17 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Terbukti Ampuh!

Cara Menghilangkan Perut Kembung – Permasalahan perut kembung akan terjadi ketika kadar gas dalam perut berlebihan. Kondisi ini biasanya akan membuat perut terasa sesak, “wegah”, dan tidak nyaman. Bila sudah begini, tubuh biasanya akan menjadi tidak nyaman untuk diajak beraktivitas.

Meskipun terlihat sepele, permasalahan perut kembung terkadang dapat menjadi pertanda dan gejala awal keberadaan berbagai macam permasalahan yang lebih serius. Oleh karena itu, bila Anda mengalami kembung, Anda tidak boleh membiarkannya begitu saja. Terlebih bila kembung yang Anda alami sudah berlangsung dalam kurun waktu yang lama ataupun dengan frekuensi yang sering.

Penyebab Perut Kembung

Ada baiknya sebelum lebih jauh berbicara mengenai cara menghilangkan perut kembung, ada baiknya juga kalau kita mengetahui apa saja penyebab perut kembang tersebut.

Perut kembung yang disebabkan oleh kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan. Secara sadar dan tidak sadar sebenarnya kita mengeluarkan gas melalui kentut atau sendawa sebanyak 14 kali dalam sehari.

Perut kembung ini juga bisa disebabkan adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit.

Untuk kasus perut kembung yang disebabkan oleh penyakit tertentu, biasanya akan menimbulkan perut kembung kronis. Ada banyak penyebab perut kembung lainnya, termasuk diet, sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, refluks, dan sembelit.

Cara Menghilangkan Perut Kembung

Cara Menghilangkan Perut Kembung

Cara Menghilangkan Perut Kembung yang Ampuh

Perut kembung dapat diobati dengan menggunakan tiga alternatif cara, yaitu dengan menggunakan gerakan fisik, dengan memanfaatkan obat medis, serta dengan memanfaatkan berbagai macam ramuan dari bahan – bahan alami.

Untuk mengatasi kembung dengan menggunakan ramuan dari bahan alami, Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami di bawah ini:

1. Biji Adas

Biji Adas memiliki sifat diuretik, dan karminatif. Kedua sifat tersebut dapat membantu mengeluarkan sumbatan gas dalam perut.

Tidak hanya itu, biji adas juga dapat berguna sebagai pereda rasa nyeri. Saat dikonsumsi oleh orang yang mengalami permasalahan perut kembung, biji adas akan bekerja secara aktif untuk melemaskan otot – otot kejang yang ada di sekitar saluran pencernaan.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan perut kembung dengan menggunakan biji adas adalah sebagai berikut:

  • Siapkan biji adas dan air panas
  • Masukkan satu sendok biji adas ke dalam satu gelas air panas
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Setelah 15 menit, saring dengan saringan halus
  • Konsumsi air larutannya secara rutin 2 – 3 kali dalam sehari

Atau, jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda dapat mengunyah biji adas secara langsung setiap selesai makan besar.

2. Hangatkan dan Hilangkan Gas di Perut dengan Jahe Hangat

Cara menghilangkan perut kembung yang ke dua adalah dengan menggunakan larutan jahe hangat.

Jahe memiliki kandungan senyawa aktif bernama gingerol yang dapat membantu mengatasi permasalahan radang pada usus.

Tidak hanya itu, jahe juga dapat memberikan efek hangat di sekitar perut dan melemaskan otot pencernaan yang tegang.

Untuk mengatasi permasalahan perut kembung menggunakan jahe, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan satu ruas jahe (lebih kurang berukuran 3 – 5 cm)
  • Kupas bagian kulitnya, lalu iris tipis – tipis
  • Siapkan satu gelas air panas, lalu masukkan 5 irisan jahe ke dalamnya
  • Tutup bagian atas gelas, lalu diamkan selama lebih kurang 15 menit
  • Setelah 15 menit, minum larutan jahe tersebut secara perlahan – lahan

Agar khasiat yang Anda dapatkan bisa lebih optimal, Anda dapat turut menambahkan beberapa bahan alami bermanfaat lainnya ke dalam larutan jahe tersebut, seperti: madu, air lemon, dll.

3. Coba Manfaatkan Daun Peppermint

Selain dapat memberikan rasa segar pada mulut, daun peppermint ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan perut kembung yang ampuh.

Menurut hasil penelitian, daun peppermint memiliki kandungan menthol yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, daun peppermint juga memiliki sifat anti spasmodik, yaitu cenderung melunakkan bagian otot yang kejang.

Ketika dikonsumsi oleh orang yang mengalami permasalahan perut kembung, daun peppermint akan bekerja secara aktif untuk melunakkan jaringan otot di sekitar area pencernaan. Hasilnya, rasa nyeri yang timbul karena perut kembung dapat segera teratasi.

