17 Tips Agar Badan Berisi dengan Sehat dan Cepat!

Cara Agar Badan Berisi – Siapa sih yang tidak ingin memiliki badan berisi? Mayoritas orang normal di seluruh penjuru dunia pasti ingin memilikinya. Hanya saja, meskipun ingin, banyak diantara kita yang tidak mengetahui bagaimana cara agar badan berisi.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, berat dan bentuk badan cenderung sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Berat badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus cenderung akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal.

Tidak hanya itu, menurut hasil penelitian, berat badan juga dapat menjadi patokan kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang. Normalnya, orang yang memiliki berat badan ideal cenderung jauh lebih sehat dibandingkan dengan orang yang terlalu gemuk atau pun terlalu kurus.

Cara Agar Badan Berisi

Ilustrasi: Cara Agar Badan Berisi

Nah, berbicara mengenai berat badan, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai cara agar badan berisi. Langsung saja, berikut informasi lengkapnya telah Tim Ceksehat siapkan secara khusus untuk Anda:

Cara Agar Badan Berisi dengan Cepat dan Sehat

Cara menggemukkan badan pada dasarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan badan yang gemuk dan berisi cenderung agak sedikit lama. Jika saat ini Anda sedang berupaya untuk menggemukkan badan, berikut merupakan beberapa alternatif cara agar badan berisi yang bisa Anda coba untuk terapkan:

1. Menambah Porsi Makan

Menambah porsi makan secara otomatis akan membuat jumlah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih besar. Ketika jumlah asupan nutrisi yang masuk ke tubuh bertambah, maka secara otomatis jaringan otot dan lemak yang ada pada tubuh akan lebih cepat berkembang.

Hanya saja perlu diingat, porsi makan yang Anda tambah sebaiknya dipilih dari jenis bahan makanan yang kaya akan protein. Hal ini dimaksudkan agar tambahan asupan makanan yang Anda konsumsi akan disimpan dalam bentuk otot, bukan lemak.

Dengan begitu, harapannya, bobot badan Anda akan bisa bertambah dengan cepat tanpa merusak bentuk badan Anda.

2. Meningkatkan Frekuensi Makan

Selain menambah porsi makan, ada satu lagi alternatif cara agar badan berisi yang tidak kalah ampuh. Cara tersebut adalah dengan meningkatkan frekuensi makan harian Anda.

Rata – rata orang di Indonesia biasanya memiliki jadwal makan rutin harian sebanyak tiga kali sehari. Nah, jadwal makan rutin harian ini dapat ditambah agar asupan nutrisi yang masuk ke tubuh juga turut mengalami peningkatan.

Dalam prakteknya nanti, Anda dapat meningkatkan frekuensi makan harian Anda dari yang biasanya hanya tiga kali sehari menjadi empat atau bahkan enam kali per hari.

Tidak perlu dengan porsi yang besar, selama frekuensi makan harian Anda bertambah, maka secara otomatis bobot atau pun berat badan Anda juga akan mengalami peningkatan secara bertahap.

3. Rajin Mengonsumsi Susu

Cara agar badan berisi dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan rutin minum susu dua gelas setiap hari. Susu memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan makanan penambah berat badan.

Di lain sisi, susu juga memiliki kandungan protein dan kalsium yang tidak kalah tinggi. Dengan begitu, ketika dikonsumsi, susu tidak hanya sekedar membuat badan berisi, namun juga turut memperkuat tulang dan meningkatkan jaringan massa otot.

Dalam prakteknya, jika Anda adalah tipikal orang yang tidak suka minum susu sapi, Anda dapat mengonsumsi produk susu lainnya, seperti susu kedelai dan susu kambing. Atau jika mau Anda juga dapat mengonsumsi berbagai macam produk turunan susu seperti yoghurt, keju, dll.

4. Banyak Ngemil (Sehat)

Mayoritas dari Anda pasti meyakini bahwa ngemil adalah kebiasaan yang kurang sehat. Ya, dalam kebanyakan kasus, aktivitas ngemil yang dilakukan kebanyakan orang memang tergolong sebagai aktivitas ngemil yang kurang sehat.

Namun begitu, jika Anda bisa mengatur jenis makanan yang Anda jadikan cemilan, ngemil sebenarnya dapat dijadikan sebagai alternatif cara agar badan berisi yang ampuh.

