Cara Mengatasi Mata Bengkak Sendiri di Rumah!

Cara Menghilangkan Mata Bengkak – Apakah Anda pernah mengalami permasalahan mata bengkak? Jika pernah apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya? Apakah Anda mendiamkannya begitu saja? Atau Anda melakukan teknik penyembuhan tertentu?

Dalam kebanyakan kasus permasalahan mata bengkak biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun begitu, jangka waktu yang dibutuhkan hingga permasalahan mata bengkak dapat hilang dengan sendirinya terkadang agak sedikit lama.

Ketika mata bengkak, penampilan wajah secara otomatis akan langsung terganggu. Parahnya lagi, mata bengkak tidak seperti noda hitam yang dapat ditutupi dengan make up. Walaupun sudah mengenakan riasan, permasalahan mata bengkak biasanya akan tetap terlihat / kentara.

Cara Menghilangkan Mata Bengkak

Cara Menghilangkan Mata Bengkak

Artikel terkait: 20 Cara Mengobati Mata Minus Tanpa Operasi!

Penyebab Mata Bengkak

Mata bengkak dapat terjadi karena berbagai macam hal. Mengetahui apa penyebab yang menimbulkan permasalahan mata bengkak yang Anda alami akan sangat membantu dalam menentukan cara menghilangkan mata bengkak yang tepat.

Dalam kebanyakan kasus, permasalahan mata bengkak biasa timbul karena salah satu atau beberapa hal berikut ini:

  • Menangis terlalu lama
  • Kurang tidur
  • Reaksi alergi
  • Kelainan genetik
  • Perubahan cuaca secara tiba – tiba
  • Perubahan struktur hormon
  • Gigitan serangga
  • Faktor stres, dll

Cara Menghilangkan Mata Bengkak dengan Cepat Secara Alami

Agar proses penyembuhan mata bengkak yang Anda alami bisa berlangsung dengan lebih cepat, Anda dapat menerapkan beberapa alternatif cara mengatasi mata bengkak di bawah ini:

1. Coba Metode Kompres dengan Sendok Dingin

Ketika bagian tubuh mengalami pembengkakan, salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menanganinya adalah dengan mengompresnya menggunakan benda dingin.

Nah, khusus untuk masalah pembengkakan di sekitar organ mata, Anda dapat memanfaatkan sendok. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 5 buah sendok makan yang terbuat dari besi
  • Bersihkan sendok tersebut menggunakan alkohol atau air mendidih (agar benar – benar steril, lalu keringkan
  • Masukkan sendok tersebut ke dalam mesin freezer selama kurang lebih 15 menit, lalu keluarkan
  • Pejamkan mata Anda, lalu tempelkan bagian punggung sendok ke area mata Anda
  • Diamkan hingga sendok menjadi hangat, lalu ganti dengan sendok lainnya hingga mata Anda terasa nyaman

2. Kompres dengan Kantong Teh

Alternatif cara menghilangkan mata bengkak yang kedua masih tidak jauh dari teknik kompres dingin. Hanya saja, bahan yang akan digunakan dalam teknik ini bukan dari sendok, melainkan dari kantong teh bekas.

Menurut hasil penelitian, bubuk daun teh memiliki kandungan zat anti iritasi yang cukup tinggi. Kandungan zat tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan permasalahan mata bengkak yang timbul akibat permasalahan iritasi.

Untuk bisa menghilangkan permasalahan mata bengkak menggunakan teknik ini, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan dua kantung teh bekas (boleh teh hijau, teh oolong, atau pun teh hitam)
  • Masukkan kantung teh tersebut ke dalam mesin pendingin selama kurang lebih 30 menit
  • Setelah kantong teh dirasa cukup dingin, keluarkan kantung teh dari mesin pendingin, lalu tempelkan pada bagian sekitar mata Anda (dalam kondisi kelopak mata tertutup)
  • Biarkan hingga efek dingin yang dihasilkan oleh kantong teh menghilang

3. Coba Masker Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein dan multi vitamin yang cukup tinggi. Ketika diaplikasikan pada kulit wajah, putih telur akan bekerja aktif untuk mengencangkan area kulit yang kendur, termasuk salah satunya karena permasalahan bengkak.