Untuk bisa menghilangkan permasalahan kembung dengan menggunakan daun peppermint, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan beberapa helai daun peppermint dan air bersih
  • Masukkan daun peppermint ke dalam air tersebut, lalu rebus hingga mendidih
  • Diamkan hingga dingin, lalu konsumsi secara rutin 3 – 4 kali dalam sehari

Baca juga: 15 Gerakan Mengecilkan Perut yang Terbukti Membakar Lemak dengan Cepat

4. Coba Gunakan Biji Jintan

Biji jintan memiliki sifat anti mikroba dan karminatif. Bahan alami yang sangat kaya akan manfaat ini dapat membantu mengatasi permasalahan perut kembung yang terjadi akibat tumpukan mikroba di saluran pencernaan.

secara keseluruhan, cara menghilangkan perut kembung dengan menggunakan biji jintan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan biji jintan secukupnya
  • Haluskan dengan menggunakan cobek / blender
  • Seduh bubuk jintan dengan air panas
  • Diamkan selama 10 – 20 menit, lalu tunggu hingga bisa diminum
  • Konsumsi teh biji jintan tersebut dua kali sehari hingga permasalahan perut kembung yang Anda alami benar – benar sembuh / teratasi

Khusus untuk Anda yang sering mengalami permasalahan perut kembung, untuk mencegah permasalahan perut kembung yang berkepanjangan, Anda disarankan untuk mengunyah sejumput biji jintan secara rutin setiap hari.

5. Coba Manfaatkan Arang Aktif

Cara menghilangkan perut kembung yang selanjutnya adalah dengan menggunakan arang aktif. Arang aktif memiliki sifat porous, yaitu memiliki pori – pori.

Saat dikonsumsi oleh orang yang mengalami permasalahan perut kembung, pori yang terdapat dalam arang aktif dapat menjebak tumpukan gas berlebih pada lambung dan usus untuk dikeluarkan melalui proses sekresi.

Dalam prakteknya nanti, untuk menghilangkan permasalahan perut kembung menggunakan arang aktif, Anda dapat mengonsumsi produk arang aktif berbentuk tablet yang memang sudah diformulasi secara khusus untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan.

Artikel terkait: 27 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

6. Rajin Makan Pisang

Buah pisang ternyata tidak hanya cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang membentuk otot. Lebih dari itu, buah pisang ternyata juga ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan perut kembung.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang terdapat dalam buah pisang diyakini dapat membantu mencegah dan mengatasi permasalahan perut kembung yang terjadi akibat kekurangan pasokan serat.

Di lain sisi, buah pisang juga memiliki zat kalium yang sangat tinggi. Menurut hasil penelitian, kandungan zat kalium yang terdapat dalam buah pisang dapat membantu mengatur kadar cairan dalam tubuh sekaligus mengatasi permasalahan kembung yang dialami.

7. Coba Minum Air Lemon Hangat

Alternatif cara menghilangkan perut kembung yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air lemon hangat

Lemon memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat lengkap. Dari mulai vitamin C, ribolflavin, protein, kalsium, fosfor, dll, semuanya bisa didapatkan dari jeruk lemon.

Nah, menurut hasil penelitian, seluruh kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk lemon tersebut ternyata sangat ampuh untuk digunakan sebagai obat penghilang kembung.

Tidak hanya itu, seluruh zat nutrisi di atas kabarnya juga dapat membantu mengatasi berbagai macam permasalahan pencernaan lainnya, seperti sembelit, perut wegah, asam lambung, maag, GERD, dll.

8. Bergerak Setelah Makan

Cara menghilangkan perut kembung selanjutnya bisa dilakukan dengan beraktivitas setelah makan, namun tentu saja bukan aktivitas berat, namun hanya aktivitas ringan saja. Bahkan sebaiknya anda tidak langsung rebahan atau berbaring begitu selesai makan.

Mulailah bergerak ringan sekitar 10 menit setelah makan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tumpukan gas yang ada di saluran pencernaan.

9. Atasi Perut Kembung dengan Daun Pepaya

Cara menghilangkan perut kembung berikutnya adalah dengan menggunakan daun pepaya. Silahkan anda cuci bersih daun pepaya, kemudian rebus daun pepaya tersebut. Kemudian minum air rebusannya ketika hangat (bukan panas).

Jangan terkejut ya, herbal daun pepaya ini terasa pahit , namun memiliki khasiat untuk mengatasi perut kembung karena masuk angin. Kalau tidak tahan dengan rasa pahitnya, silahkan tambahkan madu beberapa sendok ke dalamnya.

10. Minum Jus Jeruk

Cara menghilangkan perut kembung selanjutnya juga bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi jus jeruk. Jeruk sendiri memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mengatasi masalah masuk angin pada perut.

Dengan mengkonsumsi jus jeruk ini maka akan meningkatkan keasaman dalam lambung, serta untuk pencernaan yang lebih baik, tetapi harus dikonsumsi sebelum makan dan tidak dikombinasikan dengan sebagian besar makanan.