Beberapa bahan makanan yang telah terbukti sehat untuk dijadikan sebagai bahan camilan adalah roti tawar, tahu goreng, tempe goreng, empek – empek, salad buah, jagung rebus, buah alpukat, dll.

5. Memperbanyak Asupan Protein

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, protein memegang peranan yang sangat penting dalam proses penggemukan badan.

Ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, protein cenderung akan menambah dan meningkatkan massa otot. Di lain sisi, protein juga akan menjadi cadangan energi yang baru akan digunakan ketika cadangan energi lainnya sudah tidak tersedia (habis terpakai).

Selain dapat menambah bobot badan, asupan protein juga cenderung membuat bentuk badan menjadi lebih bagus. Menurut hasil penelitian, orang yang rajin mengonsumsi protein cenderung memiliki badan yang lebih atletis ketimbang mereka yang rajin mengonsumsi bahan makanan berlemak.

Nah, dalam prakteknya nanti, ada banyak jenis asupan makanan kaya protein yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah: dada ayam, daging merah, ikan tuna, ikan salmon, tempe, tahu, telur, kacang – kacangan dan lain sebagainya.

Penting untuk diingat, khususnya untuk Anda yang memiliki gejala darah tinggi, sebisa mungkin prioritaskanlah jenis makanan berprotein tinggi nabati, yaitu yang berasal dari kacang – kacangan.Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya peningkatan tekanan darah secara tiba – tiba karena asupan lemak jenuh dan kalori berlebih.

6. Mengonsumsi Multivitamin

Cara agar badan berisi yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi produk multivitamin. Agar asupan makanan yang dikonsumsi bisa tercerna dengan baik, tubuh membutuhkan banyak asupan vitamin.

Jika kebutuhan asupan vitamin yang diperlukan tubuh tidak terpenuhi, maka proses pencernaan makanan di dalam tubuh tidak akan bisa berjalan dengan optimal. Hasilnya, walaupun sudah mengonsumsi lebih banyak makanan, tubuh tetap tak kunjung berisi.

Nah, maka dari itu, agar makanan yang Anda konsumsi bisa tercerna dengan baik, sebisa mungkin penuhilah seluruh kebutuhan asupan vitamin tubuh Anda dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi produk multivitamin yang banyak beredar di pasaran.

7. Banyak Minum Air Putih

Menurut hasil penelitian, sekitar 85 persen bagian tubuh manusia tersusun atas cairan.Tidak hanya itu, menurut penelitian lainnya, disebutkan bahwa air putih memegang peranan yang sangat penting dalam proses pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Nah, berangkat dari dua fakta di atas, maka dapat disimpulkan bahwa air putih memiliki peranan yang sangat besar dalam proses peningkatan berat badan.

Untuk itu, sebisa mungkin penuhilah kebutuhan cairan harian tubuh Anda dengan cara mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari.

Hanya saja, perlu diingat, air putih juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, dalam jika dikonsumsi secara berlebihan air putih juga dapat menyebabkan keracunan.

8. Batasi Konsumsi Kafein

Anda hobi minum kopi atau teh? Mulai dari sekarang jika anda ingin menaikkan berat badan, mulailah untuk membatasi jumlahnya, hingga akhirnya memang benar-benar berhenti.

Kebiasaan minum kopi atau teh ini membuat kita malas makan, karena kafein ini akan membuat perut kita merasa kenyang. Apalagi mengkonsumsi kafein juga dapat menghilangkan kantuk, sehingga kita sulit tidur.

Efek buruk dari mengkonsumsi kafein selanjutnya adalah dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga lama kelamaan dapat menimbulkan penyakit maag. Apalagi kalau kita minum kopi atau teh sebelum makan, semakin berbahaya lagi.

9. Jangan Merokok

Selain mulai membatasi konsumsi kafein sebaiknya untuk anda yang merokok, mulailah untuk mengurangi jumlahnya sedikit demi sedikit.

Secara tidak sadar anda akan lebih mengutamana rokok daripada makan. Anda bisa tidak makan seharian tapi anda tidak dapat menghindari rokok beberapa jam saja.

Itulah kenapa merokok dapat membahayakan kesehatan kita, karena dapat mengurangi nafsu makan, dan lagi di dalam rokok terdapat ribuan racun yang akan membahayakan kita dalam jangka panjang.

