13 Titik Bekam Sunnah Rasul yang Wajib Anda Ketahui

Titik Bekam – Pengobatan bekam merupakan pengobatan alternatif yang menjadi salah satu sunah Rasul selain rukiyah. Pengobatan ini akan menggunakan metode menghisab darah kotor melalui kulit yang diberi sayatan halus. Darah yang keluar berupa darah kental yang berwarna merah pekat hampir menghitam.

Pada darah yang mengalir ke seluruh tubuh banyak sekali mengandung racun akibat pola hidup di jaman modern saat yang sangat buruk, seperti makanan berpengawet, makanan berperwarna, pemanis tambahan, penyedap tambahan, makanan siap saji serta masih banyak lagi makanan yang menyebabkan toksin mengendap di tubuh.

Alat yang digunakan sebagai metode bekam adalah semacam cangkir atau cup yang digunakan untuk menghisap darah yang ada di bawah lapisan kulit jangat. Bekam di bagi menjadi 4  jenis yaitu bekam kering, bekam basah, bekam meluncur, dan bekam tarik.

Loading...

Simak juga: Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia 0-65 Tahun

Untuk pengobatan biasanya akan dimulai dengan bekam kering tanpa proses penghisapan setelah itu baru dilanjutkan dengan bekam basah yang akan menyedot darah yang berisi racun. Pengobatan bekam ini membutuhkan beberapa kali pembekaman agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Serta akan masuk ke bekam lainnya tergantung seberapa parah penyakit seorang pasien.

Terapi bekam tidak dianjurkan bagi penderita diabetes yang kadar gula darahnya mencapai 500 atau lebih, serta anak-anak dan lanjut usia juga tidak dianjurkan melakukan terapi ini.

Terapi bekam bisa dilakukan untuk mengeluarkan racun tersebut serta mengobati berbagai penyakit ringan sampai penyakit kronis. Tapi bukan sembarang orang bisa melakukan bekam, hanya mereka yang tahu dimana titik bekam yang diperbolehkan melakukan pembekaman.

Titik bekam sunnah nabi

Titik bekam sunnah nabi

Manusia memiliki sekitar 350 titik namun hanya sekitar 12 titik utama saja yang sering digunakan untuk melakukan pengobatan. Titik bekam yang biasa digunakan merupakan titik dimana penyakit berkumpul dan memiliki banyak darah kotor.

Artikel terkait: 37 Manfaat Donor Darah yang Wajib Anda Ketahui, No 7 Luar Biasa

Beberapa titik bekam dan mafaatnya

Terapi bekam tidak bisa dilakukan sembarangan hanya para ahli yang mengetahui dimana titik bekam yang hampir sama dengan titik akupuntur  dan fungsinyalah yang diperbolehkan melakukan pembekaman. Berikut tempat dimana titik bekam berada beserta masing-masing fungsinya :

1. Titik ummu mughits

Titik bekam ini merupakan titik utama yang sering digunakan rosul untuk mengobati berbagai penyakit. Titik bekam ini berada di atas kepala tepatnya berada di ubun-ubun. Titik ummu mughits ini ditutupi rambut kepala, oleh sebab itu saat melakukan terapi bekam biasanya rambut anda akan dicukur untuk mempermudah pembekaman.

Titik ini memiliki khasiat yang luar biasa seperti dapat menyembuhkan hipertensi, stroke, vertigo dan migrain yang memang semua penyakit tersebut berhubungan langsung dengan kepala serta penyakit non medis seperti sihir. Untuk pengobatan stroke bukan hanya titik ini yang akan dibekam tapi titik yang ada di tangan dan di kaki juga akan dibekam.

2. Titik qumah duwah

Titik bekam tersebut berada disekitar tonjolan tulang belakang tepatnya di kepala bagian bawah. Titik ini mampu mengobati berbagai penyakit ringan dan berat seperti:

  • Pandangan kabur karena syraf mata juga ada di bekam pada titik tersebut
  • Sakit kepala karena masih sangat erat hubunganya dengan kepala jadi titik ini juga mampu mengatasi sakit kepala
  • Vertigo atau yang sering disebut kebingungan otak ini akan diobati dengan melakukan terapi bekam ini
  • Sakit bahu
  • Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan

3. Titik al-akhdain

Titik bekam yang satu ini sedikit sulit ditemukan karena letaknya tersembunyi disekitar internal jugular vein di bawah garis batas rambut kepala belakang tepatnya diantara urat samping kiri dan kanan leher.

Titik ini juga sangat penting karena merupakan titik pusat usus besar dan usus kecil dimana pusat dari perjalanan dan kegiatan kedua usus tersebut. Melakukan bekam di titik ini akan mengobati penyakit disebabkan kelebihan darah atau kerusakan pada jaringan darah disekitar kepala.

Selain itu titik bekam al-akhdain ini dapat mencegah sakit kepala, wajah, telinga, hidung dan kerongkongan.

