21 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Bahan Alami

Pada kesempatan kali ini CekSehat akan membahas tentang tips dan cara menurunkan darah tinggi yang cepat dan aman. Seperti yang telah kita ketahui bersama, darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sangat banyak diderita oleh manusia, terutama orang dewasa.

Ketika seseorang mengalami darah tinggi, maka jantung akan memompa darah beberapa kali lebih cepat dari biasa nya. Dampaknya, suplai darah menuju ke organ tubuh pun menjadi berlebihan, dan pada akhirnya kinerja organ – organ penting dalam tubuh pun menjadi terganggu dan atau tidak maksimal.

Ketika seseorang mengalami hipertensi dan tidak berusaha untuk menangani nya, maka tinggal menunggu waktu saja hingga penderita nya dihinggapi oleh penyakit mematikan seperti stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dll.

Loading...

Itu lah mengapa Anda harus benar – benar memahami bagaimana cara mencegah dan cara menurunkan darah tinggi yang cepat dan aman.

Cara menurunkan darah tinggi secara alami

Cara menurunkan darah tinggi secara alami

Dalam praktik nya, darah tinggi / hipertensi sering kali dikaitkan dengan faktor emosi. Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Dalam hal ini, seseorang yang memiliki emosi tidak stabil belum tentu mengalami gejala hipertensi dan orang yang mengalami gejala hipertensi belum tentu memiliki emosi yang tidak stabil.

Daftar Gejala Darah Tinggi

Sebelum berfokus pada cara menurunkan darah tinggi, ada baiknya kita mempelajari seperti apa gejala yang timbul ketika seseorang mengalami arah tinggi / hipertensi. Hal ini penting untuk diketahui karena gejala darah tinggi sering kali terlihat samar, sehingga banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka mengalami hipertensi.

Beberapa gejala yang mungkin timbul saat seseorang mengalami hipertensi yaitu:

  • Sering mengalami sakit kepala dan atau pusing tujuh keliling / vertigo
  • Tengkuk sering terasa pegal dan kaku
  • Telinga sering berdenging
  • Jantung sering berdebar dengan cepat

Jika Anda sering mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, Anda sebaiknya melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin dan mulai menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Penanganan dan Cara Menurunkan Darah Tinggi

Berikut ini beberapa cara menurunkan darah tinggi yang bisa anda lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya mahal:

1. Menggunakan Teknik Pijatan

Cara menurunkan darah tinggi yang pertama adalah dengan menggunakan teknik pijatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter klub sepak bola Moskow, pijatan di sekitar otot dapat membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah yang tinggi pun kembali normal.

Beberapa bagian tubuh yang wajib diberi pijatan ketika hendak menurunkan darah tinggi adalah bagian otot leher dan bagian otot di tulang selangka.

Penting untuk diingat, dalam menjalankan cara menurunkan darah tinggi menggunakan teknik pijatan ini, Anda tidak boleh memijat terlalu keras dan hanya diperbolehkan menggunakan ujung jari untuk mengurut dengan lembut dua bagian otot di atas.

2. Olahraga dengan Teratur

Olahraga telah terbukti dapat membantu memperlancar peredaran darah. Jika Anda merupakan penderita darah tinggi, Anda sebaiknya rutin berolahraga selama 30 – 60 menit setiap hari.

Konon, selain dapat membantu memperlancar peredaran darah, cara menurunkan darah tinggi yang satu ini juga dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga peredaran darah pun akan menjadi normal.

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu luang untuk berolahraga, Anda dapat menyiasati nya dengan memadatkan aktivitas fisik harian Anda atau mengubah gaya hidup seperti dengan bersepeda ke tempat kerja, atau menggunakan tangga manual ketimbang lift.

3. Kurangi / Hindari Mengkonsumsi Garam Berlebihan

Mengurangi konsumsi garam harian ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menurunkan darah tinggi yang ampuh lho. Konon pengurangan kecil garam dalam makanan dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sekitar 3 sampai dengan 8 mm Hg.

4. Kurangi / Hindari Kafein

Cara menurunkan darah tinggi yang selanjutnya adalah dengan mengurangi / menghindari konsumsi kafein. Kafein yang terdapat dalam kopi / teh dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah secara tiba – tiba. Meski pun pada dasar nya dampak lonjakan tekanan darah yang ditimbulkan oleh kafein bersifat sementara, namun akan jauh lebih aman jika penderita hipertensi mengurangi atau bahkan menghindari kafein.