Untuk bisa menghilangkan mata bengkak menggunakan putih telur, Anda dapat menerapkan langkah di bawah ini:

  • Siapkan satu butir telur, lalu pisahkan bagian putih dan kuningnya
  • Ambil bagian putih telur, lalu kocok hingga teksturnya mengental
  • Ambil kuas lembut untuk make up, lalu aplikasikan putih telur ke daerah sekitar mata Anda menggunakan kuas make up tersebut
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bilas area sekitar mata Anda memakai air bersih

Selain menghilangkan permasalahan mata bengkak, penggunaan putih telur di atas juga akan turut membantu menghilangkan kulit keriput di sekitar organ mata Anda.

4. Menggunakan Masker Mentimun

Cara menghilangkan mata bengkak yang berikutnya adalah dengan menggunakan masker mentimun. Penggunaan buah mentimun sebagai bahan alami untuk merawat organ mata banyak dilakukan di salon dan klinik kecantikan. Biasanya, saat melakukan perawatan wajah, bagian mata akan ditutup dengan menggunakan irisan buah mentimun.

Ternyata, menurut hasil penelitian, penggunaan irisan buah mentimun sebagai penutup mata ini dapat membantu mengencangkan kulit di area sekitar mata. Tidak hanya itu, berkat sifat astringen yang dimilikinya, buah mentimun juga dapat membantu mengatasi permasalahan radang dan bengkak yang terjadi di daerah sekitar mata.

Nah, berangkat dari fakta di atas, kita dapat memanfaatkan buah mentimun untuk dijadikan sebagai bahan alami penghilang mata bengkak. Caranya, cukup tempelkan irisan buah mentimun yang sudah didinginkan ke area sekitar mata Anda, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Agar hasilnya bisa lebih maksimal, Anda disarankan untuk melakukannya dua kali sehari, yaitu di malam hari sesaat sebelum tidur dan di pagi hari sesaat setelah Anda beranjak dari tempat tidur.

5. Coba Kompres dengan Daging Buah Kentang

Selain dapat dijadikan sebagai bahan masakan, kentang ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan mata bengkak.

Buah kentang memiliki pati yang berguna sebagai zat anti radang. Bila permasalahan mata bengkak yang Anda alami terjadi karena peradangan, Anda dapat memanfaatkan buah kentang untuk menghilangkannya. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa buah kentang, lalu kupas dan cuci hingga bersih
  • Haluskan daging buah kentang menggunakan blender, lalu bungkus dengan kain perca
  • Tempelkan kain perca berisi daging kentang tersebut ke bagian mata Anda
  • Diamkan selama 20 menit, lalu bilas mata Anda memakai air bersih
  • Ulangi dua kali sehari hingga permasalahan mata bengkak yang Anda alami hilang dengan sempurna

6. Kompres dengan Air Garam

Cara menghilangkan mata bengkak dengan air garam tergolong cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan ½ sendok teh garam, lalu larutkan dengan 4 gelas air panas
  • Ambil kapas steril, lalu celupkan ke dalam larutan garam tersebut
  • Pejamkan mata Anda, lalu tempelkan kapas basah yang sudah disiapkan sebelumnya ke daerah sekitar mata Anda
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu segera bilas mata Anda memakai air bersih

Saat diaplikasikan pada mata bengkak, larutan air garam akan bekerja secara aktif untuk menyedot tumpukan cairan yang ada di sekitar organ mata Anda. Hasilnya, permasalahan mata bengkak yang Anda alami pun segera teratasi.

7. Kompres dengan Air Dingin

Cara menghilangkan mata bengkak selanjutnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan air dingin. Bagaimana caranya?

Silahkan anda siapkan air setengah mangkuk saja, lalu tambahkan es batu ke dalam mangkuk tersebut. Ambil kain atau tisu, celupkan ke dalam air es, kemudian, dimulai dari sudut bagian dalam mata, tekan ke bawah kulit sampai Anda mencapai sudut luar mata Anda.

