28 Tips Gaya Hidup Sehat Alami yang Sebaiknya Dijalankan

Gaya hidup sehat adalah salah satu kunci utama yang harus dipegang untuk bisa menikmati hidup. Tanpa uang, Anda mungkin masih bisa hidup dengan nikmat, tanpa pekerjaan sekali pun, Anda mungkin tetap bisa menjalani hidup dengan nikmat, namun tanpa tubuh yang sehat, hidup Anda pasti tidak akan terasa nikmat.

Sudah ada banyak orang yang membuktikan hal tersebut di atas. Dalam hal ini, banyak orang yang rela menomorduakan kesehatan mereka hanya untuk bekerja mencari uang. Sayang nya, ketika mereka berhasil mendapatkan uang yang banyak dan harta kekayaan yang melimpah, kondisi tubuh mereka sudah tidak sehat.

Hasil nya mereka pun merasa menyesal telah menyia – nyiakan kesehatan mereka hanya untuk ditukarkan dengan uang dan harta kekayaan.

Nah, agar Anda tidak mengalami hal di atas, Anda kami sarankan untuk selalu menjalani gaya hidup sehat setiap hari.

Gaya Hidup Sehat

Ilustrasi: Gaya Hidup Sehat

Tips Gaya Hidup Sehat Untuk Awet Muda dan Bebas Penyakit

Berikut merupakan beberapa alternatif gaya hidup sehat yang dapat Anda terapkan agar bisa tetap awet muda dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya:

1. Bangun Pagi

Sebisa mungkin biasakan lah diri Anda untuk bangun di pagi hari, yaitu di antara pukul 5 – 6 pagi. Kenapa? Karena pada kisaran waktu tersebut organ paru – paru yang ada pada tubuh kita akan berada pada titik optimal kinerja nya.

Nah, karena udara di pagi hari cenderung masih segar, harapan nya organ paru – paru kita bisa mendapatkan pasokan oksigen yang cukup sehingga bisa bekerja dengan lebih optimal.

Tidak hanya itu, menurut hasil penelitian, orang yang terbiasa bangun pagi hari juga cenderung memiliki tingkat kesehatan jantung yang lebih baik.

2. Tidak Begadang

Gaya hidup sehat yang satu ini adalah salah satu kunci utama yang harus dilakukan agar bisa bangun pagi.Normal nya, ketika kita tidur tepat waktu (di kisaran pukul 9 – 11 malam), tubuh akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup, yaitu sekitar 6 – 8 jam.

Nah, ketika waktu istirahat tubuh telah terpenuhi, tubuh akan menjadi lebih mudah untuk diajak bangun dan beraktivitas di pagi hari.

Selain itu, menurut hasil penelitian, kebiasaan begadang juga telah terbukti dapat merusak kesehatan tubuh.Hal ini dikarenakan sejak pukul 11 malam sampai dengan pukul 1 dini hari, jantung akan berada dalam fase istirahat. Jika pada kisaran waktu tersebut Anda masih terjaga, maka secara otomatis jantung terpaksa harus bekerja ekstra.

3. Tidur Siang Walau Sejenak

Menurut hasil penelitian, gaya hidup sehat yang satu ini telah terbukti dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas.

Tidak perlu lama, tidur siang selama 15 menit sampai dengan 1 jam saja nanti nya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih nyaman untuk digunakan melahap berbagai macam pekerjaan.

4. Sarapan Pagi

Tahukah Anda, di pagi hari (antara pukul 7 sampai dengan pukul 9 pati) organ lambung kita akan mengalami peningkatan kinerja? Ya, di kisaran waktu tersebut lambung biasa nya akan mengalami peningkatan kinerja sehingga membutuhkan asupan makanan untuk digiling / dicerna.

Nah, maka dari itu, sesibuk apa pun jadwal aktivitas Anda di pagi hari, sebisa mungkin sediakan lah waktu luang selama beberapa menit untuk sarapan pagi.