Jadi berhenti merokok merupakan salah satu solusi cara agar badan berisi yang mesti anda lakukan.Berhenti tiba-tiba mungkin akan menyiksa, namun kurangi jumlahnya hari demi hari.

10. Istirahat Cukup

Cara agar badan berisi selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan istirahat tubuh harian. Disarankan anda istirahat paling tidak 8 jam dalam sehari.

Nah, buat anda yang suka begadang, mulailah untuk mengurangi kebiasaan ini. Karena ketika malam hari terjadi proses pembaharuan sel darah merah, selain itu tubuh kita juga perlu istirahat agar tetap fit setelah digunakan seharian.

11. Rutin Berolahraga

Anda malas berolahraga? Padahal berolahraga ini juga merupakan salah satu cara agar badan berisi yang tidak bisa anda lewatkan. Kenapa? Karena dengan berolahraga massa otot tubuh kita akan bertambah, juga akan menjaga kesehatan tubuh kita.

Usahakanlah untuk berolahraga secara rutin setiap minggunya. Bisa dengan jogging ringan selama beberapa puluh menit sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

Pastikan juga anda tidak terlalu memporsir tenaga ketika berolahraga, paling lama 1 jam ya, supaya tidak semua kalori terbakar, karena kalori ini nantinya dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membangun otot-otot Anda.

Selain jogging, anda juga bisa berolahraga angkat beban, karena bagus untuk pembentukkan otot tubuh plus jika anda ingin membuat badan jadi lebih berisi, maka Anda harus mengurangi latihan kardio.

Jangan lewatkan juga: Olahraga untuk Diet yang Ampuh

12. Kunyah Makanan Hingga Halus

Tips makan agar badan anda lebih berisi yang tidak boleh anda remehkan adalah mengunyah makanan hingga halus. Kenapa, karena dengan makan hingga halus akan mempermudah tubuh dalam mencernanya. Jika proses pencernaan berjalan lancar, maka proses penyerapan gizi dari makanan tersebut juga akan berjalan dengan baik.

13. Jangan Minum Sebelum Makan

Anda dianjurkan untuk minum air sebelum makan, namun jika anda sedang menjalankan program menaikkan berat badan, sebaiknya anda tidak melakukan kebiasaan ini dulu.

Kenapa? Karena jika kita minum sebelum makan atau dipertengahan makan dapat membuat perut kita merasa kenyang sehingga nafsu makan kita berkurang, otomatis porsi makanan kita juga berkurang.

14. Jangan Lewatkan Sarapan

Usahakanlah untuk sarapan setiap hari. Kebiasaan sarapan setiap hari ini akan membuat asupan energi tubuh kita selalu terpenuhi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Anda bisa memilih menu sarapan sehat seperti telur, susu, roti, jus, buah-buahan, dan sayuran. Selain itu, sarapan juga bisa membuat tubuh Anda jadi lebih bernergi. Ketika tubuh lebih berenergi, maka Anda jadi lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

15. Tambahkan Makanan Penutup

Selain sarapan sehat, cobalah untuk menambahkan makanan penutup. Menambahkan penutup ketika makan juga efektif untuk menaikkan berat badan anda.

Anda bisa menambahkan pudding, es krim dan lainnya. Berbagai makanan penutup tadi akan mempercepat menaikkan berat badan anda.

Pastikan juga anda tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan penutup yang banyak mengandung gula, karena makanan yang banyak mengandung gula kurang baik untuk kesehatan tubuh

16. Tambahkan Kalori

Cara agar badan berisi berikutnya adalah dengan menambahkan jumlah kalori dalam prosi makan anda. Beberapa makana yang berkalori tinggi yang dianjurkan untuk andak onsumsi seperti alpukat, keju, gandum, popcorn, mentega dan lain sebaginya. Semua itu untuk memastikan bahwa asupan kalori yang masuk ketubuh anda itu lebih besar dari kalori yang dibakar.

17. Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas ini tidak berdampak langsung pada penambahan berat badan, namun mengkonsumsi makanan sedikit pedas ini akan berefek pada bertambahnya nafsu makan. Nah, buah anda yang kurang suka mengkonsumsi makan pedas, trik untuk meningkatkan nafsu makan adalah dengan melakukan sedikit aktivitas fisik sebelum makan.

****

Itulah sedikit informasi mengenai cara agar badan berisi dan tidak kurus yang dapat kami bagikan kepada Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Jangan lewatkan juga: Cara Diet Jeruk Nipis

Leave a Reply