Berikan pijatan ringan sekitar 5 menit. Lakukan cara ini beberapa kali sampai mata bengkak anda benar-benar hilang.

Selain dnegna kain, anda juga bisa menggunakan jari-jari anda. Silahkan anda bersihkan jari anda lalu genggam es batu, kemudian pijat mata sembap Anda dengan cara yang sama.

8. Memakai Witch Hazel

Cara mengatasi mata bengkak selanjutnya bisa anda lakukan dengan menggunakan witch hazel. Kandungan astringent di dalam witch hazel inilah yang akan membantu mengempeskan bengkak di mata.

Bagaimana caranya? Silahkan anda gunakan kapas, lalu celupkan dalam ekstrak witch hazel lalu kompreskan langsung ke mata yang hendak diobati selama 15 menit. Penggunaan rutin menjamin kemerahan dan bengkak pada mata akan berkurang secara efektif.

Jangan lewatkan juga: Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami yang Ampuh

Cara Menghilangkan Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Terkadang, pengobatan mata bengkak tidak bisa digeneralisir, tetapi penanganan harus disesuaikan dengan penyebab mata bengkak tersebut:

1. Blefaritis

Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Blefaritis

Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Blefaritis

Penyebab mata bengkak yang bisa saja anda alami adalah karena terjadinya peradangan pada kelopak mata yang terjadi ketika kelenjar minyak kecil yang terletak di dekat dasar bulu mata menjadi tersumbat.

Kondisi mata bengkak ini biasanya disebut Blefaritis. Kondisi ini bisanya mengakibatkan hampir seluruh area kelopak mata anda menjadi bengkak. Bengkak yang terjadi biasanya diiringi oleh warna kemerahan dan nyeri. Pada bulu mata seringkali didapati adanya keropeng-keropeng (berkerak seperti ketombe).

Untuk anda yang mengalami masalah mata bengkak ini bisa diatasi dengan cara mencuci mata dengan sabun bayi dan menggunakan kompres hangat, mungkin satu-satunya perawatan atau solusi yang diperlukan untuk kebanyakan kasus blefaritis.

Seandainya cara mencuci dan mengompres ini ternyata tidak berhasilmaka langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memeriksakan kondisi mata anda ke dokter supaya mendapatkan resep obat, biasnaya berupa  antibiotik, antiradang, antinyeri, dan mengobati penyakit yang mendasarinya.

2. Sakit Mata (Konjungtivitis)

Sakit Mata Akibat Konjunctivitis

Sakit Mata Akibat Konjunctivitis

Sakit mata juga biasanya juga dapat mengakibatkan mata bengkak. Sakit mata konjunctivitis terjadi karena masalah pada konjunctiva.

Apa itu konjunctiva? Konjunctiva merupakan selaput bening yang meliputi bola mata dan kelopak mata sisi dalam.

Kondisi sakit mata konjunctivitis ini biasanya diakibatkan karena infeksi bakteri, virus, atau alergi yang menyebabkan peradangan pada konjunctiva dan menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata.

Anda bisa saja mengalami mata bengkak sebelah, namun lama-kelamaan akan menular ke mata sebelahnya lagi. Untuk kenampakan dari sakit mata konjunctitas ini biasanya disertai dengan adanya kotoran mata atau lapisan lengket (mata belekan) yang tampak terlihat pada bulu mata dan di sudut mata.

Untuk mengobati mata bengkak karena sakit mata konjunctivitis ini bisa dilakukan dengan cara membersihkan kelopak lengket dan berkerak dengan air hangat dan kapas.

Anda tidak perlu mendapatkan perawatan khusus untuk mengatasi mata bengkak jenis ini, anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Usahakan juga untuk tidak menyentuh mata anda secara langsung, plus sebaiknya anda juga menjaga kondisi kebersihan tempat tidur anda terutama bantal agar mata anda tidak semakin parah. Usahakan juga untuk menghentikan pemakaian kosmetik mata dan lensa kontak.

Coba anda perhatikan warna kotoran pada mata anda, jika anda menjumpai kotoran tersebut berwarna kuning atau kuning kehijauan, maka sebaiknya langsung berobat ke dokter. Hal ini mengindikasikan adanya infeksi bakteri yang memerlukan terapi antibiotik.

