namun ketika ada salah satu yang dirugikan maka donor darah tidak bisa dilakukan. Mari kita lihat beberapa syarat donor darah seperti berikut ini:

1. Berumur di atas 17 tahun

Syarat donor darah yang utama adalah berusia di atas 17 tahun. Umur di atas 17 tahun dianggap sudah matang dalam hal psikis dan motorik. Jadi mereka dianggap telah mampu melindungi tubuh mereka sendiri.

Sedangkan batas usia maksimal pendonor darah adalah 60 tahun. ketika umur telah melampaui usia 60 tahun maka tubuh sudah sangat rentan sehingga dilarang melakukan donor karena ditakutkan akan menyebabkan masalah bagi pendonor darah.

2. Berat badan cukup

Syarat donor darah yang wajib dipenuhi berikutnya adalah memiliki berat badan yang cukup. Berapakah berat badan yang dianggap cukup tersebut? Berat badan dikatakan memenuhi syarat apabila pendonor memiliki berat badan minimal 45 kg.

Ketika berat badan idela tersebut tepenuhi maka kinerja tubuh tidak akan terganggu akibat darah yang akan diambil sekitar 350-400 cc atau sekitar 5 liter. Ketika berat badan tidak mencapai 45 kg ditakutkan tubuh akan mengalami masalah dan tidak dapat bekerja dengan baik.

3. Syarat khusus untuk wanita

Tentunya pria dan wanita diperbolehkan melakukan donor darah tapi syarat yang harus dipenuhi oleh para wanita lebih banyak ketimbang pada pria. Wanita yang ingin melakukan donor darah tidak boleh dalam keadaan hamil dan menyusui.

Ditakutkan ketika wanita sedang hamil akan mengganggu proses persalinan yang membutuhkan banyak darah. Untuk ibu menyusui dilarang karena ditakutkan akan mengganggu kesehatan dan kepentingan bayi.

Ketika anda sudah tidak lagi menyusui maka anda diperbolehkan melakukan donor darah itu berarti anda hanya tidak bisa melakukan donor sementara.

Simak juga: Rahasia Sukses Diet Golongan Darah A, B, AB dan O yang Wajib Anda Ketahui

4. sehat rohani dan jasmani

syarat donor darah yang tak kalah pentingnya yaitu pendonor darah harus dalam keadaan sehat rohani dan jasmani. Ketika tubuh sedang sakit ditakutkan akan menghambat proses penyembuhan.

Ketika rohani terganggu anda juga dilarang melakukan donor darah guna menjaga kepentingan calon pendonor.

5. Tekanan darah normal

tekanan darah calon pendonor juga harus diperhatikan. Batas  tekanan darah adalah 60-100 mmHg untuk tekanan diastol sedangkan tekanan darah sistol harus mencapai 100-170 mmHg. Ketika tekanan darah normal maka akan menurunkan resiko tekanan darah rendah.

6. Jarak donor darah

jarak antar donor darah juga harus diperhatikan. Jarak ideal yang harus diperhatikan adalah 10 minggu. Donor darah juga diperbolehkan dilakukan maksimal 5 kali dalam setahun. Jika jarak tersebut terpenuhi maka anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan tubuh anda.

7. Denyut nadi teratur

saat anda ingin mendonorkan darah tes denyut nadi juga akn dilakukan. Saat denyut nadi teratur maka anda diperbolehkan melakukan donor darah. Tapi ketika denyut nadi tidak normal biasanya anda akan dianjurkan istirahat dan mereleks kan tubuh anda agar denyut nadi menjadi normal. Denyut nadi yang normal berkisar antara 50-100 kali/menit.

8. Kadar hemoglobin normal

Kadar hemoglobin juga menjadi perhatian para dokter yang akan yang bertugas mengambil darah. Kadar hemoglobin yang diperbolehkan melakukan donor darah adalah sekitar >12,5 gr% sampai 17,0 g%.

9. Suhu tubuh normal

Ketika anda demam maka akan dilarang melakukan donor darah. Suhu tubuh yang tinggi akan membahayakan si pendonor. Sebaiknya saat ingin melakukan donor darah suhu tubuh anda berkisar diantara 36,6-37,5 derajat celcius.

10. Tidak mengalami gangguan hemofilia atau pembekuan darah

Ketika anda menderita penyakit pembekuan darah secara otomatis anda dilarang melakukan donor darah

Orang yang dilarang melakukan donor darah

Orang-orang seperti berikut ini dilarang keras mendonorkan darahnya keran darah yang dimiliki dapat mengganggu kesehatan si penerima darah. Orang-orang dengan penyakit ini tidak diizinkan mendonorkan darahnya sebab penyakit yang akan dibawa darah akan mengkontaminasi darah si penerima darah. Berikut beberapa orang yang dilarang melakukan donor darah seperti:

  1. Memiliki gangguan jantung dan paru-paru – Penyakit paru-paru sangat mudah menular sehingga jika anda menyumbangkan darah anda maka penyakit tersebut juga akan menyerang tubuh penerima
  2. Menderita kanker dilarang secara permanen atau dilarang selamanya melakukan donor darah karena darah penderita kanker dianggap tidak memenuhi standar dan akan membuat penderita kanker semakin kesakitan
  3. Penderita darah tinggi atau hipertensi
  4. Penderita diabetes atau kencing manis
  5. Penderita kelainan darah atau dara ubnormal
  6. Menderita penyakit epilepsi atau ayan
  7. Menderita penyakit hepatitis B atau C dengan penyembuhan yang tengah dijalani maka diperbolehkan melakukan donor ketika sudah benar-benar sehat
  8. Mengalami penyakit sipilis
  9. Pengguna narkoba
  10. Penderita HIV/AIDS
  11. Pecandu alkohol namun ketika anda sudah tidak lagi mengkonsumsi minuman beralkohol dan dinyatakan darah anda sudah bersih dari kandungan alkohol itu berarti anda diperbolehkan melakukan donor darah
  12. Penderita asma
  13. Penderita infeksi namun setelah melakukan pengobatan dan dinyatakan sembuh dari infeksi maka diperbolehkan melakukan donor darah
  14. Penderita leukimia
  15. Penderita anemia. Bagaimana penderita anemia akan mendonorkan darahnya sedangkan untuk memenuhi kebutuhan darahnya sendiri saja tidak mampu. Sudah tentu tidak akan mampu menyumbangkan darah ke orang lain.

Itu tadi beberapa syarat donor darah yang wajib dipenuhi. Jika anda tidak memenuhi standar berikut maka secara otomatis anda dilarang melakukan donor darah. Semoga artikel tersebut memberikan informasi dan manfaat bagi anda. Simak juga: 37 Manfaat Donor Darah yang Wajib Anda Ketahui, No 7 Luar Biasa

Leave a Reply