Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Penting dan Sumbernya

Vitamin Ibu Hamil – Bagi sebagian besar pasangan rumah tangga, masa kehamilan merupakan masa yang sangat ditunggu – tunggu. Pasalnya, tidak lama lagi mereka akan kedatangan anggota keluarga baru untuk melengkapi kebahagiaan dalam keluarga mereka.

Karena masa kehamilan merupakan masa yang sangat ditunggu – tunggu, mayoritas ibu hamil biasanya akan berusaha untuk menjaga janin yang ada dalam kandungannya dengan sebaik – baiknya.

Salah satu metode yang sering dilakukan untuk menjaga janin dalam kandungan adalah dengan mengkonsumsi vitamin ibu hamil. Dari mulai vitamin A, vitamin C, sampai dengan vitamin B Kompleks, semuanya akan dikonsumsi agar proses tumbuh kembang janin dalam kandungan mereka bisa berjalan dengan lebih optimal.

Dalam prakteknya nanti, selain dapat membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin dalam kandungan, vitamin untuk ibu hamil juga dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil sehingga tidak mudah sakit.

Simak juga: Perkembangan Janin dalam Kandungan

Lantas, jenis vitamin apa saja sih yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil? Apakah hanya vitamin C saja? Hanya vitamin B kompleks saja? Gabungan antara keduanya? Atau malah ada jenis vitamin lain yang juga tidak kalah penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil?

Vitamin Ibu Hamil via Tampilcantik

Vitamin Ibu Hamil via Tampilcantik

Vitamin Ibu Hamil yang Paling Penting untuk Dikonsumsi

Penting untuk diingat, tujuan mengkonsumsi vitamin saat hamil adalah untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin serta menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Maka dari itu, vitamin yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil harus memenuhi dua tujuan tersebut.

Jika dijabarkan, secara keseluruhan ada lebih dari tiga jenis vitamin penting yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil agar dua tujuan tersebut di atas bisa tercapai. Jenis vitamin tersebut adalah sebagai berikut:

1. Vitamin C

Jenis vitamin ibu hamil pertama yang sangat penting untuk dikonsumsi adalah vitamin C.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi bahan makanan kaya vitamin C cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Menurut hasil penelitian, vitamin C juga dapat membantu mengoptimalkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan kadar vitamin C yang memadai, ibu hamil akan bisa terhindar dari permasalahan anemia alias kurang darah yang notabene sangat rentan terjadi di masa kehamilan.

Dalam sehari, ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C sekitar 85 mg. Asupan vitamin C ini bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan, terutama yang berbentuk sayur dan buah, seperti: jeruk, pepaya, brokoli, paprika, kentang, mangga, dan tomat.

Atau jika ingin yang lebih praktis ibu hamil juga bisa mengonsumsi berbagai jenis produk vitamin C kaplet yang bisa didapatkan dengan mudah di apotek dan toko obat.

Baca juga bund: Daftar Makanan Buat Ibu Hamil Biar Pintar Seperti Einsten

2. Vitamin D

Vitamin ibu hamil selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dikonsumsi adalah vitamin D.

Saat hamil, kaum wanita cenderung membutuhkan lebih banyak vitamin D dari biasanya. Peningkatan kebutuhan vitamin D ini terjadi karena beberapa alasan, seperti: untuk proses pembentukan tulang dan rangka janin, untuk mempertahankan kesehatan tulang dan sendi ibu hamil (yang harus bekerja lebih keras saat hamil), dll.

Dengan jumlah asupan vitamin D yang memadai, proses penyerapan zat mineral berupa kalsium dan fosfat dalam tubuh ibu hamil nantinya akan bisa berjalan dengan lebih maksimal.

Hasilnya, proses pembentukan tulang dan rangka janin akan bisa berjalan dengan lebih optimal. Selain itu, ibu hamil juga akan terhindar dari berbagai macam permasalahan kesehatan yang terkait dengan tulang dan sendi, seperti: osteoporosis, nyeri punggung, nyeri tulang belakang, nyeri panggul, dll.

Kebutuhan vitamin D harian ibu hamil berada di kisaran 15 mcg. Untuk memenuhi angka kebutuhan vitamin D tersebut, ibu hamil disarankan untuk rutin jalan – jalan di pagi hari (sekitar pukul 7 – 9 pagi) serta mengonsumsi beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin D seperti: salmon, tuna, sarden, telur, susu, sereal, vitamin D siap konsumsi dan daging merah.

3. Vitamin B Kompleks

Selain vitamin C dan D, vitamin B Kompleks juga tergolong sebagai vitamin ibu hamil yang sangat penting.

Setiap unsur vitamin yang terdapat pada vitamin B kompleks diyakini memiliki fungsi yang sangat vital untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan, yaitu:

  • Vitamin B1 berguna untuk menambah pasokan energi dan mengoptimalkan kinerja sistem saraf.
  • Vitamin B2 berguna untuk mengoptimalkan organ penglihatan, menjaga kesehatan kulit, dan mempertahankan energi dalam tubuh.
  • Vitamin B3 berguna untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan, organ kulit dan sistem saraf.
  • Vitamin B6 berguna untuk mengoptimalkan proses pembentukan sel darah merah dan mencegah terjadinya permasalahan morningsickness.
  • Vitamin B12 berguna untuk mencegah terjadinya bayi terlahir cacat dan mengopotimalkan proses sitesis DNA
  • Asam folat berguna untuk mengoptimalkan fungsi plasenta serta mencegah bayi terlahir cacat.

Dalam prakteknya nanti untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks harian, ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan vitamin B Kompleks, seperti: sayur dan buah, ikan, daging, seafood, telur, gandung, dll.

Simak juga: Daftar Pantangan Ibu Hamil yang Harus Dihindari!

4. Vitamin E

Vitamin ibu hamil yang satu ini sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan jaringan otot pada janin. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu mencegah terjadinya permasalahan kurang darah alias anemia pada ibu hamil.

Menurut data AKG tahun 2013, dalam sehari ibu hamil membutuhkan sekitar 15 mg vitamin E per hari. Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin E tersebut, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan vitamin E seperti kacang – kacangan, sayur bayam, minyak sayur, dan sereal yang telah dilengkapi dengan vitamin E.

5. Vitamin A

Selain empat jenis vitamin di atas, masih ada satu lagi jenis vitamin ibu hamil yang tidak kalah penting untuk dikonsumsi, yaitu vitamin A.

Vitamin A berguna untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan organ penglihatan janin. Tidak hanya itu, karena memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi, vitamin A juga dapat melindungi ibu hamil dari serangan bibit penyakit dan zat radikal bebas.

Dalam sehari, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 800 sampai dengan 850 mcg vitamin A dengan angka maksimal yang dapat ditolerir sebesar 1000 mcg.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A tersebut, ibu hamil dapat mengonsumsi beberapa sayur dan buah yang kaya akan vitamin A, seperti: paprika, mangga, bayam, wortel, kale, dan brokoli.

*****

Itulah beberapa jenis vitamin ibu hamil yang sangat penting untuk dikonsumsi agar proses tumbuh kembang janin bisa berjalan dengan optimal dan ibu hamil tidak mudah terserang penyakit.

Penting untuk diingat, selain membutuhkan asupan nutrisi berbentuk vitamin, ibu hamil juga turut membutuhkan asupan nutrisi dalam bentuk lainnya seperti zat besi, serat, air, dll.

Oleh sebab itu, selain mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan vitamin, ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan seluruh zat nutrisi bermanfaat di atas.

Akhir kata, semoga bermanfaat ya!

Artikel terkait: Panduan Kehamilan pada Trimester Pertama

Leave a Reply