Cara Terapi Air Putih yang Benar, Rasakan Manfaatnya yang Sangat Luar Biasa

Terapi Air Putih – Berbagai lembaga studi melakukan penelitian ilmiah untuk mengetahui apakah terapi air putih yang pertama kali diterapkan di Jepang bermanfaat bagi kesehatan. Ternyata hal itu memang dibenarkan oleh hasil yang mereka peroleh. Yang berhasil membuktikan manfaat minum air putih saat perut kosong.

Terapi air putih setelah bangun tidur memang sedang populer saat ini. Cara ini dijamin ampuh membersihkan usus dari racun serta banyak manfaat luar biasa lainnya. Cara melakukan terapi air putih juga sangat mudah, yaitu anda hanya perlu membiasakan minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus saat bangun tidur tanpa mengkonsumsi makan lainnya.

Terapi air putih dipercaya dapat menyehatkan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya tanpa efek samping berlebihan jika dilakukan dengan benar. Saat melakukan terapi air putih biasanya kita akan mengkonsumsi air dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Biasanya saat masa adaptasi tubuh akan bereaksi terhadap peningkatan jumlah cairan dengan cara buang air kecil terus menerus, namun jika tubuh sudah dapat menyesuaikan diri, intensitas buang air kecil akan berangsur-angsur normal.

Loading...

Buang air kecil saat terapi air putih sebenarnya sangat baik karena racun yang menumpuk pada tubuh terutama usus akan dikeluarkan melalui air seni. Karena mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak juga termasuk detoksifikasi yang dilakukan secara alami.

Manfaat Terapi Air Putih

Manfaat Terapi Air Putih

Melakukan terapi air putih memiliki aturan yang harus anda ikuti jika dilakukan dengan cara yang tidak benar akan mengakibatkan intoksikasi atau kelebihan cairan. Sebelum kita melihat aturan dalam melakukan terapi air putih mari kita lihat kandungan pada air putih.

Kriteria Air Putih yang Baik

Air putih adalah sumber cairan terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh. Air putih juga dapat menyeimbangkan kerja organ dalam tubuh. Dan dapat melakukan terapi air putih yang bertujuan menyehatkan tubuh kita dengan cara mengeluarkan berbagai racun yang bersarang di dalam tubuh.

Namun bukan sembarang air putih yang dapat kita konsumsi atau dijadikan terapi air putih. Air putih yang baik harus memenuhi berbagai kriteria berikut :

  • Tidak berbau : air yang baik adalah air yang tidak memiliki bau seperti bau amis, bau lumpur, bau zat-zat kimia jika air putih anda berbau sebaiknya hindari untuk mencegah terjadinya hal buruk
  • Tidak berwarna : air yang anda konsumsi harus berwarna bening khas air. Hindari air keruh karna banyak terdapat bakteri dan kuman di dalanya yang dapat menyebabkan diare
  • Tidak berasa : jika air putih yang anda minum memiliki rasa yang aneh seperti rasa karatan, rasa tanah sebaiknya anda ganti dengan air lain karena air yang baik adalah air yang tidak memiliki rasa atau tawar
  • Tidak mengandung mikro organisme berbahaya : air yang anda minum juga harus steril bari berbagai kuman dan bakteri yang dapat mengakibatkan kita sakit perut. Cara mensterilkan air putih adalah dengan cara memasaknya sampai mendidih yang mencapai suhu 100 derajah celcius.
  • Tidak mengandung logam berat : logam berat yang mencemari air putih yang anda konsumsi harus anda hindari jiak terus dikonsumsi akan mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker

Beberapa kandungan yang terdapat pada air putih

  • Unsur H2O
  • Ferrum
  • Merkuri
  • Alumunium

Beberapa pembagian air putih menurut zat yang terkandung di dalamnya, adalah:

  • >100 ppm : bukan air minum yang baik
  • 10-100 ppm : air minum yang baik
  • 1-10 ppm : air murni
  • 0 ppm : air organik

Satuan pengukur air yang digunakan adalah ppm (part per milion atau per sejuta) yang dapat diukur menggunakan alat yang bernama TDS meter (Total Dissolved Solid Meter)

Kapan Butuh Air Putih Lebih Banyak?

kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda tergantung keadaan dan aktivitas fisik yang dilakukan. Untuk wanita normal membutuhkan air putih sekitar 2.2 liter perhari, sedangkan laki-laki normal membutuhkan 3 liter air perhari.