5. Makan Tiga Kali Sehari

Gaya hidup sehat yang satu ini pada dasar nya bukan lah sebuah ketetapan yang saklek. Namun begitu, makan tiga kali sehari sudah menjadi sebuah pola yang hampir selalu dikerjakan oleh mayoritas orang.

Nah, ternyata, meski pun hal ini bukan lah sebuah ketetapan, namun aturan makan tiga kali sehari ini telah disesuaikan dengan waktu kerja organ lambung kita. Dalam hal ini, biasa nya setelah kurun waktu 5 – 7 jam, lambung akan selesai mencerna semua bahan makanan yang kita konsumsi.

Maka dari itu, agar lambung kosong (yang menyebabkan rasa sakit), kita dianjurkan untuk kembali mengisi perut kita dengan bahan makanan yang baru.

Dalam praktek nya, aturan ini bisa dan boleh diganti, selama kuantitas nya lebih dari 3 kali (boleh 4 kali, 5 kali, atau bahkan 7 kali sehari dengan porsi makanan yang disesuaikan).

6. Rutin Olahraga Setiap Hari

Asupan makanan yang kita konsumsi nanti nya akan diubah menjadi energi. Ketika energi yang dihasilkan oleh tubuh tidak habis terpakai, maka energi tersebut akan diubah menjadi cadangan energi berbentuk lemak.

Nah, jika tumpukan lemak di tubuh terlalu banyak, alih – alih menghasilkan manfaat, tumpukan lemak ini malah dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan.

Untuk itu, kita disarankan untuk rutin berolahraga setiap hari. Tujuan nya agar tumbukan lemak di tubuh kita bisa terbakar habis dan tubuh kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Selain itu, olahraga nanti nya juga akan memberikan banyak keuntungan lain nya, seperti peredaran darah yang lebih lancar, kinerja jantung yang lebih stabil, susunan otot yang lebih baik, sendi dan tulang yang lebih kuat, dan lain sebagai nya.

7. Menghindari Makanan Berlemak

Menghindari makanan berlemak adalah salah satu gaya hidup sehat yang menjadi kunci utama untuk bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan tinggi lemak dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya, seperti serangan jantung, diabetes, stroke, dan lain sebagai nya.

Nah, maka dari itu, sebisa mungkin kurangilah berbagai macam makanan yang kaya akan lemak, seperti kuning telur, jeroan, gorengan, sea food, dll.

8. Banyak Mengkonsumsi Buah

Gaya hidup sehat selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk tetap awet muda dan terhindar dari berbagai macam penyakit adalah banyak mengonsumsi buah.

Buah – buahan sangat kaya akan serat dan vitamin.Berkat kandungan serat dan vitamin yang terdapat di dalam nya, buah – buahan dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, seperti melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan mata, menyehatkan kulit, dll.

9. Banyak Minum Air Putih

Mayoritas dari Anda pasti sudah mengetahui bahwa 85 persen bagian tubuh kita tersusun atas cairan. Sayang nya, meski pun sudah memahami fakta tersebut, masih banyak di antara nya kita yang lupa atau mungkin tidak sadar akan penting nya asupan cairan untuk tubuh.

Padahal, jika tubuh sudah terlanjur mengalami dehidrasi, efek yang akan dirasakan akan menjadi sangat fatal.

Maka dari itu, sebisa mungkin penuhi lah kebutuhan cairan harian tubuh Anda. Dalam hal ini, Anda sebaik nya selalu rutin mengkonsumsi / minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari.

10. Kurangi Konsumsi Garam

Mengurangi konsumsi garam menjadi alternatif gaya hidup sehat berikutnya yang mesti anda jalankan. Mengkonsumsi garam berlebihan ternyata dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, meningkatkan tekanan darah serta stroke.

Tahukah anda, penyakit jantung dan stroke ini merupakan pembuuh nomor 1 di dunia yang harus diwaspadai siapapun.