5. Mengkonsumsi Buah Bit

Buah Bit sangat kaya akan kandungan nitrat yang dapat membantu menormalkan tekanan darah. Konon, menurut hasil penelitian, jus penurun darah tinggi yang dibuat dari buah Bit telah terbukti dapat menormalkan tekanan darah dalam waktu kurang dari 24 jam.

6. Mengkonsumsi Buah Pisang

Mengkonsumsi buah pisang secara teratur ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menurunkan darah tinggi yang ampuh lho. Hal ini dikarenakan buah pisang sangat kaya akan potasium yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

Dalam praktik nya, Anda dapat mengkonsumsi buah pisang secara langsung sebagai makanan pencuci mulut atau mengolah nya menjadi jus pisang.

7. Mengkonsumsi Ikan Salmon

Cara menurunkan darah tinggi yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak angka konsumsi ikan salmon.

Ikan salmon sangat kaya akan omega 3 yang dapat menormalkan tekanan darah. Jika Anda merupakan penggemar makanan laut, Anda dapat menjadikan ikan salmon sebagai menu makanan harian Anda.

8. Mengkonsumsi Bunga dan Daun Pepaya

Mengkonsumsi bunga dan daun pepaya rebus ternyata juga sangat ampuh untuk menormalkan darah tinggi loh. Konon, menurut informasi yang beredar, cara menurunkan darah tinggi yang satu ini telah digunakan sejak ratusan tahun lalu oleh masyarakat Benggali yang sangat “doyan” mengkonsumsi daging.

9. Mengkonsumsi Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat kaya akan kandungan polifenol. Kadar polifenol yang ada dalam minyak zaitun dipercaya dapat membantu menormalkan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, jika Anda merupakan penderita darah tinggi, Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap hari.

10. Mengkonsumsi Susu Rendah Lemak

Susu sangat kaya akan kalsium yang dapat membantu menormalkan peredaran darah. Namun begitu, susu juga sangat kaya akan lemak yang dapat menyebabkan gangguan peredaran darah.

Nah, maka dari itu, jika Anda ingin mengkonsumsi susu, Anda sebaiknya memilih produk susu tinggi kalsium rendah lemak. Atau, bila Anda mau, Anda juga dapat mengkonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt sebagai salah satu cara menurunkan darah tinggi.

Obat Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain dengan metode di atas, anda juga bisa membuat racikan herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut ini bahan-bahan alami di sekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai obat alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang terbukti ampuh:

1. Bawang Putih

Bahan pertama adalah bawang putih. Siapa sangka bumbu masak yang berguna untuk mengharumkan masakan ini memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Silahkan ikuti panduannya berikut ini:

Bahan : Bawang putih dikupas kulitnya sebanyak 2 biji
Cara pemakaian : Bawang putih dikunyah sampai halus lalu ditelan dan minum air hangat sebanyak 1 cangkir. Lakukan 3 kali sehari.

2. Buah mengkudu

Selain bawang putih, anda juga bisa menggunakan buah mengkudu yang kaya akan manfaat ini. Selama ini buah mengkudu terkenal dapat mengobati diabetes, ternyata tidak hanya untuk mengobati diabetes saja, buah mengkudu ini ternyata juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang kita alami.

Bagaimana caranya? Silahkan ikuti panduan berikut ini:

Bahan : Buah mengkudu telah masak 2 buah
Cara pemakaian : Buah dicuci bersih kemudian diparut lalu peras dan saring airnya untuk diminum lakukan 2-3 kali sehari.
Catatan : Cara mengatasi darah tinggi yang disertai kencing manis sangat cocok memakai resep ini.

3. Bunga dan Daun Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang juga merupakan salah satu bumbu masak ini juga memiliki manfaat luar biasa untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang kita alami. Silahkan ikuti panduannya berikut ini:

Bahan : Bunga jeruk nipis sebanyak 20 kuntum, Bunga jeruk nipis sebanyak 2 kuntum, Daun jeruk nipis sebanyak 30 kuntum
Cara pemakaian: Bahan-bahan tersebut dicuci kemudian dipotong-potong sesuai kebutuhan. Masukkan kedalam panci dan rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 seperempat gelas. Setelah dingin lalu disaring dan dibagi 3 untuk diminum. Bisa ditambahkan sedikit madu dan lakukan setiap hari.

4. Pisang

Buah pisang yang kaya akan manfaat ini sangat mudah tumbuh di negara kita. Buah ini dapat diolah menjadi aneka makanan lezat yang baik untuk dikonsumsi. Ternyata buah ini juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang kita derita. Berikut ini penjelasannya:

Bahan : Pisang sebanyak 3-5 buah
Cara pemakaian: Dimakan sebagai buah segar
Catatan : Jenis pisang yang memiliki khasiat sebagai  makanan penurun darah tinggi adalah musa basyoo sieb dan musa sapientum L. buah ini digunakan untuk mengurangi pengerasan yang terjadi pada pembuluh darah.