Penting juga untuk agar anda tidak mengkombinasikan jus jeruk dengan karbohidrat seperti roti, pasta atau kentang karena enzim yang diperlukan untuk mencerna mereka dihancurkan oleh asam tertentu. Asam buah alami mencegah pencernaan karbohidrat.

Selain itu, sebaiknya anda juga tidak mengkonsumsi jeruk berbarengan atau berdekatan dengan protein karena menghambat pencernaan di usus kecil. Misalnya, minum jus jeruk dengan telur, susu, keju atau daging, beresiko meningkatkan gangguan pencernaan.

11. Minum Teh Chamomile

Teh Chamomile mungkin masih terdengar cukup asing bagi sebagian orang. Padahal teh ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik, dimana sangat bermanfaat untuk memberikan rasanya pada perut kita.

Apalagi buat anda yang sedang merasa kembung, anda dapat menyeruput secangkir teh bunga chamomile plus madu untuk meredakan masalah kembung.

Mengkonusmi teh ini juga bermanfaat untuk meringankan masalah gas usus, diare, sakit perut, mulas kronis, kehilangan nafsu makan, mual, muntah dan mabuk.

Menurut rilis dari MedlinePlus, teh ini aman bagi kebanyakan orang. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi teh ini saat sedang santai. Nah, silahkan saja anda minum teh hingga 3 kali per hari antara waktu makan. Anda juga bisa tambahkan gula, madu atau lemon.

12. Stop Minuman Bersoda

Jangan lupa juga untuk menghentukan konsumsi minuman bersoda. Memang, minuman bersoda terasa lebih nikmat anda segar saat mengkonsumsinya. Namun, minuman yang berkarbonasi ini akan meningkatkan tumpukan gas di dalam tubuh, hal ini akan semakin memperparah kondisi perut kembung.

13. Makanan dengan Probiotik

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan probiotik, karena probiotik ini merupakan jenis mikroorganisme baik yang ada di usus, yang keberadaannya berfungsi membantu proses sistem pencernaan di dalam usus agar lancar.

Anda bisa mengkonsumsi yogurt sebagai makanan berprobiotik yang dapat mengurangi penumpukan gas di usus kecil ketika mengalami perut kembung.

Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman berprobiotik ini akan menyehatkan sistem pencernaan kita, apalagi untuk anda yang menderita penyakit Irritable bowel syndrome (IBS) yang merupakan penyakit kronis yang menyerang usus besar.

14. Hindari Makanan dan Minuman Dingin

Sebisa mungkin hindarilah mengkonsumsi makanan atau minuman dingin ketika sedang kembung. Justru sebaiknya anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang hangat-hangat.

15. Makan Lebih Teratur

Meskipun sibuk, usahakanlah untuk makan secara teratur. Makan yang tidak teratur ini akan mengakibatkan udara memenuhi perut anda.

16. Kenakan Jaket Saat Malam Hari Saat Keluar

Sebaiknya anda mengenakkan jaket atau pakaian tebal ketika berkendara di malam hari atau keluar rumah sekalipun.

17. Makan Labu

Cara menghilangkan perut kembung yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi labu. Kenapa? Ternyata mengkonsumsi labu bermanfaat untuk mengikat gas pada lambung yang membuat Anda merasa kembung. Anda dapat memasak labu dengan berbagai cara seperti dipanggang, diuapkan, atau digabungkan dalam masakan lain.

Cara Mencegah Perut Kembung

Ada beberapa tindakan preventif yang sebaiknya anda lakukan agar perut anda tidak penuh dengan gas yang membuat kita merasa tidak nyaman. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Makan Secara Perlahan

Cara mencegah kembung yang pertama adalah dengan makan secara perlahan. Makan secara perlahan ini akan membuat makanan terkunyah dengan baik sehingga akan lebih mudah untuk dicerna.

2. Batasi Konsumsi Minuman Bersoda

Sebaiknya, jangan terlalu banyak minum minuman bersoda karena akan mengakibatkan gas terperangkap di perut dan perut menjadi kembung. Akan lebih baik lagi jika kita minum air dengan campuran lemon, jeruk nipis, atau mentimun.

3. Batasi Asupan Sodium

Cara mencegah perut kembung selanjutnya adalah dengan membatasi konsumsi sodium (komponen dalam garam, biasanya pada makanan yang diawetkan) dan rendah serat mungkin bisa menyebabkan perut terasa kembung.

*****

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan perut kembung yang bisa Anda coba praktekkan sendiri di rumah. Bila setelah menerapkan salah satu ataupun beberapa alternatif cara di atas kembung yang Anda alami tak kunjung reda, Anda sebaiknya segera melakukan konsultasi ke dokter.Selamat mencoba dan semoga lekas sehat ya!

Jangan lewatkan juga: Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Atas dan Bawah

Leave a Reply