34 Ciri-ciri Anemia yang Patut Anda Waspadai!

Ciri-ciri Anemia – Anemia merupakan penyakit yang diakibatkan kurangnya sel darah merah di dalam tubuh.  selain itu anemia juga bisa terjadi akibat kekurangan hemoglobin meski jumlah sel darah merah normal.

Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. jika sel darah merah kurang maka oksigen ke seluruh tubuh juga akan berkurang akibatnya tubuh akan kekurangan tenaga serta masih banyak lagi ciri-ciri anemia lainnya.

Gangguan anemia ini ada yang tergolong ringan ada juga yang tergolong akut. Anemia ringan bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi penambah darah seperti asam folat, vitamin B12 serta zat besi.

Artikel terkait: 11 Fungsi Vitamin B Kompleks / Complex untuk Kesehatan Tubuh

Untuk anemia akut anemia parah membutuhkan penanganan yang serius bahkan membutuhkan donor darah untuk memenuhi kebutuhan darah. Selain itu pemberian multivitamin penambah darah juga penting dilakukan.

Ciri-ciri anemia sangat beragam mulai dari kehilangan konsentrasi akibat kurangnya pasokan oksigen ke otak hingga wajah yang terlihat pucat akibat tubuh kekurangan darah. Jangan sepelekan penyakit anemia ini sebab anemia akut yang berlangsung sekian lama dapat menyebabkan kerusakan jantung, ginjal dan hati.

Ciri-ciri anemia

Ciri-ciri anemia

Untuk itu mengetahui ciri-ciri anemia dapat membantu kita mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius. Anemia bisa disebabkan karena faktor stres atau juga faktor genetik serta kekurangan nutrisi.

Simak juga: 27 Penyebab Penyakit Anemia yang Harus Anda Waspadai!

Selain itu anemia juga bisa disebabkan karena tubuh mengidap suatu penyakit kronis seperti kanker darah dimana sumsum tulang tidak mampu memproduksi sel darah merah akibat sel darah putih yang tumbuh abnormal.

Ciri-ciri Anemia

Marilah kita lihat beberapa ciri-ciri anemia seperti berikut ini:

1. Pucat bagian dalam kelopak mata

Ciri-ciri anemia juga bisa terlihat dari bagian dalam kelopak mata jika diperhatikan dengan seksama akan terlihat pucat. Cara melihatnya agar terlihat jelas bisa dilakukan dengan cara merenggangkan bagian bawah mata maka akan terlihat bagian bawah berwarna pucat.

Untuk mengatasi masalah anemia ini anda bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi penambah darah seperti asam folat, vitamin B12, serta zat besi. Beberapa sumber nutrisi tersebut bisa anda dapatkan dari beberapa jenis makanan seperti buah, sayur dan daging.

Artikel terkait: Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

2. Cepat lelah

Mudah lelah merupakan ciri-ciri anemia yang paling umum. Rasa lelah ini disebabkan tubuh kekurangan asupan oksigen. Oksigen yang ikut berperan dalam pembakaran lemak sebagai sumber energi.

Jadi kekurangan darah sebagai pengangkut oksigen akan membuat tubuh cepat lelah meski tidak melakukan kegiatan yang berlebihan. Apa lagi jika tubuh digunakan untuk kegiatan fisik yang cukup berat akan menyebabkan tubuh lelah berlebihan.

3. Sakit kepala

Jika anda merasakan tubuh mudah lelah, lalu disertai dengan sakit kepala terus menerus anda harus segera melakukan cek up ke dokter sebab itu bisa mengindikasikan tubuh anda kekurangan darah atau menderita anemia.

Sakit kepala ini juga disebabkan kurangnya asupan oksigen ke otak sehingga akan membuat kepala terasa sakit.

4. Pusing ketika berdiri

Anemia juga menyebabkan anda merasa pusing apalagi ketika anda berdiri atau merubah posisi. Ciri ini juga umum terjadi pada penderita anemia. Anemia juga sering dikaitkan dengan darah rendah sebab cirinya hampir sama.

Rasa pusing ini disebabkan kurangnya pasokan darah dan oksigen ke otak. Jika anda merasa pusing yang berlebihan sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mengatasi anemia yang anda alami dengan mengkonsumsi obat penambah darah.

Baca juga yuk: 17 Penyebab Kepala Pusing yang Wajib Anda Ketahui dan Cara Mencegahnya

5. Mengalami palpasi

Penderita anemia juga mengalami denyut jantung  tidak beraturan atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah palpasi. Palpasi ini menyebabkan kecepatan denyut jantung tidak normal atau terlalu berlebihan.

Atau pada masyarakat awam disebut jantung berdebar, hal ini diakibatkan jantung kekurangan sel darah merah dan oksigen sehingga denyutnya menjadi tidak beraturan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan jantung.

6. Ujung jari berwarna pucat atau putih ketika ditekan

Anemia yang menyebabkan tubuh kekurangan darah ini menyebabkan tubuh menjadi pucat begitu juga dengan ujung jari ketika ditekan akan berubah putih atau pucat akibat kekurangan sel darah merah.

Pada kondisi normal ujung jari ketika ditekan tetap berwarna merah. Kondisi abnormal harus segera diatasi agar tidak menyebabkan komplikasi yang lebih serius yang dapat berujung kematian.

7. Sesak napas

Anemia juga berpengaruh pada organ paru-paru dimana kekurangan sel darah merah dan asupan oksigen akan menyebabkan sesak napas. Apa lagi jika anda habis melakukan kegiatan berat akan terasa sesak napas yang berlebihan.

Hal ini perlu diwaspadai sebab jika terjadi terus menerus tanpa pengobatan bisa menyebabkan kerusakan pada organ paru-paru.