Biasanya konsumsi garam berlebihan ini 71 persen diakibatkan oleh makanan olahan dan restoran. Maka dari itu, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang kita buat sendiri.

Data menunjukan bahwa, setidaknya hampir 9 dari 10 anak-anak di Amerika Serikat makan lebih banyak sodium daripada yang direkomendasikan, dan sekitar 1 dari 9 anak-anak telah menaikkan tekanan darah, kata CDC.

CDC merekomendasikan agar kita mengkonsumsi sodium kurang dari 2.300 miligram setiap hari. Bahkan untuk mereka yang umurnya sudah memasuki 51 tahun sebaiknya membatasinya konsumsi sodium sampai 1.500 miligram. Namun, kebanyakan orang Amerika Serikat mengkonsumsi 3.400 miligram garam per hari. Inilah mengapa banyak orang Amerika terkena serangan jantung dan stroke.

Yuk install: 13 Aplikasi Kesehatan yang Sebaiknya Ada di Smartphone Anda!

11. Batasi Minuman Soda

Gaya hidup sehat yang tidak kalah pentingnya adalah dengan membatasi konsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda ini bisa meningkatkan risiko stroke dan demensia, demikian menurut jurnal Stroke American Heart Association.

12. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Mengkonsumsi makan terburu-buru akan membuat makanan yang kita makan tidak dicerna secara sempurna sehingga akan mengakibatkan lambung lebih berat kerjanya.

Bahkan, Takayuki Yamaji, seorang ahli jantung di Universitas Hiroshima di Jepang menyatakan bahwa: “Mengunyah lebih lambat mungkin merupakan perubahan gaya hidup yang penting untuk membantu mencegah sindrom metabolik.

Tahukah anda, jika anda mengunyah makanan dengan cepat dapat menyebabkan anda lambat merasa kenyang dan lebih cenderung makan berlebihan. Makan cepat menyebabkan fluktuasi glukosa yang lebih besar, yang dapat menyebabkan resistensi insulin, menurut Takayuki.

13. Pilih Makanan Berwarna Cerah sebagai Antioksidan

Memilih makanan yang berwarna cerah ternyata juga sangat baik. Makanan yang cerah biasanya memiliki kandugan anti oksidan lebih tinggi. Anti oksidan ini berperan untuk menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh kita yang bisa merusak sel-sel tubuh kita.

Maksud makanan cerah ini tentu saja buah dan sayuran bukan makanan berperwarna dengan pewarna buatan. Beberapa makanan dengan warna cerah yang baik untuk dikonsumsi seperti putih (Pisang, jamur), Kuning(Nanas, Mangga), Oranye (Jeruk, Pepaya), Merah(Aple, Stroberi, Tomat, Semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, Selada, Seledri), Ungu/Biru (Buah Berry, Terong, Buah Plum).

14. Batasi Mengkonsumsi Makanan Olahan dan Makanan dalam Kaleng

Pola hidup sehat yang penting untuk kita lakukan selanjutnya adalah dengan membatasi konsumsi makanan kaleng dan makanan olahan. Makanan kaleng dan makanan olahan ini biasanya mengandung bahan pengawet, nilai gizinya tidak sempurna.

Nah, jika makanan ini anda konsumsi terus menerus dalam jangka panjang maka akan mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pada ginjal, jantung dan lain sebagainya.

15. Cobalah untuk Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri juga menjadi kunci gaya hidup sehat yang penting. Usahakan untuk menghindari stress yang dapat berakibat buruk juga bagi kesehatan. Mulailah untuk berfikir positif dan selalu rileks dalam menjalani kehidupan. Berfikir positif terhadap cara pandang tentang hidup dan kehidupan yang lebih luas juga memberikan efek positif terhadap kejiwaan kita.