5. Daun meniran

Bahan : Daun meniran seperempat genggam
Cara pemakaian: Daun dicuci sampai bersih kemudian digiling sampai halus. Tambah setengah cangkir air matang dan saring, lalu airnya diminum. Hal ini dapat melakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari
Catatan : Cara mengatasi darah tinggi yang disertai pembengkakan kaki dianjurkan dengan resep ini. Namun jika terlalu banyak menggunakan meniran akan menyebabkan lemah syahwat.

6. Mentimun

Selama ini memang mentimun sudah tidak diragukan lagi dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang kita derita. Berikut ini penjelasannya:

Bahan : Buah mentimun 2 buah
Cara pemakaian: Buah sehat ini, dicuci sampai bersih kemudian diparut. Lalu diperas dan disaring airnya diminum, lakukan 2-3 kali sehari.

7. Daun pegagan

Jika di sekitar rumah anda terdapat tanaman pegagan, tidak ada salahnya anda meramunya menjadi obat alami penurun tekanan darah tinggi. Berikut ini panduannya:

Bahan : Daun pegagan sebanyak 20 lembar
Cara pemakaian: Daun telah dicuci sampai bersih, kemudian masukkan kedalam panci dan rebus dengan 3 gelas air. Sampai tersisa 2 seperempat gelas. Setelah dingin dapat disaring dan dibagi menjadi 3 untuk minum. Minum bisa dengan air gula secukupnya dan dapat dilakukan setiap hari.

8. Daun seledri

Bagaimana caranya? Silahkan ikuti panduannya berikut ini:
Bahan : Daun seledri utuh sebanyak 16 batang
Cara pemakaian: Seledri dicuci lalu dipotong-potong kasar, masukkan kedalam panci. Rebus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa air rebusan sebanyak setengahnya. Kemudian air dibagi menjadi 2 dan diminum, seledrinya dimakan.

9. Belimbing Manis

Anda suka mengkonsumsi buah belimbing? Sebaiknya lanjutkan, karena ternyata buah yang kaya akan air ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Bahan : Buah belimbing manis yang telah masak sebanyak 2 buah
Cara pemakaian: Kunyah sehabis makan pada waktu pagi dan sore

 10. Belimbing Wuluh

Selain belimbing manis, belimbing wuluh juga berkhasiat untuk menurunkan hipertensi yang kita derita. Berikut ini panduannya:

Bahan : Belimbing wuluh sebanyak 3 buah
Cara pemakaian: Buah belimbing wuluh dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya kemudian disaring dan dapat diminum setelah sarapan.
Catatan : Penting untuk diketahui bagi penderita darah tinggi yang air kencingnya mengandung kristal oksalat tidak boleh memakai resep belimbing manis dan belimbing wuluh, karena belimbing mengandung asam oksalat. Sementara untuk anda yang menderita asam lambung naik, dilarang memakai resep belimbing wuluh ini karena rasanya sangat asam.

Pola Hidup Sehat Sebagai Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Terbaik

Pada akhir nya, cara terbaik yang bisa dilakukan oleh penderita hipertensi untuk menormalkan tekanan darah tinggi adalah dengan selalu menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat.

Dalam dunia medis, ada sebuah pola makan yang sangat direkomendasikan untuk para penderita tekanan darah tinggi. Pola makan ini disebut dengan pola DASH, yaitu Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Dalam praktik nya, pola DASH dapat diaplikasikan dengan menerapkan empat prinsip dasar, yaitu:

  • Meningkatkan angka konsumsi ikan, kacang – kacangan, unggas, dan biji – bijian utuh.
  • Meningkatkan angka konsumsi sayur, buah, dan susu tinggi kalsium rendah lemak.
  • Mengurangi angka konsumsi natrium, daging merah, dan makanan serta minuman manis.
  • Mengurangi angka konsumsi makanan yang mengandung kolesterol, lemak trans, dan lemak jenuh.

Disamping menerapkan 4 prinsip di atas, seorang penderita hipertensi juga harus menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Hal ini dikarenakan pola hidup sehat sebenarnya merupakan cara menurunkan darah tinggi yang terbaik.

Tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, rutin berolahraga, dan istirahat dengan cukup merupakan rangkaian pola hidup sehat harus selalu dijalankan oleh penderita hipertensi.

Loading...

Nah, itu lah sedikit tulisan mengenai cara menurunkan darah tinggi yang dapat kami sampaikan pada Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: Daftar Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

loading...

Leave a Reply