4. Titik al-khaahil

Nabi SAW pernah melakukan bekam di titik ini yang terletak di bagian punuk atau di ujung atas tulang belakang yang terdapat diantara dua pundak. Titik bekam ini akan mengobati berbagai penyakit yang ada disekitar kepala serta gangguan syaraf seperti stres dan depresi.

5. Titik al-hammah

Titik bekam ini berada diantara pertemuan antara rambut bagian atas dengan rambut bagian belakang yang berada di kepala bagian atas. Pembekaman yang dilakukan pada titik al-hammah akan mengobati masalah ingatan yang anda alami akibat kerusakan syaraf. Selain itu titik bekam ini juga mampu mengobati gangguan penglihatan dan stroke atau kekauan.

6. Titik punggung

Titik ini merupakan titik yang paling sering dibekam. Tepatnya berada di punggung kiri dan punggung kanan. Kedua bagian punggung ini memiliki titik yang sama. Berbagai penyakit seperto gangguan saluran pernapasan bisa diobati dengan melakukan bekam di titik tersebut seperti gangguan asma, paru-paru dan bronkitis.

7. Titik pinggang atau ala warik

Nabi muhammad SAW pernah dibekam bagian pinggangnya. Letak titik bekam ini berada di 2 jari lateral dari tulang belakang atau berada di belakang pusar. Titik bekam yang terletak pada pinggang bermanfaat mengobati gangguan pada ginjal serta susah buang air kecil.

8. Titik pinggul

Selain pinggang yang memiliki titik bekam, bagian pinggul juga memiliki titik bekam yang bermanfaat menghilangkan rasa nyeri akibat jatuh. Meski tidak bisa mengobati penyakit akibat racun namun keberadaannya juga sangat penting untuk mengobati penyakit yang berasal dari luar atau benturan.

9. Titik pangkal paha

Titik ini terletak di pangkal paha dengan khasiat untuk menyembuhkan kaki yang lemas atau memar akibat terjatuh atau dipukul. Titik ini juga akan menghilangka rasa nyeri ketika terbentur benda keras di bagian pangkal paha.

10. Titik betis atau lipatan lutut

Titik bekam ini terletak di lipatan lutut. Saat anda melakukan pembekaman di area ini akan membantu mengobati gangguan kandung kemih, asam urat dan pegal linu.

11. Titik punggung atas telapak kaki

Saat anda mengalami gangguan saat datang bulan atau haid anda dapat membekam pada titik ini, selain itu pembekaman pada titik ini akan menyembuhkan gangguan pada zakar, serta mengobati luka pada paha dan betis.

12. Titik an naais/ al kalifayn

Titik ini terletak pada bagian bahu yang pernah digunakan oleh nabi SAW ketika terkena racun saat menaklukkan khaibar. Titik dapat menyehatkan jantung yang terdapat banyak racun akibat keracunan atau racun makanan dan polusi yang menumpuk di jantung.

13. Titik belikat kiri dan kanan

Titik bekam pada area ini akan membantu mengobati berbagai penyakit berat dan penyakit ringan dari mulai gangguan jantung, paru-paru, saluran pernapasan, masuk angin dan menjadi salah satu dari sekian banyak titik yang mampu mengobati stroke.

Simak juga: 41 Manfaat Bersepeda yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa titik yang dilarang dibekam 

Selain beberapa titik dasar yang biasa digunakan nabi muhammad SAW untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari penyakit ringan sampai penyakit kronis tersebut ada juga beberapa titik yang dilarang seperti berikut ini:

1. Titik yang memiliki banyak simpul limpa

Beberapa titik tersebut sangat dilarang dilakukan bekam karena disana terdapat titik yang dapat menghasilkan antibodi seperti di area pipi, tonsil, bawah rahang, dada, ulu hati, selangkangan dan ketiak.

2. Lubang alamiah tubuh

Manusia memiliki beberapa lubang yang memang sudah diciptakan dari lahir dengan fungsinya masing-masing seperti mulut, telinga, hidung, dubur, kemaluan dan puting susu.

3. Lipatan tubuh

Lipatan pada tubuh memiliki sifat elastis ini juga dilarang dibekam seperti ketiak, selangkangan dan siku bagian dalam.

4. Serta bagian tubuh lain

Beberapa bagian tubuh berikut ini dilarang dibekam seperti titik varises, jaringan luka, kanker, tulang punggung, tempurung lutut, pusat kelenjar limfa atau getah bening, wanita hamil serta bagian tubuh yang memiliki syaraf-syaraf halus seperti tangan bagian dalam.

Semua titik bekam tersebut memiliki manfaatnya tersendiri serta memiliki bahayanya tersendiri. Sebaiknya minta bantu para ahli bekam saat anda berniat melakukan bekam. Meski anda tidak memiliki penyakit tertentu  tapi terapi bekam juga bisa dilakukan untuk mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh yang akan menjadi bibit penyakit serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Loading...

Simak juga: 75 Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh yang Sangat Luar Biasa

loading...

Leave a Reply