16. Jalan Kaki Tanpa Alas

Berjalan kaki tanpa alas mungkin menjadi tips gaya hidup sehat yang terdengar sepele. Ternyata dengan berjalan tanpa alas kaki ini terbukti positif dapat memperbaiki postur tubuh Anda lebih baik, mengurangi stres untuk kaki dan sendi Anda. Dengan jalan kaki tanpa alas ini akan memberikan efek pijatan yang menciptakan rasa nyaman ke sekujur badan Anda

17. Lingkungan Harus Positif

Jangan lupa juga untuk selalu berada di sekitar orang-orang yang berfikir positif. Hindarilah mereka yang selalu memberikan beban pikiran atau selalu berfikir negatif. Mulailah untuk selalu menjaga agar kita selalu bahagia dan berpikiran positif.

18. Buang Sifat Negatif

Selain lingkungan, diri kita tentu saja kita harus lebih positif, buang sifat-sifat negatif yang dapat membebani pikiran kita. Usahakan untuk dapat menetralisir segala pikiran kontra produktif atau negatif yang dapat menjadikan Anda tidak bahagia dan stres.

19. Buat Harapan dan Cita-cita

Kita semua harus memiliki harapan dan cita-cita. Karena dengan memiliki harapan dan cita-cita akan membuat kita lebih semangat dalam menjalani hari.

20. Batasi Konsumsi Gula

Selain membatasi konsumsi garam, konsumsi gula juga penting untuk kita batasi. Mengkonsumsi gula berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan, meski demikian tetap diperlukan konsumsi gula dalam kadar yang tepat.

21. Biasakan Bernafas Dalam-Dalam

Menghirup nafas dalam-dalam kemudian membuangnya melalui mulut ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan emosi kita.

Tahukah anda bahwa tarikan nafas yang penuh di mana Anda benar-benar mengisi paru-paru Anda dengan oksigen akan membuat kita menjadi lebih segar dan bergairah.

22. Makan dengan Tenang

Jika anda sedang emosi usahakan untuk jangan makan terlebih dahulu, karena orang yang emosional cenderung akan makan lebih banyak. Usahakan untuk makan dalam keadaan tenang.

23. Makan Sedikit Tapi Lebih Sering 

Sebaiknya anda makan dalam porsi yang lebih sedikit namun dalam tempo yang lebih sering. Kebiasaan ini akan membatu proses pencernaan makanan dalam tubuh kita menjadi lebih sempurna.

24. Stop Makan Saat Merasa Kenyang

Ambillah makanan dalam porsi yang cukup, usahakan untuk makan jangan sampai terlalu kenyang. Stop makan begitu anda sudah merasa kenyang.

25. Pertimbangkan Konsumsi Karbohidrat 

Mengganti nasi yang kita konsumsi dengan beras merah bisa menjadi pilihan yang tepat. Atau anda juga bisa mengganti roti putih dengan roti gandum utuh.

26. Miliki Tujuan Hidup

Selain baik untuk masa depan, memiliki tujuan hidup juga akan membuat hidup kita lebih berkesan dan memiliki makna. Pastikan anda memiliki tujuan hidup, baik itu jangka pendek, menengah sampai jangka panjang setelah hidup di dunia ini.

27. Batasi Konsumsi Makanan Berminyak

Sebisa mungkin usahakan untuk membatasi konsumsi makanan berminyak.

28. Go Green

Tips gaya hidup sehat yang terakhir dari kami adalah usahakan untuk memulai hidup organik, go green! Mulailah mengkonsumsi makanan yang bebas pestisida, bebas pengawet, pewarna, perisa dan zat kimia berbahaya lainnya.

Nah, bagaimana? Gaya hidup sehat itu mudah untuk diterapkan bukan? Jadi kapan nih Anda akan menerapkan semua alternatif gaya hidup sehat di atas?

Simak juga: Panduan Tips Hidup Sehat yang Sebaiknya Kita Jalankan!

Leave a Reply