8. Merasa mual

Salah satu ciri-ciri anemia adalah merasa mual terutama ketika bangun tidur. Dalam dunia medis hal ini dikenal dengan istilah morning sickness.

9. Menurunnya sistem imun

Anemia juga menyebabkan sistem imun ikut menurun, hal ini disebabkan karena kurangnya asupan energi akibat asupan oksigen yang tidak terpenuhi. Menurunnya sistem imun akan membuat tubuh  mudah terserang penyakit dan akan lebih mudah lelah

Untuk meningkatkan kembali sistem imun dan jumlah sel darah merah anda bisa mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi sebagai asupan penambah darah seperti asam folat dan zat besi. Untuk mempercepat penambahan darah dan energi anda bisa mengkonsumsi jenis daging-dagingan seperti daging kambing.

10. Rambut rontok

Penderita anemia juga menyebabkan rambut dan kulit kepala kekurangan nutrisi sehingga rambut akan mengalami penipisan dan mudah rontok. Selain itu anemia juga menyebabkan rambut mengalami kerapuhan jadi selain rontok rambut juga akan mudah patah.

Anemia yang identik dengan kekurangan nutrisi ini juga turut mempengaruhi bagian tubuh lain salah satunya rambut.

11. Kuku rapuh

Jika anda memiliki kuku rapuh serta berbagai gejala lain seperti yang ditunjukkan di atas sebaiknya segera lakukan pengobatan dan penanganan sebab itu bisa menajdi ciri-ciri anemia yang cukup berbahaya.

Kerapuhan kuku bisa akibat dari kekurangan nutrisi. Selain menyebabkan rambut rontok, kekurangan nutrisi akibat anemia juga menyebabkan kuku menjadi rapuh sehingga akan mudah patah dan pecah-pecah.

12. Mata berkunang-kunang

Kurang darah juga bisa ditunjukkan dengan mata sering berkunang-kunang.  Terutama ketika habis berjalan jauh atau melakukan kegiatan fisik yang menguras banyak tenaga. Namun untuk anemia akut mata berkunang-kunang bisa terjadi tanpa sebab yang jelas.

13. Pucat

Penderita anemia akan terlihat pucat terutama pada bagian wajah. Hal ini disebabkan karena kurangnya jumlah sel darah merah di dalam tubuh. setelah melihat ciri-ciri anemia yang ditunjukkan tubuh maka diperlukan pengecekan darah ke dokter untuk memastikan adanya gejala anemia atau kurang darah lalu penanganan bisa segera dilakukan.

14. Telinga mendenging

Jika anemia terjadi pada sistem syaraf maka bisa menyebabkan telinga mendenging. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Oleh sebab itu jaga kondisi tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari agar terhindar dari anemia dan penyakit lainnya.

15. Elastisitas kulit menurun

Elastisitas kulit menurun bukan hanya disebabkan produksi kolagen menurun tapi juga bisa disebabkan gejala anemia yang menyerang bagian epitel. Ciri-ciri anemia yang satu ini cukup menakutkan bukan? Terutama bagi kaum wanita sebab keriput merupakan hal yang paling dihindari.

16. Gangguan haid

Anemia juga bisa menyebabkan siklus haid menjadi terganggu. Darah yang keluarkan juga bisa berkurang drastis.  Selain itu haid juga terjadi tidak beraturan. Kurang darah tentunya akan mengefek pada darah yang keluar saat haid.

17. Kelemahan otot

Anemia juga bisa menyebabkan kelemahan otot atau kehilangan tenaga. Hal ini disebabkan kurangnya pasokan oksigen ke sistem saraf. Oksigen yang turut berperan dalam menghasilkan tenaga atau energi, sehingga otot juga akan kehilangan tenaga atau lemah.

18. Hidung berdarah

Mimisan atau hidung berdarah bisa terjadi pada seseorang yang menderita anemia. Mimisan yang kerap terjadi jangan diabaikan sebab jika tidak ditangani segera maka anemia bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius lagi.

Untuk pertolongan pertama konsumsilah makanan penambah darah seperti buah naga.  Untuk ciri-ciri anemia yang satu ini lebih cenderung pada jenis anemia aplastik. Selain itu anda membutuhkan banyak istirahat ketika terserang anemia agar kondisi tubuh cepat membaik.

19. Gusi berdarah

Selain mimisan, anemia aplstik juga menunjukkan gejala lain yaitu gusi bengkak dan berdarah. Dengan begitu sebaiknya anda lebih berhati-hati ketika menyikat gigi sebab penderita anemia gusinya lebih sensitif dan sering mengeluarkan darah.

Ciri-ciri Anemia Lainnya

Berikut ini ciri-ciri anemia lainnya yang juga sering muncul:

  • Mudah tersinggung
  • Kehilangan konsentrasi
  • Nafsu makan menurun
  • Kaki kesemutan
  • Lidah terasa sakit atau lidah membengkak
  • Rentan terhadap infeksi
  • Nyeri dada
  • Kaki dan tangan terasa dingin
  • Sering menguap
  • Tak mampu berdiri atau duduk terlalu lama
  • Menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan otak
  • Menurunnya produktifitas kerja
  • Menyebabkan pendarahan ketika persalinan dan sebelum persalinan.
  • Mata terlihat luyu atau kurang bersemangat

Demikianlah beberapa ciri-ciri anemia yang dapat menyerang siapa saja. Anemia jangan disepelakan sebab anemia yang berlangsung sekian lama dapat menyebabkan gagal jantung, gagal ginjal dan menurunnya kinerja organ tubuh. semoga bermanfaat. Jangan lewatkan: 11 Cara Ampuh Mengatasi Anemia Sendiri di Rumah!

Leave a Reply