3. Bintitan (Hordeolum)

Mata Bengkak Akibat Bintitan

Mata Bengkak Akibat Bintitan

Mata bengkak juga bisa diakibatkan oleh bintitan. Bintitan sendiri biasanya terjadi di sekitar tepian kelopak mata dekat tumbuhnya bulu mata.

Apa penyebab bintitan ini? Mungkin banyak juga orang yang beranggapan bahwa bintitan ini terjadi karena mengintip orang mandi, padahal tidak demikian.

Bintitian ini terjadi karena proses infeksi di dasar bulu mata. Bintitan juga ada dua jenis; internal atau eksternal, yang jelas keduanya terasa nyeri. Jika bintitan eksternal, maka akan terlihat jelas benjolan kemerahan terasa nyeri saat disentuh atau berkedip, dan setelah beberapa hari terlihat adanya nanah di ujungnya. Jika nanah berhasil keluar, maka kesembuhan segera dirasakan.

Bagaimana cara menghilangkan mata bengkak akibat bintitan ini? Caranya yaitu hanya dengan mengompres sekitar bengkak akibat bintitan ini dengan air hangat sekitar empat sampai lima kali sehari. Selain itu, sebaiknya anda juga tidak menggunakan riasan apapun pada mata, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi berulang.

Oh ya, jangan coba-coba untuk memencet bintitan meskipun nanah sudah berada di ujung bintitan tersebut. Biarkan pecah dengan sendiri. Kapan harus ke dokter? Jika tidak kunjung sembuh selama 3 hari, silahkan periksakan ke dokter.

4. Akibat Kista (Chalazion)

Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Chalazion

Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Chalazion

Penyebab mata bengkak selanjutnya adalah karena tersumbatnya kelenjar minyak, yang lebih dikenal dalam istilah kista atau chalazion. Kondisi bengkak pada mata yaitu berupa benjolan di bawah kelopak mata seperti butiran, dan biasanya terletak di agian tengah kelopak mata dan tidak terasa nyeri.

Bengkak ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun juga bisa sebaliknya, justru makin parah menjadi benjolan keras yang tak kunjung hilang.

Cara menghilangkan bengkak ni yaitu denganmengompres mata dengan kain basah hangat. Kehangatan bisa membantu melancarkan sekresi kelenjar minyak dan menghilangkan penyumbatan. Anda bisa melakukannya empat sampai lima kali sehari.

Apakah setelah melakukan perawatan ini beberapa hari kista tidak kunjung sembuh? Silahkan anda konsultas ke dokter, karena terkadang kondisi ini memerlukan bedah minor untuk menghilangkannya.

Tips Mengobati Mata Bengkak Lainnya

Berikut ini beberapa tips menghilangkan mata bengkak yang lainnya dan bisa anda terapkan:

  • Pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih
  • Jangan lupa juga untuk istirahat cukup minimal 8 jam sehati sehingga akan mengembalikan kelembaban pada mata
  • Stop merokok agar mata anda tidak kering
  • Jika anda alergi pada jenis hewan tertentu, silahkan anda hindari
  • Bengkak pada mata juga bisa dikarenakan polusi udara yang tinggi, maka dari itu hindari lingkungan yang berpolusi tinggi
  • Cobalah untuk mengompres dengan air susu sehari 3 kali.
  • Anda juga bisa mengoles mata dengan larutan campuran dari bubuk kunyit dan gel lidah buaya/air mawar setiap malamnya dan esok pagi baru bisa dibilas.

****

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan mata bengkak secara alami yang bisa Anda coba praktekkan di rumah.

Penting untuk diingat, dalam kondisi tertentu, mata bengkak dapat menjadi tanda – tanda awal keberadaan penyakit yang lebih serius. Oleh sebab itu, bila permasalahan mata bengkak yang Anda alami tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu yang cukup lama, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri Anda ke dokter.

Artikel terkait: 18 Penyebab dan Cara Mengatasi Kelainan pada Mata

Leave a Reply