Kebutuhan tersebut dapat berbeda untuk setiap orangnya. Beberapa hal yang dapat membedakan kebutuhan air setiap orang sebagai berikut :

  • Hamil dan menyusui : kebutuhan cairan ibu hamil dan menyusui berbeda dengan jumlah cairan yang dibutuhkan wanita normal. Sekitar 10 cangkir atau 2,3 liter untuk ibu hamil, sedangkan ibu menyusui membutuhkan 13 cangkir atau 3,1 liter perhari.
  • Berolahraga : saat olahraga biasanya cairan yang keluar lewat keringat akan lebih banyak, jadi anda perlu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan minum air putih sebanyak 1,5 sampai 2,5 liter sebelum melakukan olahraga. Jika anda merasa haus saat olahraga anda dapat minum air putih seperlunya untuk menghilangkan rasa haus
  • Berada dilingkungan yang bersuhu panas : saat cuaca panas tubuh akan merasa gerah dan meningkatkan suhu tubuh hal itu mengakibatkan banyak keringat yang keluar. Jadi konsumsi air putih yang banyak untuk menurunkan suhu tubuh serta mengganti cairan tubuh yang hilang lewat keringat.
  • Menderita gangguan kesehatan : berbagai penyakit tertentu membutuhkan banyak air putih seperti muntah-muntah, diare, demam, infeksi kandung kemih, dan kencing batu.

Hati-hati Kelebihan Cairan

Mengkonsumsi air putih sangat baik untuk memenuhi cairan tubuh yang berfungsi menyeimbangkan kerja organ dalam tubuh dan menjaga kesehatan tubuh. Namun mengkonsumsi air putih dalam jumlah berlebihan juga akan mengganggu kesehatan. Berikut beberapa gangguan yang disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi air putih:

  1. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang terlalu banyak atau melebihi jumlah air yang dibutuhkan akan mengganggu kerja jantung karena kelebihan air dapat meningkatkan volume darah hal itu mengakibatkan sistem pembuluh darah menutup. Meningkatnya tekanan darah dan menutupnya pembuluh darah akan mengganggu kerja jantung.
  2. Mengkonsumsi air terlalu banyak juga dapat mengganggu dan memberatkan kerja ginjal dalam menyaring cairan yang masuk ke tubuh. Jadi konsumsi air secukupnya agar kita tidak membebani ginjal untuk bekerja semakin keras. Sistem penyaring pada ginjal seperti glomerulus juga dapat kehilangan fungsinya yaitu menyaring nutrisi karena kerja yang terlalu berat dapat membuatnya rusak.
  3. Air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar namun jika air yang kita konsumsi terlalu banyak justru akan menumpuk cairan di dalam tubuh yang justru akan menaikkan berat badan kita. Artikel terkait: Rahasia Sukses Diet Golongan Darah A, B, AB dan O yang Wajib Anda Ketahui
  4. Kelebihan cairan juga dapat menyebabkan terjadinya Hiponatraemia yang dapat menyebabkan terjadinya intoksikasi yaitu penurunan kadar garam atau natrium dalam darah. Kadar natrium yang normal berkisar 135-145 milimol per liter. Sedang kadar garam yang terganggu di bawah 135 milimol per liter. Gejala yang ditimbulkan adalah kakit kepala. Hiponatraemia pada pembuluh darah dapat menghambat kerja ginjal yang tidak dapat mengeluarkan cairan dengan cepat. Hal ini mengakibatkan hal yang cukup ber bahaya yaitu cairan yang berlebih dan tidak dapat dikeluarkan dengan cepat akan masuk kesel-sel tubuh yang dapat mengakibatkan pembengkakan. Jika cairan tersebut sampai masuk ke sel-sel otak hal itu akan sangat fatal karna sel otak akan membengkak dan akan mengakibatkan hal yang sangat berbahaya seperti kejang, koma, sistem pernapasan terhenti, batang otak mengalami herniasi. Jika tidak segera ditangani akan berujung kematian.

Cara Melakukan Terapi Air Putih

Setelah kita melihat beberapa hal mengenai air putih dan bahaya mengkonsumsi air terlalu banyak mari kita lihat bagai mana cara menerapkan metode yang baik dan benar melakukan terapi air  putih dan mengetahui jumlah air yang wajar kita konsumsi per harinya, berikut cara melakukan terapi air putih :

  1. Ketika anda bangun tidur di pagi hari sebelum melakukan kegiatan lain sebaiknya anda minum air putih sebanyak 4 gelas dalam satu waktu.
  2. Setelah minum air sebanyak 4 gelas anda boleh melakukan kegiatan lain seperti gosok gigi, menyapu namun jangan mengkonsumsi makan apapun selama 45 menit kedepan
  3. Setelah 45 menit berlalu anda boleh makan dan minum seperti biasa
  4. Setelah makan biasanya kita akan makan buah pencuci mulut. Cara itu harus segera anda tinggalkan karena akan menyulitkan kerja sistem pencernaan yang sedang mencerna makanan utama. Ganti cara lama anda dengan mengkonsumsi buah sebelum makan dan jangan makan atau minum apapun selama 2 jam setelah makan pagi, siang, dan malam.
  5. Jika anda berusia lanjut atau sedang sakit, boleh minum air putih di pagi hari secara bertahap dimulai dari 1 gelas di hari pertama dan tambahkan 1 gelas di hari berikutnya sampai mencapai 4 gelas.

Agar tubuh sehat dengan melakukan terapi air putih, lakukan secara rutin di pagi hari. Bukan hanya di pagi hari anda membutuhkan air putih tetap konsumsi air putih sepanjang hari anda sebanyak 8-10 gelas perhari. Jangan juga terlalu berlebihan karena akan merusak kesehatan tubuh anda.

Manfaat Terapi Air Putih Untuk Menjaga Kecantikan, Kesehatan, dan Penurunan Berat Badan

Selain beberapa cara utama melakukan terapi air putih seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ada juga beberapa cara terapi air putih untuk beberapa hal berikut :

1. Terapi Air Putih Untuk Merawat Kecantikan

Kecantikan sangat berkaitan erat dengan kelembaban yang diperoleh dari air. Mengkonsumsi air yang cukup dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh akan menjaga kelembaban kulit dan rambut. Lakukan terapi air putih dengan mengkonsumsi 8 gelas air perhari untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut anda.

2. Terapi Air Putih Untuk Menurunkan berat Badan

Lakukan terapi air putih dengan cara minum air putih hangat sebelum anda makan untuk membantu mengurangi porsi makanan kita karena perut sudah merasa kenyang sebelum kita mulai makan. Baca juga 10 Tips Diet Ala Tina Toon yang Terbukti Ampuh Membakar Lemak 25 kg

3. Terapi Air Putih Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas perhari akan membantu tubuh mengeluarkan racun yang menumpuk pada tubuh. Karena kita tahu racun yang menumpuk pada tubuh akan mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya. Jadi melakukan terapi air putih akan menyehatkan tubuh kita karena penyebab penyakit mampu dikeluarkan melalui keringat, air seni, dan fases.

Berikut beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan melakukan terapi air putih dan jumlah hari yang dibutuhkan selama terapi :

  1. Gangguan lambung : lakukan terapi air putih selama 10 hari kedepan
  2. Diabetes : anda dapat melakukan terapi air putih selama 30 hari. Baca juga 14 Penyebab Diabetes Melitus yang Wajib Diketahui
  3. Darah tinggi : untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi lakukan terapi selama 30 hari
  4. Kontipasi : 10 hari terapi
  5. Kanker : masalah kanker merupakan penyakit yang paling berat maka melakukan terapi juga membutuhkan waktu 180 hari
  6. Tb : 90 hari. Baca juga Gejala dan Penyebab Penyakit TBC yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini beberapa manfaat lain melakukan terapi air putih untuk menyembuhkan penyakit seperti :

  1. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  2. Meningkatkan nafsu makan
  3. Menyembuhkan migrain dan sakit kepala
  4. Meningkatkan penyerapan nutrisi
  5. Meningkatkan metabolisme tubuh
  6. Meningkatkan produksi sel darah merah
  7. Membantu penurunan berat badan

Bagaimana? Ternyata untuk sehat itu tidaklah mahal, kita bisa melakukan terapi air putih untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan mengatasi berbagai masalah kesehatan yang cukup serius seperti di atas. Itulah beberapa cara melakukan terapi air putih dan beberapa manfaatnya bagi kesehatan. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang tepat juga dapat mengeluarkan racun dan lemak yang bersarang di dalam tubuh. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. 

Loading...

Agar lebih bermanfaat lagi, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya. Baca juga 26 Manfaat Air Putih Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

loading...

Leave a Reply